5 Tanda-Tanda Usus Buntu, Yang Perlu Diketahui

Radang Usus buntu terjadi ketika apendiks Anda, kantong 'cacing' yang menempel pada usus besar, menjadi meradang.

Hal ini sanggup berakibat fatal hingga kematian kalau usus buntu tersembut, tetapi dokter biasanya memotongnya  dengan pembedahan sebelum ini terjadi.

Diagnosis sanggup rumit, bagaimanapun, kata  seorang hebat pencernaan di Aliansi Kesehatan Cambridge , sebuah sistem kesehatan Harvard yang berhubungan publik, di Cambridge, Massascuset, Michael Payne, MD, "Ini ialah penyakit yang sangat umum dan banyak orang tidak mempunyai tanda-tanda klasik , "katanya. "Kita benar-benar harus menempatkan tangan kita di perut untuk melihat secara pasti."

Temui dokter Anda kalau Anda mempunyai tanda-tanda berikut.


5 Gejala Usus Buntu

1. Pusar nyeri

Sakit usus buntu sering terjadi pada sisi kanan bawah perut. Tanda pertama, bagaimanapun, biasanya ketidaknyamanan akrab pusar, yang lalu pindah ke perut bab bawah.

Beberapa orang, termasuk belum dewasa dan perempuan hamil, mungkin mengalami rasa sakit di banyak sekali wilayah perut atau di samping.

Rasa sakit juga akan lebih jelek kalau Anda memindahkan kaki atau perut; batuk atau bersin; atau tersentak-saat naik kendaraan beroda empat bergelombang, misalnya.

2. Nyeri Memburuk dengan cepat 

Setelah rasa sakit di bab bawah perut, sanggup sangat intens. Dr Payne menyampaikan banyak pasiennya menggambarkannya sebagai, "seperti tidak ada rasa sakit lainnya yang telah mereka rasakan sebelumnya."

Radang usus buntu cukup parah untuk membangunkan seseorang yang sedang tidur. Setelah muncul, tingkat keparahan nyeri sanggup meningkatkan dengan cepat-dalam hitungan jam, Dr Payne mengatakan.

3. Demam dan menggigil

Gejala usus buntu sanggup memalsukan orang alasannya ialah sakit perut, termasuk demam ringan, menggigil, dan gemetar.

Dr Payne menyampaikan bahwa kalau Anda mempunyai sakit perut dengan demam 100-derajat fahrenheit, itu mungkin tidak perlu khawatir. Tapi kalau Anda mengalami demam 103-derajat dan sakit perut cukup parah bahwa Anda tidak sanggup berdiri tegak, mungkin usus buntu.


4. Muntah, mual, atau kehilangan nafsu makan


Anda bisa, bagaimanapun, mengalami beberapa hari di mana nafsu makan Anda rendah dengan beberapa mual dan muntah ringan, ibarat dengan apa yang mungkin Anda alami ketika  perut kembung. Jika membaik sehabis satu atau dua hari, Anda mungkin baik.

Tapi kalau terus menjadi lebih buruk-terutama kalau Anda juga mengalami demam dan perut kanan bawah sakit-Dr. Payne menyampaikan untuk mencari pinjaman medis. Jika Anda telah muntah selama lebih dari 12 jam, atau telah mengalami diare selama lebih dari beberapa hari, Anda harus menghubungi dokter Anda.


5. Sembelit atau diare

Seperti banyak tanda-tanda lain, mungkin tidak parah dan mungkin akan tiba sehabis Anda sudah mengalami sakit perut.

Tapi kalau Anda mempunyai diare ringan-terutama kalau ada banyak lendir di dalamnya-di samping kanan bawah sakit perut, pergilah ke dokter.
(health.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel