Bacaan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Niat Puasa Sunah Senin Kamis- Selain menjalankan puasa wajib pada bulan Ramadhan, Islam juga mengajarkan pula puasa sunah. Disyariatkannya (hukum dalam agama islam) puasa sunah lantaran sanggup menambah pahala yang akan menjadi bekal untuk kebahagiaan hidup didunia maupun diakhirat.

Selain menjalankan puasa wajib pada bulan Ramadhan Bacaan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Lengkap Beserta Latin Dan Artinya
Gambar ilustrasi sedang berbuka puasa

Ada banyak macam puasa sunah salah satunya ialah puasa sunah pada hari senin dan kamis. puasa sunah senin kamis dilakukan pada hari senin dan hari kamis, untuk waktunya pun sama menyerupai puasa pada bulan Ramadhan, yaitu dimulai dari waktu imsak hingga terbenamnya matahari atau masuk waktu sholat magrib. yang berdeda hanya niat dan tujuannya untuk melakukan puasa senin kamis.

Rasululllah Saw, selalu menjalankan puasa senin kamis walaupun aturan dari mengerjakan puasa senin kamis yaitu sunah. hal ini terdapat pada sebuah hadist yang berbunyi.

عَنْ عَائِشَةَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَتَخَيَّرَى صِيَامُ اْلاِثْنَيْنِ والْخَمِيْسِ

Artinya:
"Dari Aisyah, bahwa Nabi Muhammad Saw, menentukan puasa pada hari senin dan hari kamis. (H.R. Tirmidzi)

Baca juga: Doa sesudah sholat Fardhu 5 waktu lengkap

Dari hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah ra diatas, diterangkan bahwa Rasulullah saw mengerjakan puasa pada hari senin dan kamis. agama islam pun menganjurkan kita untuk mengerjakan puasa senin kamis menyerupai apa yang di kerjakan oleh Rasulullah saw. Kemudian untuk bacaan niat puasa senin kamis, tentunya memiliki bacaan yang sedikit berbeda. yang membedakanya ialah niat puasa menurut harinya, berikut ini yaitu bacaan niat puasa pada hari senin dan hari kamis beserta goresan pena latin dan artinya.

Niat Puasa Sunah Hari Senin

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala

Artinya :
"Saya niat puasa hari Senin, sunnah lantaran Allah ta’ala"

Baca juga : Kumpulan doa sehari-hari lengkap dengan goresan pena latin dan artinya

Niat Puasa diatas di baca jikalau kita hendak melakukan puasa pada hari senin, jikalau ingin menjalankan puasa pada hari kamis maka niatnya yaitu sebagai berikut.

Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala

Artinya :
"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah lantaran Allah ta’ala"

untuk menghafalkannya niatnya pun cukup gampang lantaran bacaanya cukup pendek. Selanjutnya untuk bacaan doa pada dikala berbuka puasa hari senin dan hari kamis bacaannya yaitu sebagai berikut.

Doa Berbuka Puasa Senin Dan Kamis

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ
Allahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insya Allah

Artinya:
"Ya Allah hanya untuk-Mu saya berpuasa dengan  rezki-Mu saya berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah, pahala telah tetap insya Allah Ta'ala"

Adapun keutamaan puasa pada hari senin dan kamis salah satunya terdapat pada sebuah hadist yang artinya:
"Dari Abu Hurairah ra, bergotong-royong Nabi saw lebih sering berpuasa pada hari senin dan kamis. kemudian ditanyakan orang kepadanya apa sebabnya, maka Nabi bersabda. Sesungguhnya amalan-amalan itu dipersembahkan pada hari senin dan kamis, maka Allah mengampuni setiap muslim atau setiap mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan maka Allah berfirman: tangguhkanlah kedua mereka itu. (H.R. Ahmad dengan sanad yang shahih)

Dari hadist diatas di terangkan bahwa orang yang berpuasa pada hari senin dan kamis di ampuni dosa-dosanya lantaran pada hari senin dan kamis amalan-amalan dipersembahkan kepada Allah Swt, kecuali dua orang yang sedang bermusuhan.

Baca juga : Niat Sholat Sunah Tahajud lengkap beserta terjemahnya

Itulah bacaan niat puasa senin kamis beserta latin dan terjemahnya. dan juga keutamaan puasa senin kamis. agar artikel diatas bermanfaat dan sanggup menambah semangat, untuk menjalankan puasa sunah senin kamis menyerupai apa yang diajarkan Rasulullah saw.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel