Dampak Kasatmata Internet Dalam Bidang Pendidikan Dan Ekonomi


Internet ialah sebuah teknologi yang tidak beda dengan teknologi lainnya yang telah ditemukan oleh manusia. Internet mempunyai dua mata pisau, atau dengan kata lain mempunyai dampak nyata dan negatif. Dampak internet bagi insan kembali lagi bagi pemakainya. Sama halnya bila kita memegang sebuah pisau. Bagi seorang koki pisau menjadi alat untuk menciptakan kuliner yang lezat, sedangkan bagi seorang pembunuh lain lagi kegunaannya.

Bagi sebagian orang, internet sangat menunjukkan dampak positif bagi dirinya. Sedangkan bagi sebagian lainnya malah berefek negatif. Ada orang yang ekonominya membaik berkat memakai internet untuk membantu kelancaran bisnisnya, namun ada juga perusahaan yang menjadi menurun efektifitas kerjanya alasannya banyak karyawan yang membuang-buang waktunya hanya untuk bermain game online atau curhat dan narsis di media sosial.  Ada pelajar yang semakin luas wawasan dan ilmunya alasannya memanfaatkan internet untuk mencari dan menambah wawasan ilmunya. Ada juga pelajar yang malah tertipu alasannya memanfaatkan media umum online dengan cara yang salah. Kita sering mendengar siswa diculik karena bermain media sosial. 

Walaupun mempunyai dampak negatif, namun sisi positifnya lah yang harus selalu diingat biar internet benar-benar menjadi alat yang mempunyai kegunaan bagi peradaban manusia. Berikut ini ialah beberapa manfaat internet dalam bidang Pendidikan-ekonomi yang sempat terpikirkan oleh penulis.

A. Bidang Pendidikan

Jika kita menyidik internet dari asalnya (yaitu Amerika), internet telah mereka gunakan untuk mengoptimalkan bidang pendidikan. Begitu banyak situs yang mengusung konten seputar ilmu pengetahuan. Misal, situs factmonster yang menunjukkan konten berupa ensiklopedia lengkap ilmu pengetahuan tetapi dengan segmen sekolah dasar, sehingga sanggup menjadi referensi bagi siswa-siswi sekolah dasar. Masih banyak lagi lainnya ibarat edugame online, situs dengan konten tata cara melaksanakan uji-coba kimia-fisika dan masih banyak tema lainnya. 

B. Bidang Ekonomi

Dalam bidang yang satu ini, tak perlu lagi bukti. Sudah banyak anak negeri ini yang bisa meraup puluhan juta dengan memanfaatkan internet. Pemasaran online telah menjadi animo di kala ini. Dengan internet hanya dengan duduk di depan komputer sanggup memesan barang secara online, sehingga sanggup menghemat ongkos perjalanan  bagi konsumen. Bagi penjual dengan adanya jual-beli online, tak perlu menyediakan toko yang mewah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel