Bacaan Doa Menjenguk/Menengok Orang Yang Sakit Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Doa menjenguk orang sakitSakit, hampir setiap orang niscaya pernah mengalaminya baik itu sakit yang ringan maupun sakit yang serius, sakit sanggup di sebabkan lantaran tertimpa peristiwa maupun penurunan kondisi tubuh, dan juga banyak sekali faktor lainya, karna hal itu lah yang menciptakan orang menjadi sakit.

hampir setiap orang niscaya pernah mengalaminya baik itu sakit yang ringan maupun sakit yang Bacaan Doa Menjenguk/Menengok Orang Yang Sakit LEngkap Dengan Latin Dan Artinya

Namun di balik sakit yang kita alami memiliki hikmah tersendiri pagi penderita maupun orang lain. Seperti yang sudah kita ketahui Alloh Swt memperlihatkan cobaan kepada setiap hamba-Nya memiliki hikmah dan makna tersendiri baik itu cobaan lahiriah maupun batiniah. sebagai insan kita harus iklhas dan sabar untuk menjalaninya dan berdoa.

Baca Juga : Doa sebelum tidur dan berdiri tidur lengkap dengan artinya

Tak jarang kita mendengar teman, kerabat, sanak saudara, keluarga, tetangga mengalami sakit. Pada ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit biasanya kita membawa makanan dan buah-buahan namun tidak hanya itu sebaiknya kita juga mendoakannya supaya sakit yang sedang diderita segera dia angkat oleh Alloh Swt, supaya lekas sembuh dan sanggup sehat kembali.

Apa doa Menjenguk orang sakit..?

Berikut yaitu bacaan doa ketika menjenguk atau menengok orang yang sedang sakit beserta latin dan terjemahnya.
Doa Menjenguk Orang Sakit

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
Allahumma rabban naas mudzhibal ba'si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa'an laa yughaadiru saqoman

Artinya:
"Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang sanggup menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." ( HR. Bukhari, No. 5742; Muslim, No. 2191).


Menjenguk atau menengok orang yang sedang sakit juga merupakan proposal Rasululloh Saw, berikut ini yaitu sabda beliau.

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.
Atinya:
"Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim ( yang sedang sakit ), maka ( seolah-olah ) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya semoga menerima rahmat sampai waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya semoga diberi rahmat sampai waktu pagi tiba." ( HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih )

Itulah Hadist wacana menjenguk orang sakit, selain itu dalam menjenguk orang sakit juga mempunya adab-adab tersendiri. berikut ini yaitu budpekerti menjenguk orang sakit.

Adab-adab menjenguk orang sakit:

  1. Hendaknya dalam mengunjungi orang yang sakit diiringi dengan niat yang nrimo dan tujuan yang baik.
  2. Hendaknya memperhatikan situasi dan kondisi yang sesuai ketika hendak menjenguk.
  3. Hendaknya orang yang menjenguk mendo’akan orang yang sakit dengan kesembuhan dan kesehatan.
  4. Mengusap potongan yang sakit dengan ajun dan mengucapkan doa menjenguk orang sakit ibarat doa diatas.
  5. Hendaknya menundukkan pandangan (tidak menatap dengan tajam), sedikit bertanya, memperlihatkan belas kasih kepada yang sakit, dan menasehatinya.
  6. Apabila melihat orang yang tertimpa cobaan peristiwa alam dan penyakit hendaklah berdo’a dengan bunyi yang pelan untuk keselamatan dirinya.

Baca juga: Doa selamat dunia alam abadi beserta artinya

Itulah doa menjenguk atau menengok orang sakit semoga bermanfaat, dan Allah Swt, selalu memperlihatkan kesehatan jasmani dan rohani bagi kita semua, Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel