Contoh Soal Latihan Dan Balasan Fiqih Bahan Kaidah Ushuliyah Kelas Xii Ma

Soal dan Jawaban Fiih Materi Kaidah Ushuliyah Kelas XII Aliya
A. Pilihlah balasan yang paling benar dengan memperlihatkan tanda silang pada huruf
A, B, C, D, atau E.

1. Amr yang terdapat pada firman Allah ta’ala, ”مثله من بسورة فأتوا “ memperlihatkan arti...
a. Ibahah
b. Ikram
c. Tahdid
d. Ta’jiz
e. Irsyad

2. Menurut pendapat lebih banyak didominasi ulama, amr yang tidak disertai dengan qarinah (indikasi) yang sanggup memalingkan makna aslinya ke makna yang lain memperlihatkan arti...
a. Sunnah
b. Mubah
c. Mustahab
d. Wajib
e. Jawaban A dan C benar

3. Amr yang sebelumnya didahului dengan larangan, sebagaimana sabda Rasulullah Saw.”

كنت نهيتكم عن ادخار حلوم األضايح من أجل ادلافة اليت دفت, فلكوا وادخروا.

berdasarkan pandapat lebih banyak didominasi ulama memperlihatkan hukum...
a. Sunnah
b. Mubah
c. Mandub
d. Makruh
e. Wajib

4. الفور يقتيض ال األمر يف األصل .Maksud dari qaidah ushuliyyah ini adalah...
a. Perintah mutlak yang tidak disertai dengan qarinah (indikasi) memperlihatkan bolehnya sesuatu yang diperintahkan untuk dikerjakan
b. Prosedur perintah senantiasa tiba dari yang lebih tinggi kepada yang lebih rendah
c. Hukum asal perintah ialah wajib
d. Perintah mutlak harus dilaksanakan sesegera mungkin
e. Perintah yang tidak disertai dengan qarinah (indikasi), tidak mengharuskan pelaksanaan ma’mur bih (satu hal yang diperintahkan) secepat mungkin

6. Nahi (larangan) yang terdapat pada firman Allah Swt,
 ال تسئلوا عن أشياء إن تبد لكم تسؤكم
memperlihatkan arti ....
a. Ta’dzim
b. Tahrim
c. Irsyad
d. Karahah
e. Tahdid

7. Semua lafadh di bawah ini ialah lafadh ‘am, kecuali...
a. Lafadh mufrad yang dima’rifatkan dengan “al”
b. Lafadh jama’ yang memakai alif lam jinsiyyah
c. Lafadh mufrad yang memakai alif lam jinsiyyah
d. Lafadh kullun yang diidhafahkan
e. Lafadh tatsniyyah

8. Lafadh ‘am ialah lafadh yang mengandung pengertian umum tanpa batas, yang seluruh anggota lafadh tersebut tercakup di dalamnya dengan sekali sebut. Kalimat “dengan sekali sebut” pada definisi lafadh ‘am di atas, untuk membedakan lafadh tersebut dengan lafadh...
a. Muqayyad
b. Musytarak
c. Mujmal
d. Mutlaq
e. Khos

9. Memalingkan lafadh ‘am dari keumumannya, dengan mengeluarkan sebagian anggota yang ia miliki sehingga keterkaitan aturan terbatas pada anggota lafadh ‘am yang tersisa disebut...
a. Bayan al-mukhassis
b. Taqyid al-‘am
c. Takhsish al-‘am
d. Taqsim al-‘am
e. Al-‘amal bi ‘umum al-‘am

10. Kategori mukhassis yang tidak sanggup bangkit sendiri, dan maknanya senantiasa terkait dengan lafadh sebelumnya disebut...
a. Al-mukhassis al-mufarraq
b. Al-mukhassis al-muttasil
c. Al-mukhasissis al-mubayyan
d. Al-mukhassis al-munfasil
e. Al-mukhassis al-muqayyid

Kunci jawaban:
1. D      6. C
2. D      7. E
3. B      8. B
4. D      9. C
5. C      10. B

B. Jawablah dengan singkat!

 االمر طلب الفعل من االىلع اىل االدىن 1 ialah definisi dari ....
2. Bentuk lafal amar di antaranya sanggup dinyatakan dengan ....., dan .......
3. بضده امر الشئ عن انلىه ialah kaidah nahi yang berarti .........
4. Yang dimaksud dengan lafaz ‘amm ialah ..........
5. Al- Qur’an hanya sanggup ditakhsis oleh ........dan .......
6. Lafadh yang belum terang yang tidak sanggup memperlihatkan arti yang bergotong-royong apabila
tidak ada keterangan lain yang menjelaskannya ialah pengertian dari ....
7. Lafadh يسجد memiliki dua arti yang sama-sama hakiki, maka ia disebut ....
8. Pengertian dari lafaz mutlaq ialah ....
9. Di antara syarat ta’wil ialah ........ dan ......
10. Yang dimaksud dengan mafhum mukhalafah ialah .....

Kunci Jawaban singkat:
1. Amr
2. fi’il amar, masdar, jumlah khabariyah
3. Perintah terhadap sesuatu larangan terhadap lawannya
4. umum
5. al-Qur’an dan sunnah
6. mujmal
7. musytarok
8. lafadz yang tidak terikat
9. syarat takwil berdasarkan dalil yang shahih tidak bertentangan dengan nash yang qath’i
10. yang dipahami beda dengan yang ditampilkan

C. Jawablah Pertanyaan Berikut denga Jelas!
1. Berilah pola lafadh mutlaq dari al Qur’an!
2. Sebutkan pola lafadh muqoyyad dari al Qur’an!
3. Sebutkan pola makna mafhum dari firman Allah!
4. Apakah pengertian mujmal? Jelaskan!
5. Apakah pengertian mubayan? Jelaskan!

Kunci balasan uraian:
1. QS. Al Mujadalah (58) : 3,
َٱلَّذِينَ يُظَٰهِرُونَ مِن نِّسَآئِهِمْ ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا قَالُوا۟ فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ
Orang-orang yang menzhihar isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak

2. Contohnya dalam QS. An Nisa’ (4): 92 :
ووَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ أَن يَقْتُلَ مُؤْمِنًا إِلَّا خَطَـًٔا ۚ وَمَن قَتَلَ مُؤْمِنًا خَطَـًٔا فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُّؤْمِنَةٍ

Dan tidak layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali alasannya ialah tersalah (tidak sengaja), dan barangsiapa membunuh seorang mukmin alasannya ialah tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman

3. Contoh Mafhum di antaranya ialah sebagai berikut

4. Secara bahasa mujmal berarti kurang jelas dan beragam/majemuk. Mujmal ialah suatu lafal yang belum jelas, yang tidak sanggup memperlihatkan arti bergotong-royong apabila tidak ada keterangan lain yang menjelaskan.

5. Pengertian Mubayyan
Mubayyan artinya yang dinampakkan dan yang dijelaskan, secara istilah berarti lafadz yang sanggup dipahami maknanya berdasar asal awalnya atau sehabis dijelaskan oleh lainnya. Al Bayyan artinya ialah penjelasan, di sini maksudnya ialah menjelaskan lafal atau susunan yang mujmal.

Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel