Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan konsep menyeluruh yang menyangkut aneka macam kegiatan pemasaran yang tercakup dalam satu sistem pemasaran. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berekembang dan mendapat laba. Pemasaran merupakan proses yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan impian konsumen.

1 Philip Kotler
“Pemasaran yakni proses sosial dan managerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. (Kotler, 1986 : 5)”


2. William J. Staton
“Pemasaran yakni suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, memilih harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.” (Stanton, 1986 : 7)

Dari definisi-definisi di atas sanggup di tarik kesimpulan bahwa pemasaran memiliki arti sebagai berikut:
  1. Pemasaran merupakan suatu proses yang dilakukan individu maupun kelompok. 
  2. Adanya proses pertukaran arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen. 
  3. Adanya impian dan kebutuhan insan yang harus dipuaskan oleh kegiatan insan lain yang menghasilkan alat pemuas tersebut yang berupa produk barang dan jasa.
  4. Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang terintegrasi secara dinamis, dalam arti bahwa pemasaran merupakan hasil dari aneka macam macam kegiatan.  
Memilih dan melakukan kegiatan pemasaran yang sanggup membantu dalam pencapaian tujuan perusahaan serta menyesuaikan diri dengan lingkungan yakni merupakan tujuan seorang manajer pemasaran. Manajemen pemasaran memiliki proses untuk mempengaruhi tingkat, jangkauan waktu dan komposisi usul dengan cara sampai membantu perusahaan mencapai sasarannya.
Philip Kotler mendefinisikan administrasi pemasaran sebagai berikut:
“Manajemen pemasaran yakni analisis, perencanaan, penerapan dan pengawasan terhadap kegiatan yang telah dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar target dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. (Kotler, 1986;20)”

Dari definisi tersebut sanggup diketahui bahwa fungsi administrasi pemasaran meliputi proses yang melibatkan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan tersebut bertujuan mengakibatkan pertukaran yang diinginkan, baik yang menyangkut kebutuhan psikologi, sosial dan kebudayaan yang sanggup diubahsuaikan dengan sikap dan sikap konsumen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel