Bahasa Arabnya 'Indonesia'?

Sahahat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta’ala-. Menulis di blog merupakan salah satu cara saya untuk memaksa diri untuk terus belajar. Apa yang dipelajari dan ditulis akan terekam dengan berpengaruh di dalam ingatan.

Terbukti saat sedang mengajar di kelas pada bulan Februari 2019, saya dituntut untuk bercerita sedikit wacana salah satu tokoh jago Nahwu, Sibawaih. Dan alhamdulillah tanpa ada keraguan saya sanggup menceritakannya, alasannya ialah saya pernah menulis biografinya walaupun pada tahun 2015.

Maka saran saya, apa yang telah Anda pelajari di blog ini usahakan untuk menyalinnya pada buku tulis atau buku saku.

Selain ingin belajar, saya juga ingin membuatkan ilmu yang pernah saya pelajari, serta membantu orang-orang yang mengunjungi Mbah Google untuk mencari balasan dan solusi atas duduk masalah dan permasalahan mereka terkait bahasa Arab.

Sahabat yang baik hati dan rajing menabung. Dahulu saya pernah menulis daftar nama-nama negara Asia Tenggara dan cara penulisannya dalam bahasa Arab. Yang belum pernah membacanya, silahkan klik tautan tersebut.

Nah, beberapa hari yang kemudian saya mendapati ada kata kunci yang juga banyak dicari orang namun belum ada yang menulisnya, yaitu ‘bahasa Arabnya Indonesia’.
 yang semoga selalu dalam lindungan Allah  Bahasa Arabnya 'Indonesia'?
Walaupun jawabannya ada pada goresan pena saya di atas, namun belum nyangkut di beranda Google. Makanya saya tertarik untuk menciptakan goresan pena tersendiri sebagai balasan atas pertanyaan tersebut. Harapannya sanggup terdampar di sana. Aamiin...

Dan semoga tulisannya terlihat lebih banyak, akan saya berikan pelengkap dengan beberapa kata-kata yang mempunyai kaitan dengannya, serta beberapa ungkapan yang saya rasa masih relevan. Langsung saja, selamat membaca.
  1. Yang pertama dan intinya: bahasa Arabnya Indonesia (إِنْدُوْنِيْسِيَا).
  2. Negara Republik Indonesia (جُمْهُوْرِيَّةُ إِنْدُوْنِيْسِيَا).
  3. Presiden Republik Indonesia (رَئِيْسُ جُمْهُوْرِيَّةُ إِنْدُونِيْسِيَا).
  4. Jakarta ialah ibukota Indonesia (جَاكَرْتَا عَاصِمَةُ إِنْدُوْنِيْسِيَا).
  5. Bahasa Arabnya ‘Asia Tenggara’ (جَنُوْبُ شَرْقِ آسِيَا).
  6. Apa kebangsaanmu? (مَا جِنْسِيَّتُكَ ؟).
  7. Saya (lk) warga Indonesia (أَنَا إِنْدُونِيْسِيٌّ).
  8. Saya (pr) warga Indonesia (أَنَا إِنْدُونِيْسِيَّةٌ).
  9. Saya lahir di Indonesia (وُلِدْتُ فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا).
  10. Saya cinta Indonesia (أُحِبُّ إِنْدُوْنِيْسِيَا).
  11. Indonesia tanah airku (إِنْدُوْنِيْسِيَا وَطَنِي).
  12. Indonesia merdeka pada tahun 1945 (اِسْتَقَلَّتْ إِنْدُوْنِيْسِيَا عَامَ أَلْفٍ وَتِسْعِمِائَةٍ وَخَمْسَةٍ وَأَرْبَعِيْنَ).
  13. Indonesia ialah negara Islam terbesar di dunia (إِنْدُوْنِيْسِيَا أَكْبَرُ دَوْلَةٍ إِسْلَامِيَّةٍ فِي العَالَـمِ).
  14. Rupiah ialah mata uang Indonesia (الرُوْبِيَةُ عُمْلَةُ إِنْدُوْنِيْسِيَا).
  15. Indonesia ialah negara kepulauan (إِنْدُوْنِيْسِيَا أَرْخَبِيْلٌ).
  16. Bahasaku ialah Indonesia (لُغَتِى إِنْدُوْنِيْسِيَّةٌ).

Dan ini ada beberapa satuan kosakata bahasa Arab dari ungkapan-ungkapan di atas:
  • Benua (قَارَةٌ جـ قَارَاتٌ).
  • Negera (دَوْلَةٌ جـ دُوَلٌّ).
  • Negara Republik (جمهورية جـ جُمْهُوْرِيَّاتٌ).
  • Ibukota (عَاصِمَةٌ جـ عَوَاصِمُ).
  • Bendera (عَلَمٌ جـ أَعْلَامٌ).
  • Mata Uang (عُمْلَةٌ جـ عُمْلَاتٌ).
  • Tanah air (وَطَنٌ جـ أَوْطَانٌ).
  • Kepulauan (أَرْخَبِيْلٌ جـ أَرْخَبِيْلَاتٌ).
  • Bahasa (لُغَةٌ جـ لُغَاتٌ).

Yah itu saja yang sanggup saya bagikan, semoga sanggup bermanfaat. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, terima kasih atas kunjungannya. Wa jazaakumullahu khairan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel