Doa Sebelum Makan Dan Setelah Makan Atau Minum Beserta Latin Dan Artinya

Doa Sebelum dan Sesudah Makan - Doa sebelum makan dan setelah makan atau minum sering kali di ajarkan oleh para orang renta pada anaknya yang masih kecil tepatnya pada usia dini. kita juga niscaya pernah mengalaminya, diajari membaca doa sebelum dan setelah makan oleh kedua orang tuanya, atau sebagai orang renta yang mengajarkan anaknya untuk membaca doa tersebut.

Maka sudah tidak heran lagi anak pada usia dini sudah dapat menghafal doa sebelum makan dan setelah makan, walau pun dengan  bahasa yang terbata-bata atau terpotong-potong alasannya yakni anak pada usia dini masih belum lancar berbicara, tapi sebagai orang renta harus gembira akan hal tersebut. Kita sebagai orang remaja juga jangan hingga lupa akan doa tersebut dan membacanya pada ketika hendak makan atau setelah makan atau minum.

Doa sebelum dan setelah makan atau minum juga merupakan doa sehari hari yang harus kita ajarkan kepada anak dari usia dini menyerupai halnya doa sebelum tidur, atau doa-doa lainnya.

Berikut ini yakni lafadz bacaan doa sebelum dan setelah makan atau minum beserta latin dan terjemahannya.

Doa sebelum makan dan setelah makan atau minum sering kali di ajarkan oleh para orang renta  Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan Atau Minum Beserta Latin dan Artinya

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka"

Bacaan doa diatas dibaca ketika kita hendak makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah menunjukkan rezeki sehingga kita dapat makan dan juga agar setan tidak mengganggu kita ketika sedang makan. Saat selesai makan kita juga dianjurkan untuk membaca doa, berikut ini yakni bacaan doa setelah makan beserta artinya.

Doa sebelum makan dan setelah makan atau minum sering kali di ajarkan oleh para orang renta  Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan Atau Minum Beserta Latin dan Artinya

Doa Sesudah Makan


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, Serta menyebabkan kami termasuk golongan orang-orang muslim"

Doa di atas di baca ketika kita selesai makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberi kita makan dan minum dan juga menyebabkan kita sebagai orang muslim.

Doa Setelah Minum

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Alhamdu lillaahil ladzi ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyebabkan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menyebabkan air ini (minuman) asin lagi pahit alasannya yakni dosa-dosa kami"

Doa diatas yakni  doa ketika kita selesai minum, sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberi kita nikmat berupa minuman yang segar yang telah menghilangkan rasa dahaga atau haus.

Ketika kita lupa membaca doa pada ketika makan, alasannya yakni sudah sangat lapar lalu pada ketika makan kita teringat bahwa belum membaca doa, di bawah ini yakni doa ketika kita makan tapi lupa membaca doa.

Doa Ketika Makan Lupa Membaca Doa 

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya"

Bacaan doa ketika lupa membaca doa hendak makan ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi:
Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan "Bismillah". Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan"Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi "(dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).

Itulah bacaan sebelum makan dan setelah makan dan minum serta bacaan ketika lupa berdoa pada ketika makan. Alangkah baiknya jikalau kita pada ketika akan melaksanakan sesuatu sebaiknya membaca doa walaupun hanya membaca basmalah alasannya yakni tidak tahu doa apa yang harus di baca. Semoga doa diatas bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel