Lengkap! Sebab-Sebab Turunnya Ayat-Ayat Al-Quran (Asbabun Nuzul)

Asbabun Nuzul ialah salah satu ilmu yang harus dipelajari bagi seseorang yang ingin menafsirkan Al-Qur'an.

Pemahaman terhadapnya merupakan sebuah kemestian, semoga tidak terjadi kesalahan dalam menafsirkan ayatayat Allah. Pemahaman terhadap ilmu ini juga akan memperkaya penafsir dalam menggali mukjizat-mukjizat Al-Qur'an.

Ibnu Taimiyyah mengemukakan bahwa mengetahui Asbabun Nuzul suatu ayat sanggup membantu Mufassir memahami makna ayat. Pengetahuan wacana Asbabun Nuzul suatu ayat sanggup memperlihatkan dasar yang kokoh untuk menyelami makna suatu ayat Al-Qur’an.

Al-Wahidy berpendapat: "menafsirkan ayat tanpa bertitik tolak dari sejarah dan klarifikasi turunnya tidaklah mungkin."

Ibnu Daqiqil 'Ied berpendapat: "Keterangan wacana Asbabun Nuzul ialah merupakan salah satu jalan yang sempurna dalam memahami Al-Qur'an."

Ibnu Taimiyah berpendapat: "Ilmu Asbabun Nuzul akan membantu dalam memahami ayat, lantaran ilmu wacana alasannya ialah akan menimbulkan ilmu wacana akibat".

Terdapat banyak faedah dalam mengetahui sebab-sebab turunnya ayat. Sedangkan orang yang menyampaikan bahwa mengetahui sebat-sebab turunnya ayat tidak ada faedahnya, telah melaksanakan sebuah kesalahan.

Karena sebab-sebabt turunnya ayat ialah sejarah bagi ayat-ayat tersebut. Di antara faedahnya ialah mengetahui makna ayat yang gotong royong atau menghilangkan kesulitan dalam memahaminya.


Silakan saluran ebook asbabunNuzul di bawah ini (tunggu hingga muncul).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel