Tahapan-Tahapan Dalam Manajemen

Manajemen berasal dari kata manage (bahasa latinnya;manus) yang berarti: memimpin, menangani, mengatur, atau membimbing. Goerge R. Terry (19972), mendefinisikan administrasi sebagai, “…sebuah proses yang khas dan terdiri dari tindakan-tindakan ibarat perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan dan pengawasan yang dilakukan untuk memilih serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya insan dan sumbersumber lainnya”.

Dari definisi di atas sanggup ditarik suatu kesimpulan bahwa fungsi pokok atau tahapan-tahapan dalam manajemen merupakan suatu proses yang meliputi hal-hal sebagai berikut:

1. Perencanaan (planning)
Meliputi; penerapan tujuan dan standar, penentuan hukum dan prosedur, pembuatan planning serta ramalan (prediksi) apa yang akan terjadi.

2. Pengorganisasian (organizing)
Meliputi: proteksi kiprah terpisah kepada masing-masing pihak, membentuk bagian, mendelegasikan dan memutuskan jalur wewenang, mendelegasikan dan memutuskan sistem komunikasi, serta mengkoordinir kerja setiap karyawan dalam satu tim yang solid dan terorganisir.



3. Penyusunan Formasi (staffing)
Meliputi; memilih persyaratan personnel yang akan dipekerjakan, merekrut calon karyawan, memilih job description dan persyaratan teknis suatu pekerjaan, melaksanakan evaluasi dan pembinaan termasuk di dalamnya pengembangan kualitas dan kuantitas karyawan sebagai acuan untuk penyusunan setiap fungsi dalam administrasi organisasi.

4. Memimpin (leading)
Meliputi: membuat orang lain melaksanakan tugasnya, mendorong dan memotivasi bawahan, serta membuat iklim atau suasana pekerjaan yang aman – khususnya dalam metode komunikasi dari atas ke bawah atau  sebaliknya – sehingga timbul saling pengertian dan akidah yang baik. Menumbuhkan disiplin kerja dan sense of belonging (rasa memiliki) pada setiap karyawan dan jajaran administrasi (public internal).

5. Pengawasan (controlling)
Fungsi terakhir administrasi ini mencakup; persiapan suatu standar kualitas dan kuantitas hasil kerja, baik berbentuk produk maupun jasa yang diberikan perusahaan/organisasi dalam upaya pencapaian tujuan, produktivitas dan terciptanya gambaran yang positif. (Basu Swasta DH, Asas-asas ManajemenModern. Liberty, Yogyakarta, 1996)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel