Pengertian Khamar (Minuman Keras) Pengaruh Negatif Dan Cara Menghindari Minuman Keras

A. Pengertian Khamar (Minuman Keras)
Khamr yakni minuman yang memabukan atau minuman keras (miras). Orang yang mengkonsumsi khamr sanggup mengakibatkan akalnya tertutup sehingga tidak sanggup mengingat siapa dirinya sendiri (mabuk). Rasulullah Saw. menetapkan khamr (miras) tidak semata dari materi untuk menciptakan khamr (miras), tetapi lebih dari efek yang ditimbulkan, yaitu memabukkan.

Khamr yang sanggup menciptakan seseorang menjadi mabuk dan sanggup menjadikan hilangnya nalar pikiran, menyerupai ganja, arak Tuak dan sejenisnya hukumnya yakni haram.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

yaa ayyuhaa ladziina aamanuu innamaa lkhamru walmaysiru wal-anshaabu wal-azlaamu rijsun min 'amali sysyaythaani fajtanibuuhu la'allakum tuflihuun

إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ ۖ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ

innamaa yuriidu sysyaythaanu an yuuqi'a baynakumu l'adaawata walbaghdhaa-a fii lkhamri walmaysiri wayashuddakum 'an dzikri laahi wa'ani shshalaati fahal antum muntahuun

“(90).Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan panah yakni perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan- perbuatan) itu semoga kau beruntung. (91). Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kau dari mengingat Allah dan melakukan śalat, maka tidakkah kau mau berhenti?” (QS Al-Maaidah/5 : 90-91)

B. Dampak Negatif Orang yang Meminum Minuman Beralkohol

Dampak orang yang meminum minuman beralkohol
a. Aspek Fisik (Kesehatan Fisik/Fisiologis)

1) Mengkonsumsi minuman beralkohol sanggup menciptakan seseorang menjadi mabuk dan mengakibatkan seseorang mengalami sakit kepala, mual, muntah serta nyeri pada serpihan tubuh tertentu.

2) Berat tubuh menjadi naik alasannya yakni minuman beralkohol mempunyai kadar kalori dan gula yang tinggi.

3) Tekanan darah tinggi alasannya yakni minuman beralkohol sanggup pemicu tekanan darah.

4) Menurunnya kekebalan tubuh sanggup tubuh sanggup dengan gampang terjangkit infeksi.

5) Semakin sering dan semakin banyak jumlah alkohol yang anda konsumsi, semakin besar resiko terjangkit penyakit kanker, penyakit jantung, gangguan pernafasan dan gangguan pada organ hati.

b. Dampak Gangguan Jiwa (Psikologis)
1) Gangguan Daya Ingat.
Gangguan ingatan biasanya merupakan ciri yang awal don menonjol pada demensia, khususnya pada demensia yang mengenai korteks, menyerupai demensia tipe Alzheimer. Pada awal perjalanan demensia, gangguan daya ingat yakni ringan dan paling terperinci untuk insiden yang gres terjadi.

2) Orientasi.
Karena daya ingat yakni penting untuk orientasi terhadap orang, waktu dan tempat, orientasi sanggup terganggu secara progresif selama perialanan penyakit demensia.

3) Gangguan Bahasa.
Proses demensia yang mengenai korteks, terutama demensia tipe Alzheimer dan demensia vaskular, sanggup mempengaruhi kemampuan berbahasa pasien. Kesulitan berbahasa ditandai oleh cara berkata yang samar-samar, stereotipik tidak tepat, atau berputar-putar.

4) Perubahan Kepribadian.
Perubahan kepribadian merupakan citra yang paling mengganggu bagi keluarga pasien yang terkena. Pasien demensia mempunyai waham paranoid. Gangguan frontal dan temporal kemungkinan mengalami perubahan keperibadian yang jelas, gampang murka dan meledak – ledak.

5) Psikosis.
Diperkirakan 20-30% pasien demensia tipe Alzheimer, mempunyai halusinasi, dan 30-40 % mempunyai waham, terutama dengan sifat paranoid atau persekutorik dan tidak sistematik.

C. Cara Menghindari Minuman Keras
Adapun cara menghindari minuman keras yakni sebagai berikut:

1) Mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan selalu ingat terhadap tujuan hidup kita.

2) Menjaga diri kita dari hal-hal yang sekiranya merusak dan tidak mempunyai kegunaan bagi diri sendiri atau orang banyak.

3) Dapat membedakan mana yang boleh dilakukan dan mana yang dihentikan dilakukan.

4) Menanamkan sifat yang baik dan memberi pola yang baik pada kepada anggota keluarga semoga tidak terjerumus pada minuman keras dan pergaulan yang tidak wajar.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan wacana pengertian khamar (minuman keras) dampak negatif dan cara menghindari minuman keras. Sumber buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII MA Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel