Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Renta (Ibu Dan Bapak) Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap - Kedua orang renta kita yaitu bapak dan ibu yakni orang yang paling berjasa dalam hidup kita. mereka lah yang merawat kita semenjak gres lahir sampai tumbuh remaja tanpa meminta imbalan kepada kita. Tanpa mereka belum tentu kita bisa menyerupai sekarang. Mereka pula yang menunjukkan cinta, kasih dan sayang yang murni kepada kita, mereka juga rela berkorban untuk kita tanpa meminta akibat sedikitpun.

Oleh alasannya yakni janganlah kita menciptakan murka atau kecewa kedua orang renta kita, alasannya yakni keridhaan Allah Swt, tergantung pada keridhoan orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua, maka dari itu sayangi dan hormatilah mereka.

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya: "Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang renta dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)

Baca juga : Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, 3 Rakaat

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa Allah Swt, akan meridhai atau memurkai kita berdasarkan keridhaan atau kemurkaan orangtua.

 Kedua orang renta kita yaitu bapak dan ibu yakni orang yang paling berjasa dalam hidup kit Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Walaupun orang renta kita tidak meminta akibat atas jasa-jasa mereka kepada kita sebagai anak. namun sudah kewajiban kita sebagai anak menghormati, menyayangi dan mengasihi mereka kembali. Walaupun semua yang kita berikan tak akan bisa membalas semua jasa-jasa dan kasih sayang mereka. Salah satu kewajiban seorang anak kepada orang tuanya ialah mendoakan mereka, baik yang masih ada maupun yang sudah tidak ada (meninggal dunia). Sedangkan untuk bacaan doa untuk kedua orang renta lengkap dengan latin dan terjemahnya adlah sebagai berikut.

 Kedua orang renta kita yaitu bapak dan ibu yakni orang yang paling berjasa dalam hidup kit Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah saya dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka menyerupai mereka menyayangiku diwaktu kecil"

Kemudian untuk doa memohon ampunan untuk kedua orang renta beserta latin dan artinya yakni sebagai berikut.

 Kedua orang renta kita yaitu bapak dan ibu yakni orang yang paling berjasa dalam hidup kit Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya : "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana dia berdua merawatku saat saya masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, pria maupun wanita yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah alasannya yakni Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Itulah bacaan doa untuk kedua orang renta dan doa memohon ampunan untuk kedua orang tua, kita sebagai anak juga harus berbakti kepada kedua orang renta kita yang merupakan suatu kewajiban, kita sebagai anak sering kali menyakiti hatinya. berikut ini yakni hal-hal yang perlu kita lakukan dalam berbakti kepada orang renta (Ibu dan bapak).

Cara berbakti kepada orang tua
  1. Kita harus sopan dan hormat kepada kedua orang tua.
  2. Harus mematuhi perintah keduanya selama tidak bertentangan dengan agama, jikalau perintahnya bertentangan dengan agama kita tidak perlu mematuhinya.
  3. Tidak boleh berkata agresif kepada mereka
  4. Wajib mengikuti nasihat keduanya. apabila ditegur, kita harus sadar bahwa perbuatan yang kita lakukan tidak diridhai oleh orang tua.
  5. Membantu pekerjaan mereka dalam aktivitas sehari-hari.
  6. Harus menjaga nama baik kedua orang renta dengan cara selalu berbuat baik.
  7. Wajib menjaga keduanya apalagi kalau orang renta kita sudah renta dan renta.
Apabila orang renta kita sudah meninggal dunia, yang harus kita lakukan adalah.
  1. Melaksanakan nasihat keduanya yang diberikan pada waktu masih hidup
  2. Menjaga nama baik kedua orang tua
  3. Mendoakan mereka biar diampuni dosanya dan dilapangkan kuburnya oleh Allah Swt.
Sabda Rasulullah Saw, Yang memerintahkan kita untuk berbakti kepada orang tua, walaupun kedua orang renta kita sudah tiada.

"Telah tiba seorang pria (kepada Rasulullah saw) kemudian ia bertanya: “Ya Rasulullah, masih adakah kebaikan yang sanggup saya kerjakan untuk ibu bapak sehabis meninggalnya ? Rasulullah menjawab:”Ya. Yaitu menyembahyangkan (jenazah) mereka, memintakan ampun kepada Tuhan, menyempurnakan kesepakatan mereka, memuliakan sahabat mereka, dan selalu bersilaturahmi dengan orang yang bertalian dengan mereka (kedua orang tua)." (HR. Abu Daud)

Baca juga : Doa setelah sholat wajib lengkap dengan latin dan terjemahnya

Demikianlah mengenai bacaan doa untuk kedua orang tua yaitu ibu dan bapak, dan sedikit cara untuk berbakti kepada mereka. Dengan kita mendoakan kedua orang renta semoga Allah Swt, melindungi, mengasihi mereka dan apabila mereka sudah meninggal dunia semoga dosa-dosa mereka diampuni dan mereka ditempatkan dalam kawasan yang terbaik yaitu surga. Aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel