Bacaan Sujud Syukur Dan Tata Cara Melaksanakan Sujud Syukur

Doaharianislami.com- Sudah kewajiban kita sebagai insan bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah Allah Swt berikan kepada kita. Bersyukur tidak hanya semata-mata dikala mendapat kesenangan maupun nikmat saja melainkan dikala kita terhindar dari marabahaya kita juga harus bersyukur alasannya ialah Allah Swt telah memperlihatkan keselamatan pada kita. Salah satu cara untuk mengucapkan terimakasih kita atas semua yang telah Allah Swt berikan kepada kita selaku hambanya ialah dengan sujud Syukur.

 Sudah kewajiban kita sebagai insan bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah Allah S Bacaan Sujud Syukur Dan Tata Cara Melakukan Sujud Syukur

Sujud Syukur ialah sujud yang dilakukan alasannya ialah mendapatan sesuatu nikmat dan terhindar dari marabahaya, peristiwa maupun kesusahan yang menimpa. Hukum Sujud Syukur ialah sunnah yang boleh dilakukan maupun tidak, namun kalau melakukannya mendapat pahala sebagai mana yang sabda Rasulullah saw.

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ اَنَّ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَاأَتَاهُ أَمُرٌ يَسُرُّهُ أَوْبُشْرَى جَرَّ سَاجِدَا شُكُرَاللهِ

Artinya: "Dari Abu Bakrah sebenarnya Rasulullah saw bersabda, apabila tiba kepada nabi sesuatu menggembirakan atas kabar suka, dia pribadi sujud syukur kepada Allah. (H.R Abu Daud dan Turmudzi).

Baca juga: Doa-doa Membasuh Anggota Wudhu

Berdasarkan hadist diatas bahwa pada dikala rasulullah saw mendapat kegembiraan dia pribadi mengerjakan sujud syukur.

Tata Cara Sujud Syukur
Berikut ialah tata cara melaksanakan sujud syukur:

1. Berdiri Menghadap Kiblat
2. Berniat Melakukan Sujud Syukur
3. Kemudian Takbiratul Ihram, dengan Membaca (Allahu Akbar)
4. Lalu sujud satu kali, sambil membaca doa sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَاإِلٰهَ إِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَةَإِلَابِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha-illalloohu wallohu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billaahil 'aliyyil 'adziim.

Artinya: "Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada yang kuasa selain Allah. Allah maha besar dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali  atas izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung"

5. Duduk Sejenak.
6. Mengucap salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.

اَلسَّلَا مُعَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهُ
Dengan melaksanakan sujud syukur sebagai rasa terimakasih kepada Allah Swt atas nikmat alasannya ialah mendapat sesuatu yang diinginkan maupun terhindar dari marabahaya, supaya Allah selalu memperlihatkan nikmat dan dilindungi dari segala ancaman yang mengintai, demikianlah mengenai bacaan sujud syukur beserta tata cara melaksanakan sujud syukur, supaya sanggup bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel