Apa Itu 'Mufradat'?

Sahabat yang agar selalu dalam lindungan Allah –ta’ala-. Saya mempunyai satu pertanyaan untuk Anda. Masih ingatkah kapan pertama kali Anda mengunjungi blog ini, dan artikel mana yang Anda baca? Silahkan tulis balasan Anda di kolom komentar di bawah ini ya.

Blog ini sudah usang dibangun dan alhamdulillah sampai ketika ini ribuan orang berkunjung setiap harinya. Namun ada satu hal yang mengusik pikiran saya. Blog ini diberi judul , tetapi saya belum pernah secara khusus menulis apa makna dari nama tersebut.
 yang agar selalu dalam lindungan Allah  Apa itu 'Mufradat'?
Mungkin sebagian dari Anda ketika membuka dan membaca di blog ini bertanya, apa itu Mufradat?

Jika Anda yaitu pembaca setia blog ini, tentu maksud dari Mufradat bukanlah hal yang asing. Istilah ini sudah sering digunakan dan dijelaskan di sela-sela penulisan sebagian dan bahkan kebanyakan artikel yang ada di blog ini, walaupun tidak secara detail.

Oleh alasannya itu, pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan pengertian Mufradat dan memperlihatkan beberapa referensi ringan. Kalau arti kata 'Kamus' saya rasa semua orang sudah tahu, jadi tidak perlu dijelaskan lagi. Iya, tidak?

Mufradat yaitu istilah dalam bahasa Arab yang secara penulisan ditulis menyerupai ini (مُفْرَدَاتٌ). Kata tersebut merupakan bentuk jamak/plural dari kata (مُفْرَدَةٌ). Lalu apa arti ‘mufradat’?

Jika kita mencari di kamus Al Maany, kamus online yang sering saya gunakan ketika berguru dan menulis di blog ini, dengan kata kunci (مفردات) akan tampil hasil menyerupai di bawah ini:
 yang agar selalu dalam lindungan Allah  Apa itu 'Mufradat'?

Ket:

Mufradat : (isim/kata benda)
o Jamak dari (مُفْرَدَةٌ)
o (مَفْرَدَاتُ اللُّغَةِ) : Semua kalimat yang ada di dalam bahasa (Arab).

Adapun jikalau Anda mencarinya memakai kata kunci (مفرد), maka hasil yang muncul yaitu di bawah ini:

 yang agar selalu dalam lindungan Allah  Apa itu 'Mufradat'?

Ket:

o (مَفْرَدَاتُ اللُّغَةِ) : Lafazh-lafazh dan kata-kata bahasa (Arab).

Kata (مُفْرَدَةٌ) yaitu bentuk Muannats dari kata (مُفْرَدٌ), dan ia yaitu Isim Maf’ul dari kata kerja (أَفْرَدَ – يُفْرِدُ - إِفْرَادًا) yang artinya yaitu ‘menyisihkan/memisahkan/menyendirikan’.

Jadi kesimpulannya bahwa arti kata ‘Mufradat’ atau sebagian orang menulis ‘Mufrodat’ yaitu istilah yang digunakan untuk kosakata (perbendaharaan kata) yang ada di dalam bahasa Arab. Dan di dalam bahasa Inggris disebut ‘Vocabulary’.

Segala kata yang diucapkan untuk mengungkapkan sesuatu dalam bahasa Arab yaitu Mufradat. Kata sendiri di dalam bahasa Arab disebut kalimah (كَلِمَةٌ جـ كَلِمَاتٌ).
Dan kata di dalam bahasa Arab dibagi menjadi 3 (tiga):

ISIM (Kata Benda) yaitu setiap kata yang digunakan untuk menamai manusia, binatang, tumbuhan, benda mati, dan yang lainnya. Contohnya:
  1. (مُوْسَى) Musa.
  2. (اِبْنٌ) Anak laki-laki.
  3. (فِيْلٌ) Gajah.
  4. (نَخْلَةٌ) Pohon kurma.
  5. (حَجَرٌ) Batu.
Jika ingin mengetahui lebih banyak contoh-contoh kata benda bahasa Arab, silahkan Anda kunjungi tautan berikut ini: 280 Kata Benda Bahasa Arab dan Artinya [Terlengkap + Gambar].

FI’IL (Kata Kerja) yaitu setiap kata yang memperlihatkan terjadinya suatu kegiatan atau acara di waktu-waktu tertentu. Dan Fi’il juga terbagi menjadi 3:
  • Fi’il Madhi (فَعْلٌ مَاضٍ), yaitu kata kerja yang menujukkan terjadinya sesuatu di masa lampau. Contohnya:
  1. (قَرَأَ) Membaca
  2. (دَرَسَ) Belajar
  3. (كَتَبَ) Menulis
  4. (أَكَلَ) Makan
  5. (رَأَى) Melihat
  • Fi’il Mudhari (فِعْلٌ مُضَارِعٌ), yaitu kata kerja yang menujukkan terjadinya sesuatu di masa kini atau masa depan.
  1. (يَقْرَأُ) Membaca
  2. (يَدْرُسُ) Belajar
  3. (يَكْتُبُ) Menulis
  4. (يَأْكُلُ) Makan
  5. (يَرَى) Melihat
  • Fi’il Amar (فِعْلُ الأَمْرِ), yaitu kata kerja yang menujukkan terjadinya sesuatu di masa depan, atau lebih sederhananya yaitu kata perintah.
  1. (اِقْرَأْ) Membaca
  2. (اُدْرُسْ) Belajar
  3. (اُكْتُبْ) Menulis
  4. (كُلْ) Makan
  5. (رَ) Melihat

Jika ingin mengetahui lebih banyak contoh-contoh kata kerja bahasa Arab (Fi'il), silahkan Anda kunjungi tautan berikut ini: 937 Kata Kerja dalam Bahasa Arab dan Artinya [Kamus Terlengkap].

HARF (Kata Sambung), yaitu setiap lafazh yang tidak muncul maknanya secara sempurnya melainkan bersama selainnya. Contohnya:
  1. (إِنَّ)
  2. (لَكِنْ)
  3. (وَ)
  4. (مِنْ)
  5. (لَا)
Baca jugaHuruf Jar, Pengertian dan Contoh-Contohnya.

Pemberian Mufradat di awal masa-masa pembelajaran bahasa Arab yaitu hal yang sering dilakukan oleh madrasah diniyah atau pesantren. Karena mengenal kosakata merupakan tahapan pertama untuk mengenal suatu bahasa sebelum tahapan berikutnya, yaitu merangkai kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat tepat (الجُمْلَةُ المُفِيْدَةُ) walaupun sederhana.

Demikian klarifikasi singkat wacana definisi Mufradat dan beberapa contohnya. Semoga yang ringan ini dapat memperlihatkan manfaat yang besar. Kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih atas dukungan, support, dan kunjungannya. Baarakallahu fiikum, wa jazaakumullahu khairan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel