Asma' Bintu Yazid Bin As Sakan Al Anshariyah Radhiallahu Anha

Sirah istimewa ini yaitu milik salah seorang perempuan suci dan menjadi pola ideal dalam iman, ilmu dan kesabarannya.  Beliau memeluk Islam bareng para perempuan yang terdahulu beriman terhadap Allah dan RasulNya, dari kelompok Anshar lewat sentuhan dakwah Mushab bin Umair, bermula di perkampungan Anshar yang paling baik, Bani Abdul Ashal, iaitu perkampungan seorang sahabat, Saad bin Muadz Radiallahu Anhu yang keislamannya menjadi barakah bagi kaumnya.  Diriwayatkan bahawa pada petang hari dia memeluk Islam, tiada seorang laki-laki atau perempuan pun di tengah-tengah Bani Abdul Ashyal melainkan sudah menjadi muslim dan muslimat.

Ibnu Hajar memperkenalkan sahabiyyah ini dengan sebutan yang bagus dengan berkata,” Dialah Asma’ bintu Yazid bin As-Sakan bin Rafi’ bin Imru’ul-Qais Al-Anshariyyah Al-Ausiyah.  Beliau biasa dipahami dengan sebutan Ummu Salamah dan kadang-kadang Ummu Amir, tergolong perempuan yang berbaiat dan mujahidah, yang hidup pada permulaan Islam di Madinah, beroleh laba menjadi teman dekat Rasulullah SAW dan memperolehi keredhaan Allah dan RasulNya.”Asma’ bintu Yazid Radiallahu anha tergolong di antara perempuan yang terawal memperoleh Islam di kelompok kaum Ansar.  Amr bin Qatadah Radiallahu anhu berkata, “Wanita yang pertama kali berbaiat terhadap Rasulullah merupakan Ummu Saad bin Muadz, Kabsyah bintu Rafi’, Ummu Amir bintu Yazid bin As-Sakan dan Hawa’ bintu Yazid bin As-Sakan” (Ad-Durrul-Manstur, 8/143; Ath-Thabaqat, 8/12).Sahabiyyah ini memiliki kelebihan dari sisi ketajaman akal, agama yang teguh, keberanian, ketegaran, ketekunan dan tergolong di antara perempuan yang meriwayatkan hadith Nabawi yang mulia.

KELEBIHAN-KELEBIHAN ASMA’ BINTU YAZID

Sahabiyyah yang mulia ini memperolehi kesaksian kefasihan dari para sahabat.  Beliau dipahami selaku perempuan yang memiliki kecanggihan hujjah dan daya pikat di dalam ucapan-ucapan beliau.  Kelebihan ini ditambah lagi dengan keilmuannya terhadap isi kandungan Al-Quranul Karim dan hadith Nabawi.  Atas alasannya itulah, dia memperolehi gelaran istimewa di kelompok para perempuan kaum Ansar selaku Khatibatun- Nisa’ (jurubicara kaum wanita).  Beliaulah yang menjadi delegasi para perempuan untuk menemui Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam.  Beliau juga berbaiat terhadap Baginda, mendengar sendiri hadith nabawi dan menyodorkan ilmu-ilmu yang diperolehinya dari Rasulullah lewat ucapan-ucapannya yang berkesan kerana kecerdasannya, kecantikan bahasa dan susunan kata-katanya.  Para penulis biografi serikandi ini meriwayatkan ucapan-ucapan Asma’ yang mengagumkan, menjamah perasaan, mempesona dan mencetuskan kesedaran terhadap orang-orang yang mendengarnya.

Asma’ juga dipahami selaku salah seorang sahabiyah yang paling mendalam ilmu dan agamanya.  Hal ini diakui oleh Ibnu Abdil-Barr Rahimahullah yang menyebutkan, “Dia (Asma’) tergolong perempuan yang paling pintar akalnya dan memiliki pengaruh agamanya” (Al-Isti’ab, 4/233).  Dua keunggulan ini, nalar dan agama, mengakibatkan dia tergolong perempuan yang bijaksana di madrasah nubuwwah serta menjadi tumpuan di kelompok perempuan Ansar.  Beliau kondang selaku seorang murid yang sentiasa bersungguh-sungguh memperoleh klarifikasi hukum-hukum dalam urusan agama, sehinggakan dia tidak pernah merasa malu untuk mengajukan pertanyaan soalan terhadap Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam.  Salah satu pertanyaan Asma ini diriwayatkan oleh Al-Akhthib Al-Baghdady Rahimahullah, yang menceritakan, “Asma’ bintu Yazid mengajukan pertanyaan terhadap Rasulullah  Sallallahu alaihi wasallam cara untuk mandi junub simpulan haid.  Maka baginda menjawab, ‘Hendaklah engkau mengambil daum sidrah yang direndam air, kemudian engkau membasuh kepala dan engkau sanggup menggosoknya dengan gosokan yang keras sehingga air perihal seluruh bahagian dari kepala sehingga ke seluruh badan.  Kemudian, hendaklah engkau mengambil cebisan kain yang diberi minyak wangi, kemudian engkau bersuci dengannya’.  Asma’ kemudian mengajukan pertanyaan lagi, ‘Bagaimana caraku bersuci dengannya?’.  Rasulullah SAW kemudian bersabda, ‘SubhanaLlah! Yang penting engkau bersuci’. Aisyah Radiallahu anha member kode terhadap Asma’ yang bertujuan ‘ertinya engkau mesti mencari bekas-bekas darah’ (Al-Asma’ Al-Mubhamah fil-Anba’ Al-Muhkamah, hal. 68)

Di atas keseriusan yang ditunjukkan oleh Asma’ ini, Ummul Mukminin Aisyah Radiallahu anha menyediakan kebanggaan terhadap para perempuan Ansar, dengan berkata, “Sebaik-baik perempuan yaitu perempuan Ansar, yang tidak terhalang oleh rasa malu untuk menanyakan duduk kendala agama dan memahaminya”

ASMA’ DAN HUKUM AL-QURAN

Sahabiyah yang mulia ini memiliki sejarah yang tersendiri yang diselitkan di dalam isi Al-Quran.  Abu Daud, Ibnu Hatim dan Al-Baihaqi meriwayatkan di dalam sunannya dari Asma’ bintu Yazid dengan berkata,”Aku ditalak pada zaman Rasulullah SAW, yang pada dikala itu belum ada lagi ketetapan iddah bagi perempuan yang ditalak. Maka, dikala itulah Allah menurunkan ayat iddah kerana talak, ‘Dan wanita-wanita yang ditalak hendaklah menanti sampai tiga kalu quru’ (Al-Baqarah:228).

Inilah merupakan ayat pertama yang turun wacana iddah bagi perempuan yang ditalak” (Tahdzibut-Tahdzib, 12/339; Siyar Alamin Nubala, 2/297; Alamun Nisa’)

Ini merupakan kemuliaan yang diberikan oleh Allah Subhanah wa taala terhadap perempuan secara umum, dan bagi Asma’ secara khusus.

ASMA’ DAN HADIS NABAWI

Di antara keunggulan utama Asma’ bintu Yazid merupakan hafalan dan pemahamannya wacana hadis-hadis Nabawi serta periwayatannya.  Beliau meriwayatkan 81 hadis dari Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam,  yang diriwayatkan oleh Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah.  Adapun yang meriwayatkan darinya merupakan maulanya Muhaji bin Abu Muslim, Ayahr bin Hausyab, anak saudaranya, Mahmud bin Amr Al-Anshary dan lain-lain.Ini mengakibatkan Asma’ selaku antara perempuan muslimah yang paling banyak meriwayatkan hadis Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam, setelah Aisyah dan Ummu Salamah radiallahu anhuma.

ASMA’ DAN PERJALANAN JIHADNYA

Keluarga As-Sakan memiliki sejarah gemilang selaku kelompok syuhada’ yang menorehkan tinta emas di medan Uhud. Ayah Asma’ yaitu Yazid bin As-Sakan Al-Anshary, yang gugur syahid bareng anaknya, Amir bin Yazid.  Bapa kerabat Asma’, Ziyad bin As-Sakan Al-Anshary, yaitu salah seorang hero penunggang kuda yang memasarkan dirinya bagi Allah dan RasulNya sehingga dia turut sama gugur di dalam Perang Uhud.

Asma’ bintu Yazid sendiri pernah bergabung bareng pasukan kaum Muslimin semasa Perang Khandaq di mana dia berperanan mengantarkan makanan terhadap Rasulullah sallallahu alaihi wasallam.  Beliau juga pergi bareng ke Hudaibiyah dan terlibat di dalam Baiat Ar-Ridhwan, selain turut serta di dalam Perang Khaibar.

Pada tahun ke-13 Hijrah, Asma’ berperanan besar di dalam Perang Yarmuk dengan menyediakan logistik bagi pasukan tentera muslimin, menyediakan minuman terhadap para parajurit yang kehausan dan mengubati tentera yang terluka.  Ibnu Katsir menyebutkan peranan para perempuan di dalam perang tersebut, dengan berkata, “  Para perempuan muslimah pada hari itu sudah berjaya membunuh sejumlah lawan dari kelompok tentera Rom.  Mereka juga menghantam dengan kayu  dan membaling kerikil terhadap para tentera kaum muslimin yang bertujuan untuk lari dari medan perang. (Al-Bidayah wa Nihayah, 7/13; Tarikh Ath-Thabary 2/335)

Salah seorang dari hero perempuan yang menekuni ke medan tempur dikala itu merupakan Asma’ Radiallahu anha.  Beliau Berjaya membunuh sembilan orang tentera lawan dengan menggunakan tiang penyanggah khemah. (Al-Ishabah, 4/229; Majma’ Az-Azzawaid, 9/260; Syiar Alamin Nubala’, 2/297)

UCAPAN KHATIBATUN NISA’ DAN HIKMAHNYA KEPADA PARA MUSLIMAT HARI INI

Salah satu ucapan Asma’ bintu Yazid yang paling utama terkandung di dalam konferensi dia dengan Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam dikala Baginda sedang bareng dengan beberapa orang sahabat,

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya yaitu delegasi bagi seluruh perempuan muslimah di belakangku, segalanya menyampaikan sebagaimana yang saya katakan dan segalanya beropini sesuai dengan pendapatku.  Sesungguhnya Allah Taala mengutusmu bagi seluruh laki-laki dan wanita, kemudian kami beriman kepadamu dan membai`atmu.  Adapun kami para perempuan terkurung dan terbatas gerak langkah kami.  Kami menjadi penjaga rumah tangga kaum lelaki, dan kami yaitu wilayah menyanggupi syahwat mereka, kamilah yang mengandung bawah umur mereka, akan tetapi kaum laki-laki memperoleh kelebihan melampaui kami dengan solat jumaat, menghantar mayat dan berjihad.  Apabila mereka keluar untuk berjihad kamilah yang mempertahankan harta mereka, yang mendidik bawah umur mereka, maka apakah kami juga memperoleh pahala sebagaimana yang mereka sanggup dengan amalan mereka?”

Mendengarkan pertanyaan tersebut, Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam menoleh terhadap para teman dekat dan bersabda : “Pernahkah kalian mendengar pertanyaan seorang perempuan wacana Deen yang lebih baik dari apa yang dia tanyakan?”.  Para teman dekat menjawab,“Benar, kami belum pernah mendengarnya ya Rasulullah!.”Kemudian Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kembalilah wahai Asma` dan beritahukanlah terhadap para perempuan yang berada di belakangmu bahawa perlakuan baik salah seorang diantara mereka terhadap suaminya, dan meminta keredhaan suaminya, mengikuti (patuh terhadap) apa yang disuruhnya (selagi tidak melanggar syara’), itu semua setimpal dengan seluruh amal yang kau sebutkan yang dilaksanakan oleh kaum lelaki”. Maka kembalilah Asma` sambil bertahlil dan bertakbir kerana gembira dengan apa disabdakan Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sesungguhnya, ada pengajaran besar dari protes Asma’ bintu Yazid dan kaum muslimah dikala itu. Ternyata, apa yang diproteskan oleh mereka, bukanlah untuk memperoleh kalung 24 karat seberat 2 kg. Bukan untuk memperoleh posisi selaku pemerintah tertinggi di dalam daulah dikala itu.  Bukan untuk meminta mereka untuk keluar melakukan pekerjaan dan mengambil posisi selaku ketua keluarga.  Bukan untuk menaruh hukum-hakam Islam di sangkar pesalah dengan tuduhan meremehkan dan menghinakan perempuan.  Sebaliknya, yang mereka tanyakan bekerjsama semata-mata yaitu persamaan untuk memperoleh pahala, menjangkau posisi muttaqin dan melakukan syariat  Sangat luar biasa bukan?!  Cuba bandingkan pula dengan apa yang diperjuangkan oleh para pejuang feminisme yang kononnya lebih peka dan berilmu wacana masalah-masalah perempuan di dalam Islam.  Ibarat langit dengan bumi!

Semoga Allah Subhanah wa taala meredhai Asma’ bintu Yazid yang cerdas, perawi hadis, mujahidah mukminah yang solehah dan mulia.  Semoga Allah mengurniakan rahmat kebijaksanaan dan keikhlasan yang tinggi terhadap para du’at mudah-mudahan dengan itu dapat mencontohi usaha generasi muslimah terdahulu.

Wallahu ‘alam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel