Jaga Alam: Inilah Alternatif Bungkus Daging Kurban Ramah Lingkungan

Hari raya Qurban menjadi hari yang sangat menggembirakan bagi umat Islam. Selain adanya Ibadah Haji di Mekah yang dilakukan oleh jutaan manusia, di setiap tempat tempat tinggal Umat Islampun, masyarakat ramai menyembelih dan membagikan binatang Qurban.

Akan tetapi, satu hal yang menjadi masalah, adalah ketika pembagian daging kurban, penggunaan kantong plastik menjadi naik drastis.

Padahal menyerupai kita ketahui bersama, sampah plastik sekarang menjadi perhatian dunia. Sampah plastik menjadi hal jelek bagi alam. Plastik tidak bisa terurai cepat dilingkungan. Butuh lebih dari seratus tahun untuk terurai. Akibatnya Jutaan plastik ini menjadi sampah dan menimbun muka bumi baik di daratan dan di lautan. Hal ini kesannya akan berdampak jelek bagi kehidupan insan sendiri.

Mari kita hayati Firman Allah dalam Surat Ar-Rum ayat 41yang artinya berikut ini:
Telah nampak kerusakan di darat dan di maritim disebabkan lantaran perbuatan tangan manusia, semoga mereka mencicipi sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, semoga mereka kembali (ke jalan yang benar).

Oleh lantaran itu, kesadaran untuk mengurangi penggunaan plastik harus terus menerus ditingkatkan. Salah satunya ketika momen Hari Raya Qurban ini, adalah dengan cara tidak memakai kantong plastik untuk pembagian daging Qurban.

Lalu, apa alternatif pengganti kantong plastik untuk membagi daging Qurban?

Berikut ada beberapa Cara yang bisa dilakukan.

1. Ganti Kantong Plastik Dengan Daun

Kembali ke cara tradisional menjadi cara paling efektif. Dahulu sebelum adanya kantong plastik, masyarakat kita sudah memakai daun untuk membungkus makanan. Daun Pisang, daun pepaya dan Daun jati menjadi pilihan paling menarik, lantaran ketersediaannya yang cukup melimpah di Indonesia.


Daun Kelapa juga bisa digunakan, dengan cara menganyamnya menjadi wadah, namun untuk penggunaan masal nampaknya cukup sulit.


2. Gunakan Kotak Besek Bambu

Sudah menjadi tradisi bangsa ini memakai kotak besek dalam upacara-upacara tradisi. Ketersediaan di pasar yang cukup melimpah bisa dijadikan alternatif yang efektif untuk pegganti kantong plastik ketika membagikan daging kurban. Agar Air dari daging tidak merembes, bisa dilapisi dengan daun di penggalan dalamnya.



3. Membawa Wadah Sendiri

Pembagian kurban kadang dilakukan dengan mengundang masyarakat untuk mengambil daging sendiri. Oleh lantaran itu, beri instruksi kepada masyarakat untuk membawa wadah sendiri, bisa dengan menghimbau masyarakat untuk membawa tas kain sendiri atau wadah yang dimiliknya di dapur.  

4. Menggunakan Kantong Plastik Nabati.

Kini para ilmuwan dan produsen telah bisa menciptakan plastik dengan materi dasar singkong. Plastik Singkong ini sangat ramah lingkungan lantaran sanggup dengan gampang terurai di alam. Plastik singkong tidak menyerupai plastik sintetis. Plastik ini sanggup gampang hancur hanya dengan diaduk dalam air panas.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel