Otak Atik Gadget - 7 Cara Mengatasi “Sayangnya Musik Telah Berhenti”

– Solusi jitu Cara Mengatasi “Sayangnya Musik Telah Berhenti” di Android yang disebabkan oleh error dapat mengikuti tutorial ini. Untuk memperbaiki munculnya kesalahan “Unfortunately, Music Has Stopped” memang cukup sulit dilakukan oleh para pengguna gres smartphone Android. Mungkin Anda pun salah satu dari mereka, tapi sesungguhnya ketika musik tidak dapat diputar di android lantaran kesalahan tersebut cukup gampang diatasi.

Sebagai pengguna, tentunya kita mempunyai banyak file media menyerupai musik dengan format mp3. Jenis file ini dapat berjalan ketika kita memakai aplikasi pemutar musik menyerupai google play music, Musicxmatch dan yang lainnya. Tetapi pada ketika kita sedang mendengarkan lagu tiba-tiba file musik tidak terdeteksi di android dan memunculkan kesalahan menyerupai “Sayangnya Musik Telah Berhenti”, “Music not responding”, “Musik terhenti” yang pada jadinya aplikasi musik tidak dapat dibuka lantaran selalu menutup sendiri.
 yang disebabkan oleh error dapat mengikuti tutorial ini Otak Atik Gadget -  7 Cara Mengatasi “Sayangnya Musik Telah Berhenti”

Penyebab Sayangnya Musik Telah Berhenti

Kenapa pemutar musik tidak dapat dibuka di Android? Aplikasi music player intinya akan bekerja dengan melaksanakan scanning terhadap file dengan format MP3 yang tersimpan di smartphone. Entah itu didalam memori internal atau microSD, semua file tersebut akan nampak pada aplikasi ini. Penyebab munculnya error ini salah satunya dapat dikarenakan file musik tidak terdeteksi di Android. Dalam artian, aplikasi musik kesulitan untuk memuat dan memutarnya. Tetapi dapat juga lantaran penggunaan RAM yang penuh, temporary file dan hal lainnya.

Cara Mengatasi “Sayangnya, Musik Telah Berhenti” di Android

Ketika aplikasi Play music selalu terhenti dan menutup sendiri, dapat terjdi pada brand smartphone apapun termasuk Sony Xperia, Samsung Galaxy, Asus, Xaomi, Oppo, Smartfren Andromax, Lenovo, Advan, Vivo, LG, Nexus dan yang lainnya. Untuk mengatasinya ikuti beberapa langkah dibawah ini.
 yang disebabkan oleh error dapat mengikuti tutorial ini Otak Atik Gadget -  7 Cara Mengatasi “Sayangnya Musik Telah Berhenti”

1. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Musik.
Solusi pertama untuk mengatasi google play musik tidak dapat dibuka lantaran kesalahan tersebut dalah dengan memaksanya berhenti dan menghapus data yang selama ini tersimpan. Tujuannya untuk mereset aplikasi musik Android biar kembali melaksanakan scan terhadap file mp3 yang ada di smartphopne. Caranya, tap Settings » Applications manager » All kemudian cari aplikasi Musik yang biasa Anda gunakan. Terakhir, tap tombol Force Stop dan Clear Data.
2. Bersihkan Cache dan History Smartphone.
Tujuan untuk membersihkan file sampah yang ada didalam smartphone ialah untuk menghapus sisa file yang tertinggal dari aplikasi yang telah kita gunakan. Aplikasi Clean Mater ialah salah satu yang terbaik untuk membersihkan cache di Android.
3. Matikan Android Kemudian Muat Ulang.
Matikan smartphone Anda kemudian lepaskan komponen dari perangkat tersebut menyerupai baterai, kartu sim dan micro sd selama beberapa detik. Selanjutnya, pasangkan dan hidupkan kembali. Tujuan dari melaksanakan ini ialah untuk memulai kembali proses sistem Android ketika reboot.
4. Update Aplikasi Musik.
Jika Anda tidak pernah memperbarui aplikasi Google play music, buka aplikasi play store kemudian cari Music dan tap tombol update. Saat kita memperbarui aplikasi, hal ini tak hanya akan menambah fitur terbaru saja, namun juga akan memperbaiki bugs yang mengakibatkan munculnya error “Sayangnya Musik Telah Berhenti”.
Baca juga:
5. Pindahkan File MP3 ke MicroSD.
Jika penyimpanan internal Anda sudah penuh, jangan memaksa file mp3 tersimpan didalamnya. Pindahkan file tersebut ke kartu memori eksternal untuk mempercepat proses scan ketika musik akan diputar. Sehingga nantinya, aplikasi musik tidak akan menutup sendiri lagi.
6. Update OS Android.
Sebagai pengguna, pastikan kita selalu memakai OS Android versi terbaru bila sudah tersedia untuk smartphone Anda. Selain akan meningkatkan keamanan, hal ini juga akan memperbaiki kesahan-kesalah yang sering terjadi menyerupai “Unfortunately, Music Has Stopped”.
7. Factory Reset.
Jika aplikasi Google play musik tetap selalu menampilkan error tersebut dan tidak dapat digunakan, cobalah untuk melaksanakan factory reset terhadap smartphone Anda. Tetapi sebelum melaksanakan langkah ini, pastikan Anda sudah melaksanakan back up terlebih dahulu biar nanti tidak kesulitan untuk melaksanakan restore akun Google. Caranya tap Settings » Backup and reset » Factory data reset.

Kesimpulannya, ketika muncul kesalah dan error yang mengakibatkan aplikasi musik selalu menutup sendiri dan lagu yang tidak terdeteksi, Anda dapat melaksanakan Cara Mengatasi “Sayangnya Musik Telah Berhenti” menyerupai yang telah dijelaskan diatas. Jika Anda masih mempunyai hambatan lain, silahkan berkomentar.
Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel