Fungsi Dogma Kepada Rasul Allah Swt. Dan Aplikasi Dalam Kehidupan

Syariat agama yang dibawa para rasul ialah sebagai pelita bagi hidup insan juga memberi petunjuk dan aliran yang suci, sehingga insan tidak akan tersesat di tengah jalan. Untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di alam abadi tidak hanya dengan logika saja, tetapi harus mendapat penjelasan, tuntunan, dan aliran agama yang dibawa oleh para rasul.

Mengapa kehadiran para rasul sangat diperlukan, ada beberapa alasannya, diantaranya:
  1. membimbing umat insan untuk mengetahui cara-cara beribadah kepada Allah.
  2. membimbing insan untuk bisa membedakan yang benar dan yang salah serta yang haram dan halal.
  3. menjadikan dirinya sebagai suri pola sebagai langsung maupun pemimpin umat.

Secara bahasa, kepercayaan artinya percaya. Sedangkan berdasarkan istilah, kepercayaan ialah mempercayai dengan hati, mengucapkannya dengan lisan, dan mengamalkan dengan amal perbuatan. Fungsi kepercayaan kepada Rasul Allah Swt harus bisa diwujudkan dalam kehidupan manusia, diantaranya:
  1. mencintai para rasul dengan cara mengikuti dan mengamalkan ajarannya. Firman Allah Swt. yang artinya: ”katakanlah kalau kamu(benar-benar) menyayangi Allah, ikutilah aku, pasti allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu, dan allah maha mengampun li maha penyayang.”(QS.ali imran:31)
  2. mengetahui hakikat dirinya bahwa ia ialah ciptaan Allah Swt, firman Allah yang artinya ”dan saya tidak ciptakan jin dan manusia. Kecuali untuk beribadah kepada –ku”(QS. Adz Dzariyaat:56).
  3. manifestasikan dari beriman kepada Allah.
  4. mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. terhindar dari keyakinan yang  menyesatkan.
  6. menjadikan rasul sebagai suri pola bagi kehidupan manusia, baik sebagai langsung maupun pemimpin umat. Firman Allah swt. yang artinya: sesungguhnya telah ada pada(diri) Rasulullah itu suri pola  yang bagimu(yaitu) bagi orang yang menghadap(rahmat) Allah dan(kedatangan) hari final zaman dan banyak yang menyebut Allah.(QS.Al-ahzab:21)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel