Inilah Relasi Sejarah Islam Dan Ilmu Pengetahuan Modern

Islam dan Ilmu Pengetahuan adalah sebuah konsep yang semenjak awal sejarah peradaban Islam telah disadari oleh umat Islam sendiri. Ajaran Islam menekankan begitu pentingnya ilmu. Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Dalam Al-Quran sendiri begitu banyak ayat yang menginspirasi pembacanya untuk merenungkan dan memikirkan banyak sekali macam insiden Alam.

adalah sebuah konsep yang semenjak awal sejarah peradaban Islam telah disadari oleh umat Isla Inilah Hubungan Sejarah Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern


Sejarah Islam dan Pentingnya Ilmu

Coba kita kembali menengok sejarah peradaban dunia dan Ilmu pengetahuan. Kita akan mendapati bagaimana peradaban Islam mempunyai sumbangsih yang begitu besar terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan. Ketika Rasulullah saw diutus sebagai Rasul, kondisi dunia ketika itu berada dalam stagnasi ilmu pengetahuan, terutama di dunia tengah (Arab, afrika, eropa dan asia selatan).

Eropa yang pada periode 16 Masehi mengalami periode pencerahan, sedang mengalami periode kegelapan pada masa itu (abad ke 6). Dalam beberapa buku sejarah dikatakan bahwa sebelum terjadinya perang salib, Eropa benar-benar gelap dari Ilmu Pengetahuan. Hanya para penghuni Gereja saja yang sanggup membaca. Masyarakat umum buta karakter dan hidup dalam stagnasi perabadan selama berabad-abad sebagai petani. Ironis lagi, masyarakat menyerupai masyarakat umumnya pada periode itu, mengalami penindasan oleh kaum bangsawan.

adalah sebuah konsep yang semenjak awal sejarah peradaban Islam telah disadari oleh umat Isla Inilah Hubungan Sejarah Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern
Karya Ibnu Sina
Sementara Rasul saw ketika itu begitu menekankan pentingnya Ilmu dan menjadi kewajiban setiap muslim untuk menuntut Ilmu. Bahkan fondasi awal pedoman Islam itu sendiri yaitu Ilmu, sebagaimana wahyu pertama yang diturunkan yaitu perihal perintah untuk membaca.

Bukankah Ilmu pengetahuan dibuat oleh kekuatan membaca; membaca alam, membaca kondisi sosial, membaca goresan pena dan lainnya. Coba kita baca ayat demi ayat AlQuran, kita akan membaca ratusan ayat yang menekankan pentingnya memakai Akal. Allah swt dengan firmannya yang tertulis dalam AlQuran memerintahkan insan untuk membaca dan mengajarkan insan untuk selalu berpikir. Sering kali dalam firman-Nya Allah menyindir insan dengan ungkapan 'Apakah kau tidak berpikir?', Apakah kau tidak melihat, Apakah kau tidak mendengar?.

Melalui AlQuran Allah swt mengajari insan untuk membaca, melihat, mendengar dan berpikir terhadap banyak sekali macam insiden di dunia ini baik itu menyangkut alam maupun menyangkut manusia. Maka tak ayal kalau dua periode sehabis Hijrah, bermunculan banyak sekali macam bidang ilmu pengetahuan. Islam dan ilmu pengetahuan menjadi satu kesatuan dalam peradaban Islam. Tercata dalam sejarah Islam, begitu banyak tokoh Ilmuwan yang menjadi peletak dasar bidang-bidang ilmu pengetahuan ketika ini menyerupai AlKhawarizmi, Ibnu Sina, Ibnu Batutah, Ibnu Rusyd dan tokoh lainnya.

Berkembangnya Ilmu Pengetahuan di Dunia Islam

Dengan takluknya peradaban persia, konstantinopel, dan India ke dalam kekuasan muslim. Ilmu pengetahuan yang telah ada di peradaban-peradaban tersebut, dikritisi dan dikembangkan oleh para ilmuwan muslim sehingga munculah konsep-konsep gres dalam Ilmu Pengetahuan. Salah satu konsep gres yang mempunyai imbas besar bagi Ilmu pengetahuan ketika ini yaitu apa yang dicetuskan oleh Alkhawarizmi yaitu angka arab dan Algoritma.

Orang yang hidup di periode itu mungkin akan menyampaikan bahwa, Islam Arab yaitu dunia yang paling maju ketika itu. Lembaga dan kajian ilmiah sangat semarak di jantung peradaban Islam menyerupai baghdad  dan Cordoba. Ratusan ribu buku goresan pena tangan tersimpan di perpustakaan-perpustakaan.

Ibnu Sina, Ibnu Rusyd, Ibn Haytham, yaitu diantara ilmuwan muslim yang hidup pada masa itu, namun karya dan namanya tetap bergaung di dunia Barat hingga ketika ini.

adalah sebuah konsep yang semenjak awal sejarah peradaban Islam telah disadari oleh umat Isla Inilah Hubungan Sejarah Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern


Tenggelamnya Ilmu Pengetahuan di Dunia Islam

Namun begitulah sunnatullah, sebuah peradaban muncul dan karam dan berganti ke peradaban lainnya. Saat peradaban berada dipuncak keemasan dan bergelimang harta, mulailah keruntuhannya, perpecahan di kalangan penguasa berakibat jelek pada tatanan sebuah peradaban, apalagi motivasinya yaitu bersifat keduniaan. Ditambah lagi datangnya mongol menghancurkan peradaban dan membantai manusia. Ribuan literatur ilmu pengetahuan habis di Baghdad yang kala itu merupakan sentra Ilmu pengetahuan.

Namun serangan mongol ini tidak hingga di Andalusia. Sementara Andalusia dibawah kekaisaran Bani Umayyah II, kota kordoba juga menjadi sentra Ilmu Pengetahuan. Sehingga perkembangan Ilmu Pengetahuan di dunia tidak kembali stagnan. Masih ada kota yang menjadi sentra perkembangan Ilmu Pengetahuan yaitu di Kordoba, andalusia (sekarang spanyol). Dari sinilah nantinya Ilmu pengetahuan bergeser ke dunia Eropa menyerupai Perancis, Inggris dan Jerman. Ilmu Pengetahuan telah mengantarkan kejayaan peradaban muslim pada periode 8-10 Masehi dan 5 periode kemudian, berganti dunia Eropa yang tercerahkan dengan Ilmu Pengetahuan. Lalu dari Eropa Ilmu pengetahuan Modern semakin berkembang dan meluas ke seluruh dunia.

Ilmu pengetahuan dalam Islam menjadi alat yang penting dalam mencapai kejayaan. Contoh mudahnya, ketika Rasulullah mendapatkan proposal salman Alfarisi untuk menciptakan parit ketika Pasukan Quraisy hendak menyerang Madinah. Dengan ilmu yang dimiliki salman, dengan menciptakan parit serangan dari Quraysh sanggup dipatahkan.

Islam dan Ilmu pengetahuan, dua hal yang harus disatukan biar dunia berjalan sesuai dengan yang dikehendaki oleh sang pencipta. 

Posting Lainnya Yang berafiliasi dengan Islam dan Ilmu Pengetahuan

Ayat Ayat Al-Quran Tentang IPTEK
Ilmu pengetahuan dan Teknologi yaitu salah satu sarana insan untuk menuju kehidupan di dunia lebih baik. Oleh alasannya yaitu itu, dalam Al-qur'an pun tak luput memperlihatkan petunjuk perihal ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia. Baca selengkapnya di sini

Para Ilmuwan Besar Muslim
Ada begitu banyak tokoh ilmuwan yang mengawali konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan juga menjadi bapak dalam bidang-bidang keilmuan modern. Siapa sajakah mereka? Baca klarifikasi selengkapnya di sini

Pameran Sejarah Sains Karya Muslim
Kontribusi ilmuwan sains Islam pada kurun 700-1700 Masehi, bukan mitos melainkan suatu kenyataan. Hal ini sanggup diungkapkan lewat festival perihal karya-karya besar ilmuwan Muslim yang berlangsung di gedung Singapore Science Centre (SSC), Jurong, Singapura. Baca Selengkapnya

Kita ditantang Untuk Membuat Roket
Dengan teknologi roket yang terus dikembangkan, insan semakin jauh mendapatkan warta apa yang ada nan jauh di penjuru langit. Hal ini sudah merupakan kepastian (takdir) bagi insan untuk melintasi penjuru langit, dikarenakan telah ditegaskan dalam Al-Quran Surat Ar Rahman 33-34 يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانفُذُوا لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ.{} فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ Wahai jamaah jin...selengkapnya di sini

10 Konsep Islam Dalam Penelitian Sains Modern
Paradigma Dasar ilmuwan muslim: (1) Tauhid — meyakini hanya ada satu Tuhan, dan kebenaran itu dari-Nya. (2) Khilafah — kami berada di bumi sebagai wakil Allah — segalanya sesuai keinginan-Nya. (3) Ibadah (pemujaan) — keseluruhan hidup insan harus selaras dengan ridha Allah, tidak serupa kaum Syu’aib yang memelopori akar sekularisme ... baca Selengkapnya

Tulisan-tulisan lainnya perihal Islam dan Ilmu Pengetahuan ...  Mulai dari sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel