Kata Kata Mutiara Islam Bg.1


Sebesar-besar laba di dunia ialah menyibukan dirimu setiap waktu pada acara yang akan menawarkan manfaat paling banyak kepada hari akhir.

Jika kau takut kepada makhluk, maka kau akan menjauhi dan lari darinya, sedangkan kalau kau takut pada Tuhan, maka kau harus berlemah lembut dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Cegahlah sesuatu jelek yang terdetik dalam pikiranmu; kalau kau tidak melakukanya maka akan menjadi pemikiran. Cegahlah pedoman kalau kau tidak melakukannya maka akan menjadi syahwat. Perangilah ia, kalau kau tidak melakukannya maka dia akan menjadi keinginan; kalau kau tidak menahannya maka akan jadi perbuatan; kalau kau tidak menghentikannya akan menjadi kebiasaaan, sehingga sulit bagimu untuk menghindarinya.

Ketakwaan terdiri dari tiga tingkatan: pertama, menjaga hati hati dan anggota tubuh dari perbuatan dosa dan haram. Kedua, menjaga hati dan anggota tubuh dari sesuatu yang dimakruhkan. Ketiga, menjadi diri dari sesuatu yang gampang dan yang tidak bermanfaat. Unsur pertama akan menggairahkan hidupnya, kedua akan memberinya kesehatan dan kekuatan, ketiga akan mengakibatkan kegembiraan, kebahagiaan dan kesenangan.

Tidaklah mengherankan bila ada seorang hamba yang taat dan patuh kepada tuannya,menjalankan segala kewajibannya dan merasa membutuhkan kepadanya. Akan tetapi yang mengherankan ialah bila ada seorang tuan yang mengasihi hambanya alasannya ialah hendak memberinya nikmat, mencintainya, serta memberinya banyak sekali macam kebaikan, padahal tuan itu tidak membutuhkannya.

(sumber: terjemah AL Fawaid (ibnu Qayyim Al Jauziyah))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel