Niat Shalat Tasbih Dan Tata Cara Mengerjakannya

Niat Shalat Tasbih dan Tata Cara Mengerjakannya - Shalat tasbih merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan untuk kita mengamalkannya. Mengapa di sebut shalat Tasbih? alasannya ialah Shalat tasbih ialah shalat sunnah yang di dalamnya dibacakan kalimat tasbih dalam 4 rakaat yang berjumlah 300 tasbih.

Kita sanggup mengamalkannya shalat sunnah ini setiap malam, kalau tidak sanggup mengamalkannya setiap malam, maka sekali seminggu, kalau sekali seminggu tidak sanggup juga, sanggup pula dilakukan sebulan sekali atau setahun sekali. Dan kalau tidak sanggup sekali dalam setahun setidak-tidaknya sekali seumur hidup.

Niat Shalat Tasbih dan Tata Cara Mengerjakannya  Niat Shalat Tasbih dan Tata Cara Mengerjakannya

Jika mengerjakan shalat tasbih pada siang hari hendaknya dikerjakan empat rakaat dengan satu salam dan kalau mengerjakan shalat tasbih pada malam hari empat rakaat tersebut di jadikan dua salam (setiap dua rakaat salam).

Baca juga: Niat Sholat Rawatib Lengkap Dengan Waktu Pelaksanaannya

Walaupun aturan melaksanakan shalat tasbih ialah sunnah, namun tidak ada salahnya mempelajari tata cara shalat tasbih. Kita semua tentunya sudah mengetahui bahwa ibadah Sunnah merupakan amalan yang kalau dilakukan akan mendapat pahala sedangkan kalau ditinggalkan tidak akan berdosa. Berikut ialah tata cara mengerjakan shalat sunah tasbih.

Tata Cara Mengerjakan Shalat Tasbih

1. Berdiri menghadap kiblat, kemudian mengucapkan lafazd niat shalat tasbih.

Niat Shalat Tasbih dan Tata Cara Mengerjakannya  Niat Shalat Tasbih dan Tata Cara Mengerjakannya

Niat Shalat Tasbih

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى. اَللهُ اَكْبَرُ

Ushalli Sunnatat-tasbiihii rak’ataini lillaahi ta’aala. Allaahu Akbar

Artinya: "Aku niat shalat sunnah tasbih dua rakaat, alasannya ialah Allah ta'ala. Allahu Akbar"

2. Setelah simpulan membaca doa Iftitah, kemudian membaca surah Al-Fatihah, kemudian membaca surah apa saja yang di hafal. Kemudian sebelum ruku’ membaca tasbih 15 kali.


سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُلِلّٰهِ وَلَآاِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَةَ اِلَّابِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Subhaanallaahi wal-hamdu lillahi wa laa ilaaha illallaahu wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-‘aliyyil-‘azhiim.

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada yang kuasa selain Allah. Allah maha besar dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan kuasa Allah Yang Maha Luhur lagi Maha Agung" (15 kali)

3. Kemudian ruku’, dan sehabis membaca tasbih ruku’, kemudian membaca tasbih ibarat yang disebutkan diatas 10 kali. Kemudian I’tidal.

4. Setelah tahmid I’tidal, kemudian membaca juga tasbih 10 kali, kemudian sujud.

5. Di waktu sujud, sehabis tasbih sujud, kemudian membaca tasbih ibarat diatas 10 kali, kemudian duduk diantara dua sujud.

6. Jika sudah simpulan membaca doa duduk diantara dua sujud, kemudian membaca tasbih 10 kali, kemudian sujud yang kedua.

7. Pada sujud kedua sehabis membaca tasbih sujud, sehabis itu membaca tasbih 10 kali, lantas sebelum bangun ke rakaat kedua, kita hendaknya "duduk istirahah" kemudian sambil duduk istirahah kita membaca tasbih 10 kali.

Jika di hitung tasbih yang dibaca pada rakaat pertama berjumlah 75 kali tasbih dan 75 x 4 rakaat = 300 kali tasbih. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

  • Setelah membaca surah pada rakaat pertama bangun sambal membaca tasbih 15 kali.
  • Saat ruku membaca tasbih 10 kali.
  • Saat I'tidal membaca tasbih 10 kali
  • Saat sujud membaca tasbih 10 kali
  • Di ketika duduk diantara dua sujud membaca tasbih 10 kali
  • Saat sujud kedua membaca tasbih 10 kali.
  • Saat duduk istirahah hendak bangun membaca tasbih 10 kali.

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Apabila lupa membaca Tasbih di salah satunya, maka boleh diganti di ketika berikutnya semoga tasbih tetap berjumlah 300 kali. Demikianlah mengenai shalat sunah tasbih dan tata cara mengerjakannya. Semoga sanggup bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel