Doa Sehabis Sholat Istikharah Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Sholat Istikhoroh - Sholat Istikharah ialah shalat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah Swt, dikarenakan sedang galau diantara beberapa pilihan dan merasa ragu untuk menentukan atau galau untuk menetapkan sesuatu hal tersebut. Hukum mengerjakan sholat Istikharah yakni sunah dan di kerjakan paling sedikit dua rakaat.

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ , وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ , وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

Artinya: "Ya Allah, saya beristikharah (meminta pilihan) dengan ilmu-Mu, saya memohon kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan saya memohon keutamaan-Mu. (HR Bukhari)

Mengenai ukuran atau dilema yang dimaksud diatas tidak dibatasi ukurannya, dapat dilema menentukan pekerjaan, jodoh maupun dilema yang lainya. Pada pada dasarnya sholat istikharah dilakukan pada ketika seseorang sedang merasa galau atau ragu  dalam suatu hal atau menentukan sesuatu hal.

 Sholat Istikharah ialah shalat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah Swt Doa Setelah Sholat Istikharah Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Tujuan mengerjakan sholat Istikarah ialah kita memohon kepada Allah Swt, biar urusan kita diridhai dan di mudahkan jalan untuk urusan tersebut. Jika urusan tersebut tidak baik, maka Allah Swt akan datangkan penghalang dan mencegah urusan tersebut sehingga kita tidak dapat mengerjakan urusan tersebut.

Nabi Muhammad Saw bersabda yang artinya" Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat sunah dua raka'at yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah" (H.R Bukhari)

Sedangkan untuk waktu mengerjakan sholat Istikharah dapat dilakukan kapan saja, baik siang atau pun malam, akan tetapi waktu yang paling utama yaitu ketika sepertiga malam sehabis sholat Isya. Karena dimalam hari kita dapat mengerjakan sholat Istikharah dengan Khusyu.

Cara mengerjakan sholat Istikharah sama ibarat sholat pada umumnya. Membaca niat sholat Istikharah, membaca surat Al-Fatihah, sehabis itu diutamakan membaca surat Al-Kafirun dan di rakaat yang kedua membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas. kemudian sehabis final mengerjakan sholat istikarah dilanjutkan dengan membaca dzikir dan wirid, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa sehabis sholat Istikharah.

Berikut ini yakni doa sehabis sholat Istikharah lengkap dengan latin dan terjemahannya.

Doa Setelah Sholat Itikharah

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(...)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Allaahumma inni astakhiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal 'aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a'lamu wa anta 'allaamul guyuub.

Allaahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amro (.....) khairul lii fii diinii wa ma'aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta'lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii wa 'aajlihii fashrifhu 'annii wasrifnii 'anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya: "Ya Allah sebenarnya saya memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, alasannya yakni sebenarnya saya tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan saya tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib.

Ya Allah kalau Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebut keperluanya) baik bagiku, agama dan kehidupanku, maka menetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku, dan kalau Engkau mengetahui bahwa urusan ini jelek bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akhir dari urusanku, baik untuk masa kini maupun untuk masa mendatang, maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku berdasarkan semestinya, kemudian ridhailah aku."

Baca juga : Doa sehabis sholat wajib beserta latin dan artinya

Demikianlah mengenai bacaaan doa sehabis sholat istikarah beserta latin dan artinya dan sedikit klarifikasi mengenai sholat Istikharah. Semoga dengan mengerjakan sholat Istikarah Allah menawarkan kita yang terbaik dan menjauhkan kita dari hal-hal yang jelek baik itu dimasa kini dan dimasa yang akan datang. Aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel