Manfaat Dahsyat Puasa Senin Kamis


Assalamualaikum Wr. Wb. Apakabar kawan Cerita pola muslim pada peluang ini Kita Mengupas Mengenai Manfaat Puasa Senin Kamis ajuan dalam Islam, berpuasa mempunyai fungsi yang hebat dan beragam. Nabi Muhammad berkala melaksanakan ibadah puasa Senin Kamis. Itulah sebabnya, puasa jenis ini dihukumi sunnah. Sebagian umat Islam di seluruh dunia mengikuti sunnah tersebut.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat puasa Senin Kamis tentunya secara spiritual, yakni menerima pahala. Namun, disisi lain terdapat bermacam-macam faedah lainnya, salah satunya dari segi kesehatan. Sejumlah pakar menyebutkan puasa sanggup menolong mempertahankan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Sebut saja misalnya proses pencucian badan, utamanya alat pencernaan dan detoksifikasi racun. Menurunkan tekanan darah dan kadar lemak.
Puasa pun berfaedah untuk mempertahankan mudah-mudahan kita senantiasa awet muda. Karena, puasa bisa menghalangi proses penuaan sel-sel dalam tubuh. Alhasil, fisik kita terlihat lebih segar.

Selain itu, puasa juga dapat menjadi alat pengendali nafsu seks. Jangan salah, nafsu seks tak terkendali bisa membahayakan. Itulah gunanya puasa Senin Kamis yang mau menjadi pengatur ritme dan mengontrol nafsu hewani tersebut. Sehingga, kehidupan seks Anda akan lebih baik.

Dahsyatnya Puasa Senin Kamis

Puasa merupakan ibadah yang umum dijalankan insan sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini bisa dilihat dari catatan sejarah yang ada. Sebagian insan pada zaman dulu mempraktikkan puasa selaku ritual yang diandalkan untuk menampilkan kesehatan bahkan keabadian. Di antaranya orang-orang Mesir Kuno yang meyakini bahwa keistimewaan kuliner akan memunculkan munculnya aneka macam macam penyakit.

Aflaton dan Socrates, filsuf Yunani Kuno, juga menjalankan puasa selaku pola hidup yang bagus dan juga selaku pengobatan. Pythagoras pun juga percaya bahwa puasa sanggup mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Begitu pun juga dengan iman orang-orang Inca di Peru dan suku-suku Amerika lainnya. Mereka percaya bahwa puasa yang mereka kerjakan sanggup menjadi upaya untuk penebusan dosa.

Dewasa ini, puasan selain diamalkan oleh umat Islam, juga diamalkan oleh agama-agama besar di dunia. Yakni yahudi, kristen, dan Budha. Namun, setiap agama memiliki metode dan waktu pelaksanaannya yang berbeda. Puasa yang dijalankan oleh pemeluk agama-agama besar di dunia ini memiliki tujuan masing-masing. Akan tetapi, seluruhnya mengakui bahwa dengan puasa akan banyak faedah yang sanggup diambil.
Begitupun dengan puasa yang disyariatkan Islam. Tidak cuma kesehatan dan kemurnian asumsi yang mau didapat dari puasa Senin Kamis, namun juga masih banyak kedigdayaan dan faedah puasa Senin Kamis yang lainnya.

Puasa Bisa Mempertajam Kecerdasan

Telah disebutkan bahwa salah satu faedah puasa Senin Kamis merupakan menjernihkan asumsi manusia. Hal itu dibilang oleh Pythagoras, seorang filsuf yang tidak abnormal lagi di indera pendengaran kita. Pernyataan Pythagoras tersebut, tentunya meyakinkan kita bahwa puasa Senin Kamis sungguh berfaedah untuk menjernihkan dan mempertajam pikiran. Namun, untuk lebih jelasnya, perlu ditinjau dari sudut pandang ilmiah dan dalil-dalil dari ayat Al-Qur’an dan hadis.

Dalam kondisi tidak ada pembakaran dalam tubuh dan mulai merasa kelemahan energi, mendorong otak untuk bereaksi. Menurut Dr. Bahar Azwar, rangsangan otak memaksa kelenjar pankreas mengeluarkan glukagon. Ia memperabukan glikogen yang tersimpan di hati menjadi glukosa. Namun, bila glukosa yang dihasilkan belum tercukupi, dimulailah pembakaran lemak di dalam tubuh.

Dari proses tersebut banyak faedah dan efek positif yang mau dicicipi tubuh. Kesediaan glukosa dalam otak pun menjadi seimbang. Jadi, otak pun akan tetap berlangsung wajar sekalipun tubuh kelemahan makanan. lebih lanjut, Dr. Bahr Azwar memastikan bahwa pada di saat tidak ada asupan kuliner ke dalam tubuh, usus akan beristirahat.

Saat usus beristirahat, sari kuliner akan berkurang. Kaprikornus beban darah yang membawanya akan berkurang. Itu sebabnya, darah yang ada dalam otak, tidak perlu lagi dikerahkan untuk menjinjing sari kuliner dari dalam usus. Ketika itulah asumsi akan merasa tenang dan segar.


Memberikan Ketenangan Jiwa

Manfaat puasa Senin Kamis yang lain merupakan menampilkan ketenangan jiwa. Menurut Imam Barakat Abdullah ba’lawiy Al-hadad, puasa memiliki ruh (jiwa) dan bentuk. Bentuk dari puasa merupakan menahan diri dari makan, minum, dan bersetubuh mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari yang diikuti dengan niat. Sedangkan ruh dari puasa merupakan menahan diri dari melaksanakan perbuatan dosa dan perbuatan haram, serta melaksanakan amalan fardhu dan sunnah.

Dengan demikian, orang yang berpuasa tidak cuma menjalani bentuk puasa, namun mesti memiliki ruh dari puasa yang dilakukannya. Karenanya, puasa yang dilakukannya akan diterima oleh Allah Swt dan membuatnya tergolong orang-orang yang memiliki jiwa yang suci. Sebab, orang-orang seumpama itulah yang sanggup mengontrol jiwa dan perilakunya.

Dengan kesanggupan ini, secara otomatis orang yang sudah biasa berpuasa akan bisa mengontrol diri dan jiwanya. Ia akan mencicipi kedamaian dan ketenangan hidup di dunia dan akan menerima pahala nirwana yang terbaik di akhirat.

Jiwa yang tenag merupakan jiwa yang terbebas dari dosa dan maksiat. Sebaliknya, orang-orang yang sudah biasa melaksanakan dosa dan maksiat akan terusik jiwanya. Sebab, jiwa setiap insan tidak mengharapkan jasadnya melaksanakan perbuatan-perbuatan yang dihentikan oleh Allah Swt. Hal ini sanggup kita lihat pada sabda Rasulullah Saw yang menyebabkan jiwa selaku salah satu ukuran perbuatan dosa. Rasulullah Saw bersabda:

“Kebaikan merupakan budbahasa terpuji, sedangkan dosa merupakan apa yang meresahkan jiwamu serta engkau tidak senang jikalau duduk permasalahan itu dilihat orang lain” (HR. Muslim).

Kekuatan jiwa untuk menilai baik buruk suat perkara, sungguh gampang dikenali jikalau kita menyadari bahwa asal jiwa atau ruh insan merupakan dari Allah Swt. Oleh lantaran itu, jiwa insan tidak akan menerima perbuatan-perbuatan yang berlawanan dengan syari’at Allah Swt.


Penemuan Terbesar Manfaat Puasa

Seorang dokter jago asal Rusia, dr. Yuri Nikolayev menilai puasa selaku penemuan paling besar dalam bidang kesehatan. Menurutnya, puasa bisa menghasilkan seseorang menjadi awet muda dan sehat secara fisik, mental, dan spiritual. Bahkan, suatu forum di Amerika Serikat menyebutkan puasa selaku cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Mau? Berikut merupakan daftar beberapa faedah puasa Senin Kamis.

  • Peremajaan sel kulit
  • Mengencangkan kulit
  • Detoksifikasi racun dalam tubuh
  • Memberi waktu istirahat untuk organ pencernaan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kadar lemak (kolesterol)
  • Menghambat proses penuaan (awet muda)
  • Memperindah dan mempercantik kaum perempuan secara alami
  • Menenangkan jiwa dan perasaan
  • Mampu mengontrol nafsu seks dengan lebih baik
  • Memacu jiwa tenggang rasa kepada sesama
  • Menimbulkan rasa solidaritas kepada kaum miskin


Jadi, kawan Cerita pola muslim banyak sekali bukan faedah puasa Senin Kamis? Dari aneka macam pengalaman hidup muslim yang sukses, ternyata sebagian besar dari mereka merupakan pelaku berkala ibadah puasa Senin Kamis. Selain sanggup pahala berlimpah, hidup menjadi lebih tenang, peluang berhasil terbuka lebar, plus menerima efek samping faedah yang beragam. Mau apa lagi?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel