Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Arab Dan Artinya

Sahabat yang biar selalu dalam lindugan Allah -ta'ala-. Sebagai makhluk sosial insan dituntut untuk saling berbaur dengan sesama dan mengenal satu sama lain. Kaprikornus benarnya apa yang saya dan Anda sering dengar perihal pepatah bahasa Indonesia yang masyhur yang berbunyi "tak kenal maka tak sayang".

Saat memasuki lingkungan baru, baik itu kampus, kawasan kerja, atau kawasan tinggal, Anda dituntut untuk bersikap aktif dengan mengenalkan diri Anda kepada orang-orang yang ada di lingkungan gres tersebut. Permulaan yang baik akan menjadi penentu keharmonisan dan tidaknya jalinan kekerabatan Anda dengan mereka.

Artikel sebelumnyaApa Perbedaan Antara Syafakallah dan Syafakillah?

Oleh akhirnya cara memperkenalkan diri itu penting dan perlu dipelajari. Tapi saya yakin Anda semua sudah mahir melakukannya jikalau memakai bahasa Indonesia. Pertanyaannya ialah bagaimana caranya jikalau Anda diminta untuk memperkenalkan diri memakai bahasa Arab.

 yang biar selalu dalam lindugan Allah  Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Perkenalan dalam bahasa Arab disebut ta'aruf (التَّعَارُفُ). Adapun berkenalan bahasa Arabnya ialah (تَعَارَفَ - يَتَعَارَفُ). Kalau memperkenalkan ialah (عَرَّفَ - يُعَرِّفُ).

Di sini saya akan menunjukkan kepada Anda pola perkenalan dalam bahasa Arab. Dan sebagai misalnya ialah saya sendiri. Selamat membaca dan belajar.
Perkenalan Diri Dalam Bahasa Arab

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

أُسْتَاذِيَ الفَاضِلُ وَزُمَلَائِي الكِرَامُ
Guruku yang utama dan teman-temanku yang mulia

اِسْـمَحُوا لِي أَنْ أُعَرِّفَ نَفْسِي لَكُمْ جَـمِيْعًا
Izinkan saya untuk memperkenalkan diriku kepada kalian semua

اِسْـمِي عَبْدُ اللهِ لُطْفِي وَيُنَادُوْنَنِـي بِـلُطْفِي
Namaku Abdullah Luthfi dan mereka biasa memanggilku 'Luthfi'

أَنَا مِنْ مَاجِيْتَان جَاوَى الشَّرْقِيَّةِ
Aku berasal dari Magetan - Jawa Timur

وَأَسْكُنُ الآنَ فِي جُنْجُول – جَاوَى الغَرْبِيَّةِ
Dan kini saya tinggal di Jonggol - Jawa Barat

عُمْرِي وَاحِدٌ وَثَلَاثُوْنَ سَنَةً
Umurku tiga puluh satu tahun

مُتَزَوِّجٌ وَالـحَمْدُ للهِ ، وَلِي بِنْتٌ وَاحِدَةٌ وَابْنٌ وَاحِدٌ
Alhamdulillah sudah menikah, dan mempunyai satu putri dan satu putra

هِوَايَتِي القِرَاءَةُ وَالكِتَابَةُ وَكُرَةُ السَّلَّةِ
Hobiku membaca, menulis, dan bermain basket

تَخَرَّجْتُ مِنْ مَعْهَدِ العُلُوْمِ الإِسْلَامِيَّةِ وَالعَرَبِيَّةِ بِجَاكَرْتَا
Aku lulus kuliah dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di Jakarta
وَأَعْمَلُ الآنَ مُدَرِّسًا فِي مَعْهَدِ الأَنْدَلُسِ الإِسْلَامِي بِبُوجُور
Dan saya kini bekerja sebagai guru di Pesantren Al Andalus di Bogor

أَكْتُبُ كَثِيْرًا عَنِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ لِأَنَّنِـي أُحِبُّهَا
Aku banyak menulis perihal bahasa Arab alasannya saya menyukainya

أُمْنِيَّتِـي أَنْ يَتَكَلَّمَ أَبْنَاءُ الشَّعْبِ الإِنْدُوْنِيْسِي بِـهَذِهِ اللُّغَةِ الكَرِيْـمَةِ
Cita-citaku ialah putra-putra bangsa Indonesia sanggup berbicara dengan bahasa yang mulia ini

وَشِعَارِي هُوَ قَوْلُ النَّبِـيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّـمَ : خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
Motoku ialah sabda Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam-, "Sebaik-baik insan ialah yang paling bermanfaat untuk mereka."

أَنَا سَعِيْدٌ جِدًّا بَوُجُوْدِي مَعَكُمْ
Aku sangat senang sekali sanggup berasa bersama kalian

وَسَأَسْعَى جَاهِدًا لِأَكُوْنَ خَيْرَ صَاحِبٍ وَصَدِيْقٍ لَكُمْ جَـمِيْعًا وَخَيْرَ مُعِيْنٍ لَكُمْ عَلَى الـخَيْرِ
Dan saya akan berusaha keras untuk sanggup menjadi sahabat dan sahabat terbaik kalian semua serta menjadi penolong terbaik kalian dalam kebaikan

وَشُكْرًا لَكُمْ عَلَى هَذِهِ الفُرْصَةِ السَّعِيْدَةِ
Terima kasih atas kesempatan yang berbahagia ini

وَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا
Dan biar Allah membalas kalian dengan kebaikan

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْـمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Baca jugaPercakapan Bahasa Arab Tentang Ta'aruf (Perkenalan) dan Artinya.

Demikian pola singkat perkenalan diri dalam bahasa Arab. Semoga yang ringan ini sanggup bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih atas kesempatan dan kunjungannya. Syukran wa jazaakumullahu khairan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel