Bacaan Niat Puasa Nazar Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Doaharianislami.com - Nazar intinya tidak terbatas pada puasa saja, akan tetapi sanggup juga dalam segala hal dalam kehidupan manusia. Nazar tentunya hanya untuk hal-hal yang baik saja, apabila nazar melaksanakan hal-hal buruk, tercela dan yang melanggar perintah Allah SWT sangat dilarang dilakukan.

Nazar merupakan kesepakatan seseorang untuk melaksanakan sesuatu hal apabila tujuan tercapai. Sedangkan berdasarkan istilah nazar merupakan suatu penetapan yang mewajibkan untuk melaksanakan sesuatu. Karena hal tersebut berkaitan dengan kesepakatan atau ikrar, baik yang lakukan untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain, maka hal tersebut menjadi wajib hukumnya untuk melaksanakan kesepakatan tersebut.

Apa itu puasa nazar?

Puasa Nazar ialah puasa yang wajib dilakukan oleh seseorang lantaran nazar atau kesepakatan yang dilakukan. Kaprikornus jikalau nazar atau janjinya terpenuhi ia wajib berpuasa, tetapi jikalau kesepakatan atau nazarnya tidak terpenuhi maka tidak wajib berpuasa. Misalnya seseorang yang sedang sakit parah bernazar apabila sembuh dari sakitnya ia akan puasa selama tiga hari. Dan tak usang lalu ia sembuh dari sakitnya dan sehat kembali, maka ia wajib melaksanakannya nazarnya itu. Atau pola lainnya seorang siswa bernazar apabila lulus ujian dengan nilai yang elok ia akan berpuasa 2 hari. Setelah mendapatkan hasil ujian ternyata ia menerima nilai yang bagus. Maka ia wajib juga melaksanakan nazarnya.

Baca juga : Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Hal tersebut sesuai dengan hadist berikut ini:

وَعَنْ عُمَرَرَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ اِنِّى نَذَرْتُ فِى الْجَاهِلِيَّةِ اَنْ اِعْتَكَفَ لَيْلَةً فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، قَالَ: فَاَوْفِ بِنَذَرْكَ

Artinya: Dari Umar ra, ia berkata, "Ya Rasulullah, bahwasanya saya bernazar pada masa jahiliyah akan beriktikaf semalam di Masjidil haram." Beliau bersabda, "Penuhilah nazarmu". (H.R Muttafaq 'Alaih)

Niat Puasa Nazar

Mengerjakan puasa nazar sama dengan melaksanakan puasa-puasa lainnya, baik itu puasa wajib maupun puasa sunah.Yang membedakan hanya niatnya yaitu untuk melaksanakan puasa nazar. Puasa nazar sanggup dikerjakan dengan cara berniat untuk menjalankan puasa sebagai pelaksanaan dari sesuatu yang dijanjikan atau di nazarkan sebelumnya. Berikut ini lafadz niat puasa nazar lengkap dengan latin dan artinya:

 Nazar intinya tidak terbatas pada puasa saja Bacaan Niat Puasa Nazar Lengkap Dengan Latin dan Artinya

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلّٰهِ تَعَالىَ

Nawaitu shauman nadzari lillaahi ta'aalaa

Artinya : "Aku niat puasa nazar alasannya yaitu Tuhan Ta'ala"

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Demikianlah mengenai niat puasa nazar dan sedikit klarifikasi mengenai apa itu nazar dan puasa nazar. Puasa nazar biasanya dilakukan saat seseorang telah berhasil dan hingga pada sesuatu yang menjadi keinginan, cita-cita, atau alasannya yang telah diwujudkan. Selanjutnya Puasa nazar juga dilakukan sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel