Tata Cara Berdoa Biar Cepat Di Kabulkan Allah Swt

Doaharianislami.com - Berdoa merupakan cara kita memohon atau meminta kepada Allah Swt dalam hal kebaikan, menyerupai halnya meminta kesehatan, keselamatan, meminta rezeki yang halal, meminta petunjuk, dan meminta biar diberi ketabahan dalam menghadapi ujian kehidupan.

Tujuan kita berdoa tentu saja untuk memohon biar hidup kita selalu dalam bimbingan Allah Swt, meminta pemberian dari godaan setan, memohon biar kita diberi keselamatan dunia akhirat, serta untuk mengungkapkan rasa syukur kita atas semua berkah dan rahmat yang semua Allah Swt berikan kepada kita. serta keinginan dan keinginan kita lainnya.

 Berdoa merupakan cara kita memohon atau meminta kepada Allah Swt dalam hal kebaikan Tata Cara Berdoa Agar Cepat Di Kabulkan Allah Swt

Namun seringkali kita berdoa hanya ketika tertimpa petaka saja, seharusnya kita berdoa dalam kondisi apapun, baik ketika susah maupun senang, ketika dalam keadaan sehat maupun sakit, selama kita masih diberi kehidupan di dunia ini. Kita harus sadar bahwa kita sebagai insan yakni makhluk ciptaan-Nya.

Baca : Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar

Ketika kita berdoa ada beberapa tata cara atau adabnya, supaya doa yang kita panjatkan di ijabah oleh Allah Swt. Untuk tata cara atau budpekerti ketika berdoa sangatlah banyak, diantaranya adalah:

1. Memilih waktu dan keadaan yang sempurna untuk berdo'a.
Untuk waktu dan keadaan yang mustajab untuk berdoa diantaranya adalah:
  1. Antara adzan dan iqomat. 
  2. Menjelang waktu sholat dan setelah sholat
  3. Waktu sepertiga malam yang terakhir 
  4. Sepanjang hari Jum'at 
  5. Antara Dzuhur dan Ashar, serta Ashar dan Maghrib
  6. Ketika khatam membaca Al-Qur'an 
  7. Ketika turun hujan 
  8. Ketika melaksanakan Tawaf 
  9. Ketika menghadapi musuh dimedan perang.
  10. Dalam berdo’a sebaiknya di ulang 3 (tiga) kali.

2. Berdoalah dengan menghadap kiblat.
Tidak hanya ketika sedang sholat saja ketika sedang berdoa kita juga dianjurkan untuk menghadap kiblat. Hal ini menurut sebuah hadits."Rasulullah tiba ke daerah wukuf di Arafah dan ia menghadap kiblat kemudian terus menerus berdoa sehingga karam matahari"

3. Sebelum berdoa membaca basmalah, istighfar dan hamdalah. Kemudian disusul dengan shalawat Nabi Muhammad Saw, keluarga dan sahabat-sahabatnya.
Salah seorang sobat Nabi berkata : "Ketika Nabi Muhammad saw duduk di masjid, tiba-tiba tiba seorang pria masuk, kemudian ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,'Allahummaghfirlii warhamnii'. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah puji-pujian kepada Allah. Karena ia yang mempunyai kebanggaan itu, kemudian Engkau baca shalawat kepadaku kemudian gres berdo'a .Kemudian tiba seorang yang lain setelah  shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdoalah akan dipenuhi."

4. Berdoalah dengan bersungguh-sungguh, Ikhlas, dengan bunyi lembut dan rasa takut.
Firman Allah Swt:"Berserulah (Berdo'a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan bunyi yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan di bumi sehabis (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat bersahabat kepada orang-orang yang berbuat baik." (Q.S. Al A'raf : 55-56)

5. Harus yakin doa kita akan dipenuhi.
Ketika berdoa kita harus yakin dan berprasangka baik kepada Allah, menyerupai dalam sebuah hadits berikut ini : "Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berfirman : Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa kalau ia berdoa kepadaKu".

Baca : Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap Dengan Artinya

Demikianlah mengenai beberapa budpekerti atau tata cara berdoa biar dikabulkan oleh Allah Swt, yang dapat diterapkan ketika sedang berdoa. berdoa dapat dilakukan kapanpun alasannya yakni doa yang kita panjatkan pasti akan didengar-Nya. Allah Swt Berfirman "Berdoalah kepadaKu, pasti saya akan mengabulkan do'a kalian.". dan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel