Peninggalan Sejarah Islam Yang Menjadi Daerah Wisata Di Indonesia


Peninggalan sejarah merupakan alat yang sanggup dijadikan 'mesin waktu' untuk kembali ke masa lalu. Bermacam-macam peninggalan sejarah yang ada di Indonesia merupakan harta berharga yang seharusnya tetap dijaga. Dengannya kita sanggup mengetahui dan mencicipi masa kemudian yang sanggup dijadikan pelajaran bagi bangsa ini untuk masa depan. 

Study Tour merupakan cara pembelajaran yang menyenangkan, alasannya ialah sebuah program wisata menyenangkan sekaligus menerima pelajaran. Tempat-tempat wisata yang sanggup dijadikan tujuan study tour ialah peninggalan sejarah Islam yang telah dijadikan daerah wisata. Apa saja itu? 

A. Masjid Bersejarah

Begitu pentingnya masjid pada masa-masa kegemilangan Islam, alasannya ialah masjid berfungsi untuk kegiatan-kegiatan sosial masyarakat tidak hanya untuk tempat beribadah mahdah semata. Masjid-masjid bersejarah yang sanggup dijadikan tempat wisata:
  1. Masjid Demak (Jawa Tengah)
  2. Masjid Menara Kudus
  3. Masjid Agung Banten
  4. Masjid Agung Kasepuhan Cirebon
  5. dan lainya

Keunikan masjid-masjid renta ialah dari segi bentuknya yang mengandung nilai-nilai folosofis.

B. Keraton Islam

Kesultanan Islam menjadi sejarah penting bagi berkembangnya Islam di nusantara. Wisata di keraton sanggup memberi citra bagaimana Islam berkembang di kalangan elite pada masa itu. Beberapa keraton yang sanggup dikunjungi antara lain:
  1. Keraton Kesultanan Aceh.
  2. Keraton Kesultanan Delhi.
  3. Keraton Kasepuhan Cirebon.
  4. Keraton Kasultanan Yogyakarta.
  5. Keraton Kasunanan Surakarta.
  6. Keraton Raja Gowa, Makasar.
  7. Keraton Ternate, Maluku Utara.


C. Batu Nisan/makam

Makam kuno merupakan salah satu peninggalan sejarah Islam yang juga penting. Dengannya kita masih sanggup mengingat para alim ulama sehingga sanggup mempelajari sepak terjang mereka dalam perjuangan membuatkan Islam di Nusantara. Namun jangan hingga kita malah terjerat perangkap syetan yang mengkultuskan makam ulama dan berbuat syirik.
Beberapa tempat wisata makam kuno dan nisan yaitu:
  1. Nisan Fatimah Binti Maemun di Leran, Gresik.
  2. Nisam Sultan Malik Al Saleh di Samudra Pasai
  3. Nisan Moloyo dan Trowulan di Mojokerto
  4. Makam Malik Al Saleh di Samudra Pasai
  5. Makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik
  6. Makam Sunan Ampel di Surabaya
  7. Makam Sunan Kudus di Kudus


Itulah beberapa macam peninggalan sejarah Islam yang sanggup dijadikan tempat wisata. Anda mempunyai isu lain perihal peninggalan sejarah Islam? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel