Kisah Nabi Sulaiman A.S. Dan Semut Cerdas


Nabi Sulaiman dikenal sanggup bicara pada binatang. Suatu hari, ia sedang berjalan-jalan dan bertemu seekor semut kecil. Semut itu membawa sebutir buah kurma. Nabi Sulaiman kemudian bertanya pada semut itu" Hai semut kecil, untuk apa kalian membawa sebutir buah kurma itu?".

Semut itu menjawab,"Kurma ini ialah derma Allah SWT untuk persediaan makan saya selama setahun."

"Kemarilah, hai semut !" kata Nabi Sulaiman.

Semut itupun mendekat kepada Sulaiman. Setelah dekat, Nabi Sulaiman kemudian berkata, "Hai semut saya akan membelah buah kurma ini menjadi dua potong. Separuhnya akan saya bawa, separuh lagi untuk persediaanmu setahun. Aku akan lihat apakah kalian akan bertahan hidup dengan separuh buah kurma ini."

 Nabi Sulaiman dikenal sanggup bicara pada hewan Kisah Nabi Sulaiman a.s. dan Semut cerdasNabi Sulaiman kemudian mengambil sebuah botol ia kemudian berkata,"Sekarang, masuklah kalian kedalam botol ini dengan membawa separuh buah kurma yang saya berikan."

Semut itu kemudian menuruti perintah Nabi Sulaiman. Dia masuk ke dalam botol. Nabi Sulaiman kemudian meniggalkannya. Setelah waktu berjalan setahun Nabi Sulaiman ingin tau dengan keadaan semut kecil. apakah ia akan bertahan hidup hanya dengan separuh buah kurma? Nabi Sulaiman kemudian pergi ke daerah semut kecil. Dan betapa takjubnya ketika ia melihat semut itu masih hidup dan dalam keadaan segar. Sementara itu, sepotong buah kurma masih tersisa. Dia kemudian bertanya pada semut kecil, "bagaimana kalian sanggup bertahan hidup hanya dengan separuh buah kurma? Padahal, memerlukan satu butir buah kurma untuk setahun ?"

Semut itu kemudian menjawab, "Saya banyak berpuasa dan hanya mengisap sedikit airnya. Biasanya Allah SWT menunjukkan sebutir buah kurma untuk makanan saya selama setahun. kemudian anda mengambilnya sebagian. Maka saya takut tahun depan Allah SWT tidak menunjukkan kurma lagi pada saya. lantaran saya tahu jikalau anda bukanlah sang Pemberi Rezeki".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel