Jenis-Jenis Sakit Perut Ini Sebaiknya Anda Pahami

Sakit/Nyeri perut sanggup berkisar dari intensitas sakit perut ringan hingga nyeri akut parah. Rasa sakit ini sering tidak spesifik dan sanggup disebabkan oleh aneka macam kondisi. Banyak organ yang ditemukan dalam rongga perut. Kadang-kadang rasa sakit secara eksklusif berkaitan dengan organ tertentu menyerupai kandung kemih atau ovarium, sedangkan waktu lainnya lebih difus atau non-spesifik .. Biasanya, sakit perut berasal dari sistem pencernaan. Misalnya, rasa sakit sanggup disebabkan oleh radang usus buntu, diare kram, atau keracunan makanan.

Jenis dan lokasi nyeri sanggup membantu dokter menemukan penyebabnya. Intensitas dan durasi nyeri juga harus diperhatikan dikala menciptakan diagnosis. Karakteristik umum beberapa sakit perut yaitu sebagai berikut:

Karakter Nyeri: Nyeri perut sanggup tajam, tumpul, menusuk, kram-seperti, knifelike, memutar, atau menusuk. Banyak jenis sakit yang mungkin.

Lama Nyeri: Nyeri perut sanggup singkat, yang berlangsung selama beberapa menit, atau mungkin bertahan selama beberapa jam dan lebih lama. Kadang-kadang nyeri perut tiba pada berpengaruh untuk sementara waktu dan lalu mengurangi intensitas untuk sementara waktu.

Keadaan pemicu: Rasa sakit sanggup memburuk atau lega oleh insiden tertentu, menyerupai lebih jelek sehabis makan, lebih baik dengan buang air besar, lebih baik sehabis muntah, atau lebih jelek dikala berbaring. Nyeri perut sanggup menciptakan seseorang ingin tinggal di satu tempat dan tidak bergerak. Atau rasa sakit itu sanggup menciptakan mereka jadi gelisah mereka ingin memacu sekitar mencoba untuk menemukan "posisi yang tepat."

Para dokter akan mencoba memilih kawasan perut di mana rasa sakit berasal dikala memilih penyebab sakit perut. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan pertanyaan menyerupai - "Saat pertama kali mempunyai rasa sakit, di mana kamu merasakannya?" - Dengan investigasi perut. Menekan lembut pada area tertentu untuk mendapat rasa sakit dan mungkin meraba kawasan lain untuk menyidik ukuran dan lokasi yang sempurna dari organ yang kepingan lain dari investigasi fisik.

Ketika hal ini dikombinasikan dengan pertanyaan umum ihwal nyeri menyerupai "Apakah nyeri biasa atau tajam?" "Berapa usang Anda menderita nyeri itu?" dan pertanyaan ihwal kondisi kesehatan Anda - "Apakah Anda telah muntah?" - Praktisi perawatan kesehatan sanggup mempersempit kemungkinan penyebab rasa sakit.

Setelah pertanyaan dan investigasi fisik selesai, praktisi kesehatan baik akan memperlihatkan pasien diagnosis dan memperlihatkan saran tindak lanjut rekomendasi atau tes biar darah, dan mungkin sinar-X dan pencitraan untuk lebih membantu mengidentifikasi mengapa pasien kesakitan .


Jenis Jenis Sakit Perut

Nyeri viseral

Nyeri viseral secara eksklusif berkaitan dengan organ yang terlibat. Sebagian besar organ tidak mempunyai banyak saraf sensitif, lantaran itu, rasa sakit umumnya kurang parah dan kurang terlokalisasi. Pasien mungkin merasa sulit memperlihatkan dengan sempurna persis di mana rasa sakit itu. Rasa sakit sanggup digambarkan sebagai rasa tidak lezat atau sakit dan akan konstan atau intermiten.

Nyeri Parietal

Nyeri parietal terjadi jika ada iritasi pada lapisan peritoneum. Peritoneum mempunyai saraf lebih sensitif dibandingkan organ, lantaran itu, rasa sakit itu umumnya lebih berat dan gampang terlokalisasi. Pasien akan sanggup memperlihatkan rasa sakit dalam salah satu dari empat kuadran. Rasa sakit digambarkan sangat tajam dan biasanya konstan. Pasien biasanya akan berada dalam posisi yang terjaga, yang membantu mengurangi tekanan pada peritoneum dan memperlihatkan beberapa bantuan.

Nyeri Alih

Nyeri alih yaitu nyeri viseral yang dirasakan di kawasan lain dari tubuh. Untuk alasan ini, yaitu kurang terlokalisasi tetapi umumnya konstan secara alami. Contohnya yaitu dikala seorang pasien dengan problem hati mempunyai rasa sakit di leher atau di kepingan belakang sempurna di bawah tulang belikat.

Ciri-ciri

Sakit dari Rongga Viscera 

  • kram / ​​paroxismal
  • sering kurang terlokalisasi
  • berhubungan dengan gerak peristaltik
  • pasien menggeliat di atas meja


Sakit dari Iritasi peritoneal

  • stabil / konstan
  • sering terlokalisasi
  • pasien masih terletak dengan lutut ke atas


(sumber:emedicinehealth,emtresource)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel