Mengagumkan! Inilah Kesempurnaan Pemikiran Islam

Berbicara ihwal keilmuan Islam, maka kita akan menemukan sebuah ilmu yang sangat komprehensif yang membahas seluruh sendi kehidupan manusia. 

Berbagai macam tindakan insan mulai dari membuka mata hingga kembali memejamkannya dibahas dalam keilmuan Islam. 

Oleh sebab itu dengan kata lain  ajaran Islam itu telah tepat sehabis turunya wahyu terakhir pada haji wada'. Sempurna dalam artian inti-inti anutan Islam telah diturunkan semua. 

Sehingga setiap duduk kasus yang ada harus merujuk pada inti-inti anutan Islam

Dalam Islam sendiri salah satu kewajiban bagi seorang muslim yaitu menuntut ilmu. Pada masa Rasul belum ada pengklasifikasian Ilmu sebagaimana sekarang.

Dengan semakin meluasnya Islam yang mengakibatkan timbulnya masalah-masalah gres dalam hubungannya anutan Islam dengan sikap manusia, maka semakin luas pula anutan Islam.

Akhirnya timbulah pengklasifikasian keilmuan Islam yang dilakukan oleh para Ilmuwan pada masa 200-an tahun sehabis hijrah. Setidaknya ada 3 Bahasan utama dalam anutan Islam yaitu Akhlak dan Fikih.


Bidang Akidah membahas pokok-pokok keyakinan dalam Islam. Bidang Akhlak membahas sikap insan terhadap Penciptanya, terhadap dirinya sendiri, terhadap sesama insan lainnya dan terhadap alam sekitarnya.

Sementara Fikih membahas ihwal pemahaman yang terkait antara kewajiban dan hak insan terhadap Penciptanya dan terhadap sesama manusia.

Dalam bidang fikih inilah, ilmu Islam begitu dinamis sebab sangat terkait denga bentuk-bentuk korelasi insan yang selalu berubah mengikuti daerah dan waktu. Begitu luasnya pembahasan Fikih sehingga bidang ini sendiri diklasifikasikan lagi menjadi beberapa bidang, diantaranya:
  • Fikih Ibadah yang menyangkut Ibadah Pokok: Shalat, Puasa, Zakat dan Haji
  • Fikih Munakahat: Menyangkut Pernikahan dan perdata
  • Fikih Mawaris: Menyangkut Harta Waris
  • Fikih Muamalah: Menyangkut Hubungan Harta antar manusia 
  • Fikih Jinayah: Menyangkut Pidana
  • Fikih Siyasah: Menyangkut Politik dan Negara
Terkait dengan bidang Fikih sendiri, timbul pula bidang ilmu lainnya menyerupai Ulumul Quran, Ulumul Hadits, Bahasa Arab, Ushul Fikih, kaidah Fikih, Tarikh.

Selain itu, dalam Al-Qur'an sendiri, ratusan ayatnya menjelaskan pentingnya untuk memperhatikan alam. Dalam ayat-ayat yang menyangkut hal tersebut, begitu ditekankan bahwa alam ini merupakan bukti adanya sang Pencipta (yaitu Allah SWT).

Sehingga ilmu yang berkaitan dengan Alam dunia ini menjadi potongan penting dari keilmuan seorang muslim. Dengan memperhatikan ayat-ayat Alquran diserta bukti-bukti ayat-ayat kauniyah (ilmu pengetahuan alam) akan semakin memperkuat keimanan seorang muslim.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel