Perbedaan Pengertian Syari'ah Dan Fikih
Friday, November 18, 2011
Edit
Sebagai umat Islam, kita sering sekali mendengar istilah "syari'ah. Bahkan umat lain pun sering pula mendengar istilah ini. Namun apakah kita sendiri benar-benar paham apa makna dari "syari'ah" itu? Untuk itu disini akan dibahas secara ringkas mengenai makna dari syari'ah. Penjelasan wacana makna syari'ah yang akan dijelaskan ini merupakan ringkasan atau ihktisar dari sebuah buku yang berjudul "Pengantar Ilmu Fiqh Usul Fiqh" karya Zarkasji Abdul Salam dan Oman Fathurohman.
Syariah dan Fikih Memiliki Perbedaan Namun Tidak Dapat Dipisahkan
Sering dijumpai dalam goresan pena wacana Hukum Islam, yang menyamakan antara pengertian "Syari'ah" dan "fiqh". Namun hakikatnya kedua kata tersebut mempunyai perbedaan dan juga persamaan. Syari'ah pada awalnya berdasarkan bahasa berarti "sumber air yang dituju (didatangi) untuk minum" atau "jalan yang dilalui air terjun".
Namun selanjutnya kata ini dipakai oleh orang Arab dalam arti "jalan yang lurus". Sedangkan berdasarkan Istilah, syari'ah berarti "Hukum-hukum yang ditetapkan oleh Allah untuk hamba-hambanya, yang dibawa oleh salah seorang Nabi-Nya saw, baik hukum-hukum tersebut berafiliasi dengan cara melaksanakan perbuatan yaitu yang disebut sebagai furu' (cabang) dan 'amaliyah (perbuatan) dan untuknya maka dihimpun ilmu Fiqh; Atau berafiliasi dengan cara memilih kepercayan (i'tiqad) yaitu yang disebut dengan aturan pokok dan kepercayaan dan untuknya maka dihimpunlah 'Ilmu Kalam', atau yang berafiliasi dengan tingkah laris insan atau jiwa insan dan untuknya maka dihimpunlah "Ilmu Akhlaq".
Namun selanjutnya kata ini dipakai oleh orang Arab dalam arti "jalan yang lurus". Sedangkan berdasarkan Istilah, syari'ah berarti "Hukum-hukum yang ditetapkan oleh Allah untuk hamba-hambanya, yang dibawa oleh salah seorang Nabi-Nya saw, baik hukum-hukum tersebut berafiliasi dengan cara melaksanakan perbuatan yaitu yang disebut sebagai furu' (cabang) dan 'amaliyah (perbuatan) dan untuknya maka dihimpun ilmu Fiqh; Atau berafiliasi dengan cara memilih kepercayan (i'tiqad) yaitu yang disebut dengan aturan pokok dan kepercayaan dan untuknya maka dihimpunlah 'Ilmu Kalam', atau yang berafiliasi dengan tingkah laris insan atau jiwa insan dan untuknya maka dihimpunlah "Ilmu Akhlaq".
Ringkasnya Syar'iah pembahasannya meliputi segala aturan baik yang berafiliasi dengan 'aqidah, watak (budi pekerti), dan juga Amaliyah. Yang dimaksud dengan 'Aqidah ialah hukum-hukum yang bersangkut paut dengan Zat Allah dan Sifat-sfatNya, dengan Rasul dan risalah yang dibawanya, duduk kasus hari Akhirat dan duduk kasus Gaib lainnya seperti: hisab, pahala dan siksa, nirwana dan neraka. Hukum 'aqidah ini dibicarakan dalam Ilmu Tauhid.
Hukum-hukum Akhlak ialah hukum-hukum yang bersangkutan dengan perbaikan jiwa (moral), menerangkan sifat-sifat yang terpuji atau keutamaan-keutamaan yang harus dijadikan komplemen atau perisai diri seseorang menyerupai juju, adil, terpercaya dan sifat tercela yang harus dihindari menyerupai bohong, zalim, dengki dan khianat. Sifat-sofat tersebut diterangkan dalam Al-Quran dan as-Sunnah dan dipelajari dalam Ilmu Akhlak dan Ilmu Tasawuf.
Hukum-Hukum 'Amaliyah ialah hukum-hukum yang bersangkutan dengan tindak-tanduk seseorang, baik berupa perkataan, perbuatan dan tindakan-tindakan yang lain yang tidak termasuk dalam duduk kasus 'Aqidah dan Akhlak. Hukum-hukum 'Amaliyah inilah yang dikenal kini dengan "Fiqh" atau "Furu' " dan dibicarakan dalam Ilmu Fiqh.
Arti dari Fikih
Kata 'Fiqh' sendiri telah mengalami perkembangan makna. Secara bahasa , kata Fiqh semula berarti 'Al-'ilm" (pengetahuan) dan 'Alfahm' (pemahaman). Keseluruhan kata-kata yang berakar pada kata fiqh dalam ayat Alquran dan Hadits Rasulullah saw mengandung arti: mengetahui, memahami dan mengerti secara mendalam.
Beberapa Ungkapan al-Quran dan sabda Nabi saw, membuktikan bahwa di masa Rasulullah saw, istilah fiqh tidak dipakai dalam pengertian aturan saja, tetapi mempunyai arti yang lebih luas meliputi semua aspek yang termasuk dalam agama (Islam), yaitu 'akidah , muamalat dan akhlaq.
Setelah lahirnya pemuka-pemuka mujtahid pada kurun kedua hijriyah, barulah kata 'fiqh' diartikan secara sempit. Istilah Fiqh dikhusukan untuk istilah nama dari hukum-hukum yang dipetik dari Kitab Allah dan Sunnah Rasul dengan menggunkan ijtihad dan istinbat yang tepat terhadap hukum-hukum mengenai 'amaliyah (perbuatan) para mukallaf(orang yang dibebani hukum).
Nampaknya pada kurun kedua hijriyah, fiqh masih diartikan secara umum tidak menyerupai sekarang. Ia meliputi duduk kasus teologis (akidah) maupun duduk kasus akhlak. Pada pertengahan kurun kedua, fiqh didefiniskan secara khusus yakni hanya menyangkut masalah-masalah perbuatan (amaliyah) para mukalaf yang diambil dari dalil-dalilnya yang tafsili. Pada masa ini munculah kitab-kitab fiqh yang disusun oleh para Mujtahid menyerupai Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hanbal.
Beberapa Ungkapan al-Quran dan sabda Nabi saw, membuktikan bahwa di masa Rasulullah saw, istilah fiqh tidak dipakai dalam pengertian aturan saja, tetapi mempunyai arti yang lebih luas meliputi semua aspek yang termasuk dalam agama (Islam), yaitu 'akidah , muamalat dan akhlaq.
Setelah lahirnya pemuka-pemuka mujtahid pada kurun kedua hijriyah, barulah kata 'fiqh' diartikan secara sempit. Istilah Fiqh dikhusukan untuk istilah nama dari hukum-hukum yang dipetik dari Kitab Allah dan Sunnah Rasul dengan menggunkan ijtihad dan istinbat yang tepat terhadap hukum-hukum mengenai 'amaliyah (perbuatan) para mukallaf(orang yang dibebani hukum).
Nampaknya pada kurun kedua hijriyah, fiqh masih diartikan secara umum tidak menyerupai sekarang. Ia meliputi duduk kasus teologis (akidah) maupun duduk kasus akhlak. Pada pertengahan kurun kedua, fiqh didefiniskan secara khusus yakni hanya menyangkut masalah-masalah perbuatan (amaliyah) para mukalaf yang diambil dari dalil-dalilnya yang tafsili. Pada masa ini munculah kitab-kitab fiqh yang disusun oleh para Mujtahid menyerupai Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hanbal.
Obyek ilmu fikih kemudian dirinci kepada bab yang lebih khusus lagi yaitu:
- Al'Ibadat (masalah ibadah): Salat, puasa, zakat dan haji, jihad, nazar, qurban, penyembelihan, perburuan, akikah dan makanan/minuman.
- Al Ahkhwal asyaksiyyah (masalah amal privat): Masalah yang berkaitan dengan kekeluargaan sepeti nikah, khulu', lian, talaq, ila', zihar, ruju', iddah, perwalian, wasiat, waris, rada'ah, hadanah dan perwakilan.
- Al-Mu'amalat Al Madaniyah : jualbeli, sewa menyewa, hutang-piutang, gadai, syuf'ah, sharf, salam, hiwalah(pemindahan hak), perwalian harta, tanggungan, jaminan, mudarabah, syirkah, pinjam-meminjam, wadi'ah, barang temuan, gasab, hibah dll.
- Al-Mu'amalat Al Maliyah: Baitul mal(pebendaharaan negara), sumber-sumber baiutl mal, macam-macam kekayaan yang dimasukan ke Baitul Mal, Kepentingan Baitul Mal, dll.
- Al-Jinayat wa Aluqubat: Qishah, Hudud, Ta'zir, Riddah, Syaribah (khamr), Zina, Qazaf, peperangan, pemberontakan, perampokan, pencurian.
- Al-Ahkam Al-Murafa'at atau Mukhasamat: Peradilan, Hakim, Gugatan, dakwaan, pembuktian, saksi, sumpah, dll.
- Al Ahkam As Sultaniyah, aturan tata negara: Memilih kepada negara, syarat menjadi kepala negara, Hak Waliyul amri, Hak dan kewajiban rakyat, hak dan kewajiban bermusyawarah dan mengeluarkan pendapat, dll.
- Al Ahkam ad Duwaliyah, aturan internasional: Hukum negara Islam dengan negara Islam lainnya, Hubungan negara Islam dengan negara non-islam, aturan perang, aturan saat damai, pengaturan tawana perang, traktat2, Jizyah,dll.
Itulah sedikit citra mengenai makna 'syari'ah' dan bagaimana hubungannya dengan 'fiqh'.
(Sumber: Salam, Zarkasji Abdul dan Fathurohman, Oman; Pengantar Ilmu Fiqh Usul Fiqh I, Yogyakarta: LESFI, 1994.)