Contoh Soal Latihan Essay Dan Tanggapan Aqidah Watak Bahan Dongeng Fatimah Dan Uwais Al-Qarni Kelas Xi Ma

Soal Ulangan dan Jawaban Uraian Aqidah Akhlak Kisah Fatimah dan Uwais al-Qarni Kelas 11 Aliyah

Jawablah dengan benar soal Uraian bawah ini.

1. Jelaskan bagaimana sosok Fatimatuzzahrah dalam pandangan anda?
2. Bagaimana figur Uwais al-Qarni dalam pandangan anda?
3. Apa saja sifat-sifat utama dari Fatimatuzzahrah dan Uwais al-Qarni?
4. Apa teladan yang sanggup diambil dari sosok Fatimatuzzahrah kalau dikaitkan dengan kondisi dikala ini?
5. Apa teladan yang sanggup diambil dari sosok Uwais al-Qarni kalau dikaitkan dengan kondisi dikala ini?

Kunci jawaban: 
1. Fatimatuzzahra yaitu putri Nabi Muhammad Saw dan Khadijah. Ketika sudah sampaumur beliau menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Dari ijab kabul tersebut melahirkan Hasan dan Husein. Fatimah sangat populer di dunia Islam, alasannya yaitu hidupnya paling akrab dan paling usang dengan Rasulullah Saw. Rasulullah sendiri sangat menyayanginya. Dari dialah keturunan Nabi Saw berkembang dan tersebar di hampir seluruh negeri Islam.

Fatimah dilahirkan di Makkah pada tanggal 20 Jumadil Akhir, 18 tahun sebelum Nabi Saw. hjirah (tahun ke-5 dari kerasulan). Dia yaitu putri bungsu Rasulullah Saw. sesudah berturut-turut Zainab, Ruqayyah, dan Ummu Kulsum. Saudara lakilakinya yang tertua, Qasim dan Abdullah, meninggal dunia pada usia muda.

2. Uwais al-Qarni yaitu salah seorang penduduk Yaman, aeran Qarn dari kabilah Murad. Ayahnya sudah tiada dan beliau hidup bersama ibunya dan sangat berbakti kepadanya. Uwais al-Qarni pernah mengidap penyakit kusta, lau berdoa kepada Allah swt kemudian diberi kesembuhan, tetapi masih ada bekas sebesar dirham di kedua lengannya. Menurut keterangan, Nabi Muhammad saw menyampaikan bahwa Uwais al-Qarni yaitu pemimpin para tabi’in.

Fatimah yaitu seorang perempuan yang agung, spesialis aturan Islam. Dari Fatimah inilah banyak diriwayatkan hadis Nabi Saw. Dialah tokoh perempuan dalam bidang kemasyarakatan. Orangnya sangat sabar dan bersahaja, akhlaknya sangat mulia.

3. Uwais al-Qarni juga figur yang sangat hormat dan taat kepada ibunya. Sebagian hidupnya dipakai untuk merawat dan mendampingi ibu yang sangat disayangi. Walaupun ia menerima perhatian sanga penguasa waktu itu yaitu Umar bin Khattab, tetapi Uwais al-Qarni tidak memanfaatkan akomodasi dan kesempatan tersebut untuk bersenang-senang. Justru Uwais al-Qarni tidak mau diperlakukan istimewa, justru sebaliknya beliau ingin diperlakukan sama dengan rakyat yang lain.

4. Banyak hal yang sanggup diambil teladan dari sosok Fatimah kalau dikaitkan dengan masa sekarang, terutama kaum perempuan. Fatimah yaitu seorang perempuan yang agung, spesialis aturan Islam. Dari Fatimah inilah banyak diriwayatkan hadis Nabi Saw. Dialah tokoh perempuan dalam bidang kemasyarakatan. Orangnya sangat sabar dan bersahaja, akhlaknya sangat mulia. Dari citra tersebut sanggup disimpulkan bahwa kaum muda an kita semua terutama kaum perempuan sanggup menggandakan dan mencontoh ϐisgur Fatimah tersebut.

5. Banyak teladan yang sanggup dicontoh dan dipraktekkan dari sosok Uwais al-Qarni untuk masa sekarang. Karena ia yaitu ϐigur yang sangat hormat dan taat kepada ibunya. Sebagian hidupnya dipakai untuk merawat dan mendampingi ibu yang sangat disayangi. Walaupun ia menerima perhatian sanga penguasa waktu itu yaitu Umar bin Khattab, tetapi Uwais al-Qarni tidak memanfaatkan akomodasi dan kesempatan tersebut untuk bersenang-senang. Justru Uwais al-Qarni tidak mau diperlakukan istimewa, justru sebaliknya beliau ingin diperlakukan sama dengan rakyat yang lain.

KD : 3.5 Menganalsisis sifat-sifat utama Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwais al-Qarni

1) Menjelaskan sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uwais al-Qarni
2) Menunjukkan sifat-sifat utama Fatimatuzzara dan Uwais al-Qarni

Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel