Kepemimpinan Dinasti Umayyah Ii Di Andalusia (Spanyol)

Perkembangan Islam Pada Masa Daulah Bani Umayyah di Andalusia (Spanyol)
A. Periode Pertama (711 -755 M)
Spanyol di bawah pemerintahan Wali yang diangkat Khalifah di Damaskus. Pada masa ini masih terdapat gangguan dari dalam, antara lain antar elit penguasa akhir perbedaan etnis dan golongan. Antara Khalifah di Damaskus dan Gubernur Afrika Utara di Kairawan saling mengklaim paling berhak menguasai Spanyol, sampai terjadi pergantian Gubernur sebanyak 30 kali dalam waktu singkat. Perbedaan etnis antara suku Barbar dan Arab mengakibatkan konflik politik sehingga tidak ditemukan figure yang tangguh.

B. Periode Kedua (755-912 M)
Penguasa Spanyol periode ini:

1) Abdurrahman al-Dakhil, berhasil mendirikan masjid di Cordova dan sekolah-sekolah.
2) Hisyam I, berhasil menegakkan aturan Islam.
3) Hakam I, sebagai pembaharu bidang militer.
4) Abdurrahman al-Ausath, penguasa yang cinta ilmu.
5) Muhammad bin Abdurrahman
6) Munzir bin Muhammad
7) Abdullah bin Muhammad

Pada era ke-9, stabilitas negara terganggu akhir gerakan Martyrdom Nasrani fanatik yang mencari kesyahidan.Namun pihak Gereja tidak mendukung gerakan itu alasannya ialah pemerintah Islam berbagi kebebasan beragama.Pemerintah menyediakan peradilan aturan khusus Nasrani dan tidak dihalangi untuk bekerja sebagai pegawai pada instansi militer. Gangguan juga timbul akhir pemberontak di Toledo, percobaan revolusi yang dipimpin Hafshun yang berpusat di pegunungan akrab Malaga, serta perselisihan orang Barbar dan Arab.

C. Periode Ketiga (912-1013 M)
Dimulai oleh Abdurrahman an-Nashir, Spanyol di bawah pemerintahan bergelar Khalifah (mulai tahun 929 M). Bermula dari informasi terbunuhnya Khalifah al-Muqtadir oleh pengawalnya sendiri, menurutnya ini dikala yang sempurna untuk menggunakan gelar Khalifah sesudah 150 tahun lebih hilang dari kekuasaan Bani Umayyah. Sejarah tidak pernah leas dari masa Khalifah yang memerintah pada periode ini antara lain:

a. Abdur Rahman III (300-350 H/912-961 M)
Abdur Rahman menggantikan kedudukan ayahnya pada usia 21 tahun. Penobatannya disambut dan diterima segenap kalangan. Pada tahun 301H/913 M, Abdur Rahman mengumpulkan pasukan militer yang sangat besar. Pihak perusuh dan pihak musuh gentar dengan kekuatan militer Abdur Rahman III. Dengan demikian tanpa perlawanan ia menaklukkan kota-kota besar di pecahan utara Spanyol, kemudian Saville. Suku Berber dan umat Nasrani Spanyol yang selama ini menjadi perintang, tunduk kepada Abdur Rahman III. Hanya masyarakat Toledo yang berusaha melawan sang Sultan, namun segera sanggup ditundukkan. Selanjutnya Abdur Rahman mengerahkan pasukannya ke pecahan utara Spanyol untuk menundukkan umat Nasrani wilayah ini yang senantiasa berusaha menghancurkan kekuatan Muslim

Dua tahun dari masa penobatan Abdur Rahman III, Ordano II, kepala suku Leon, tiba menyerbu beberapa wilayah lslam. Pada dikala itu Abdur Rahman sedang terlibat perselisihan dengan Khalifah Fatimiyah di Mesir. Ahmad lbn Abu Abda ditunjuk memimpin pasukan untuk menghadapi pasukan Ordano II. Setelah terdesak Ordano ll kemudian bersekutu dengan Sancho, kepala suku Navarre. Suku Leon dan suku Navarre dihancurkan oleh pasukan yang dipimpin oleh Abdur Rahman sendiri, bersamaan dengan terbunuhnya Ordano ll dan Sancho. Penguasa Muslim Spanyol selama ini berkedudukan sebagai Amir atau Sultan. Abdur Rahman merupakan orang pertama yang mengklaim kedudukannya sebagai khalifah dengan gelar an-Nasir Li Dinillah (penegak agama Allah), sesudah ia berhasil dalam usaha menumpas pemberontakan Nasrani suku Leon dan Navarre. Dengan demikian pada masa ini terdapat dua khalifah Sunni di dunia Islam: Khalifah Abbasiyah di Bagdad dan Khalifah Umayyah dispanyol, dan seorang khalifah Syi’ah Fatimiyah Afrika Utara.

b. Hakam II (350-366 H/961-976 M)
Hakam II menggantikan kedudukan ayahnya, Abdur Rahman. Pada masa ini pimpinan suku Navarre, yang semula telah mengakui otoritas pemerintahan Islam semasa Abdur Rahman III, berusaha melepaskan diri dengan anggapan bahwa Hakam yang populer suka perdamaian dan bakir tersebut tidak akan menuntut ketentuan dalam perjanjian sebelumnya, dan seandainya beliau menentukan jalan perang pasti kekuatan Hakam tidak sekuat kecakapan militer ayahnya. Tapi ternyata bahwa Hakam mengambarkan dirinya tidak hanya sebagai orang bakir melainkan juga pemimpin militer yang cakap. Sancho, pimpinan Nasrani suku Leo, dan pimpinan Nasrani lainnya ditundukkan ketika melancarkan pemberontakan.

Ia juga mengerahkan pasukannya yang dipimpin Ghalib ke Atrika untuk menekan kekuatan Fatimiyah. Ghalib mencapai sukses menegakkan kekuasaan Umayyah Spanyol di Afrika Barat. Suku Berber di Maghrawa, Mikansa, dan Zenate mengakui kepemimpinan Hakam.

Setelah berhasil mengamankan situasi politik dalam negeri, Hakam selanjutnya mengatakan jati dirinya dalam gerakan pendidikan. la mengungguli seluruh penguasa sebelumnya dalam aktivitas intelektual. Ia mengirimkan sejumlah utusan ke seluruh wilayah timur untuk membeli buku-buku dan manuskrip, atau harus menyalinnya bila sebuah buku tidak terbeli sekalipun dengan harga mahal untuk dibawa pulang ke Cordoba.

Dalam gerakan ini ia berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 100.000 buku dalam perpustakaan negara di Cordoba. Katalog perpustakaan ini terdiri 44 jilid. Para ilmuan, filosof dan ulama sanggup secara bebas memasukinya. Untuk meningkatkan kecerdasan rakyatnya, ia mendirikan sejumlah sekolah di ibukota. Hasilnya, seluruh rakyat Spanyol mengenal baca tulis. Sementara itu umat Nasrani Eropa, kecuali-para pendeta, tetap dalam kebodohan, masyarakat atasan sekalipun. Universitas Cordoba merupakan universitas termasyhur di dunia pada dikala itu. Dengan meninggalnya Hakam pada tahun 366 H/976 M, masa kejayaan Dinasti Umayyah di Spanyol berakhir.

c. Hisyam II
Hakam mewariskan kedudukannya kepada Hisyam II, anaknya yang gres berusia sebelas tahun. Karena usianya yang terlalu belia, ibunya yang berjulukan Sulthana Subh dan seorang yang berjulukan Muhammad bin Abi Amir mengambil alih kekuasaan pemerintahan. Muhammad bin Abi Amir seorang yang sangat ambisius. Setelah berhasil merebut jabatan perdana menteri, ia menggelari namanya sebagai Hajib al-Manshur. Ia merekrut militer dari kalangan suku Berber menggantikan militer Arab. Dengan kekuatan militer Berber inilah berhasil menundukkan kekuatan Nasrani di wilayah utara Spanyol, dan berhasil memperluas efek Bani Umayyah di Barat Laut Afrika. Ia hasilnya memegang seluruh cabang kekuasaan negara, sementara sang khalifah tidak lebih sebagai boneka mainannya. Surat resmi dan maklumat negari diterbitkan atas namanya.

Hajib Al Manshur meninggal tahun 393 H/1002 M di Madinaceli. Ia merupakan negarawan dan jenderal Arab yang terbesar di Spanyol. Ia merupakan seorang jenderal yang paling berjasa yang pernah hidup di Spanyol. Pada masa ini, rakyat lebih makmur daripada masa sebelumnya. Ia digantikan oleh anaknya yang berjulukan al-Muzaffar yang berhasil mempertahankan kondisi ini selama enam tahun.

Sepeninggal al-Muzaffar, Spanyol dilanda banyak sekali kerusuhan. Muzaffar mewariskan jabatan Hajib kepada saudaranya yang berjulukan Abdur Rahman yang menerima julukan “Sanchol”. Ia lebih ambisius daripada pendahulunya, karena ia menginginkan jabatan sebagai khalifah Cordoba

d. Sulaiman
Muhammad al-Mahdi digantikan tokoh Umayyah lainnya yang berjulukan Sulaiman. Semenjak masa ini proses kemunduran dan kejatuhan kekhalifahan Spanyol berlangsung secara cepat. Tidak beberapa usang Hisyam II merebut jabatan khalifah untuk kedua kalinya. Bersamaan dengan ini Kordoba, sentra kekhilafahan Spanyol, dilanda kekacauan politik. Akhirnya pada tahun 1013 M dewan menteri yang memerintah Cordoba menghapuskan jabatan khalifah.

Pada dikala ini kekuatan Muslim Spanyol terpecah dalam banyak negara kecil di bawah pimpinan raja-raja atau muluk al Thawaif. Tercatat lebih tiga puluh negara kecil yang berpusat di Seville, Cordoba, Toledo dan lain-lain.

Kekuatan Nasrani wilayah utara Spanyol bergerak untuk bangkit. Kekacauan pemerintahan sentra dimanfaatkan mereka sebaik-baiknya. Alfonso VI, penguasa Castille yang menjabat semenjak tahun 486 H/1065 M. berhasil menyatukan tiga basis kekuatan Kristen: Castile, Leon, dan Navarre, menjadi sebuah kekuatan militer ahli untuk menyerbu Toledo.

D. Periode Keempat (1013-1086 M)
Spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil dibawah pemerintahan alMuluk ath-Thawaif (raja-raja golongan) berpusat di Seville, Cordova, Toledo dan sebagainya. Konflik internal antar raja terjadi dan mereka yang bertikai sering meminta proteksi raja-raja Kristen.Orang-orang Nasrani yang melihat kelemahan ini pun memulai inisiatif penyerangan. Meski situasi politik tidak stabil, namun pendidikan dan peradaban terus berkembang alasannya ialah para sarjana dan sastrawan terlindungi dari satu istana ke istana lain.

E. Periode Kelima (1086-1248 M)
Meski terpecah dalam beberapa negara, terdapat kekuatan secara umum dikuasai yaitu Dinasti Murabithun (1086-1143 M) dan Dinasti Muwahhidun (1146-1235 M). Dinasti Murabithun didirikan Yusuf bin Tasyfin di Afrika Utara. Memasuki Spanyol tahun 1086 M dengan mengalahkan pasukan Castilia. Perpecahan di kalangan Muslim mengakibatkan Yusuf bin Tasyfin gampang menguasai Spanyol. Tahun 1143 M kekuasaannya berakhir alasannya ialah para penggantinya lemah dan diganti DInasti Muwahhidun yang didirikan Muhammad bin Tumart tahun 1146 M. Untuk beberapa decade mengalami kemajuan dan sesudah itu mengalami kemunduran akhir serangan tentara Nasrani di Las Navas de Tolessa 1212 M, di Cordova 1238 M, dan Seville 1248 M. Seluruh kekuasaan Islam lepas kecuali Granada.

F. Periode Keenam (1248-1492 M)
Granada dikuasai Bani Ahmar (1232-1492 M) dan mengalami kemajuan peradabanseperti masa Abdurrahman al-Nashir.Namun secara politik mereka lemah alasannya ialah perebutan kekuasaan. Abu Abdullah Muhammad tidak bahagia pada ayahnya yang menunjuk anaknya yang lain menggantikan sebagai raja. Ayahnya terbunuh dan diganti Muhammad bin Sa'ad. Abu Abdullah pun meminta proteksi Raja Ferdinand dan Isabella yang hasilnya ia naik tahta. Namun Ferdinand dan Isabella ingin merebut kekuasaan Islam dan dengan terus menyerang kekuasaan Islam.Abu Abdullah mengalah dan hijrah ke Afrika Utara.Umat Islam dihadapkandua pilihan yakni masuk Nasrani atau pergi dari Spanyol. Tahun 1609 M tidak ada lagi umat Islam di kawasan ini.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal kepemimpinan Dinasti Umayyah II di Andalusia (Spanyol). Sumber Modul 4 Perkembangan Islam Sesudah Masa Khulafaur Rasyidin, Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Kementerian Agama Republik Indonesia 2018.  Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel