Tata Cara Shalat Tahajud & Bacaamya


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamualaikum, Wr. Wb. selamat menikmati hidup kalian teman dekat Cerita tumpuan muslim !
Saya disini cuma sekedar posting/sharing (berbagi) untuk menimba ilmu dan memperbesar ilmu.
Shalat Tahajud

Kalau ada yang salah baik itu kecil maupun besar mohon maaf ! Saya bukanlah luar biasa (ustadz, kiai, dsb) dalam islam dan sekali lagi saya cuma sekedar berbagi/ sharing sekalian menimba ilmu bareng-bareng, dan supaya artikel/ postingan ini bermafaat bagi yang ingin maupun yang gres menimba ilmu Tata Cara Shalat Tahajud dan             BacaanDoa Tahajud. ^_^


Kali ini Cerita tumpuan muslim akan sharing/ memposting mengenai Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaanya

Shalat Tahajud

Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud
Sebelum lanjut ke Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud ada yang tahu apa itu shalat? Nah kalau ada yang tahu apa itu shalat tolong berkomentar ya di postingan ini, dan bagi yang belum tahu baca:
pengertian singkat dari salat :

Salat ("Bahasa Arab": صلاة; transliterasi: Shalat), merujuk terhadap ritual ibadah pemeluk agama Islam. Menurut syariat Islam, praktik salat mesti sesuai dengan segala isyarat sistem Nabi Muhammad, selaku figur Teladan, perintah Allah Umat muslim ditugaskan untuk mendirikan salat, sebab menurut Surah Al-'Ankabut sanggup menghambat perbuatan keji dan mungkar:

  “dirikanlah shalat, bahwasanya shalat itu menghambat dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar, dan bahwasanya mengingat Allah (shalat) yakni lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain)". (Al-Ankabut: 45)

Masih kurang jelas? coba tanyakan ke ustadz yang ada di daerah teman dekat Cerita tumpuan muslim masing-masing (lebih afdol) :)
Ok, eksklusif saja Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa-doa Tahajud

Ups, sedikit kepotong...Bagi yang belum tahu apa itu Shalat Tahajud, Cerita tumpuan muslim akan tulis  dibawah ini !

Shalat Tahajud :

Shalat Tahajud Adalah Shalat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari, dimulai selepas isya hingga menjelang subuh dan dilakukan sehabis tidur atau bangun tidur di malam hari. Dan shalat tahajud sering juga disebut shalat malam atau disebut juga (Sholatul lail) sebab waktu yang melaksanakan shalat ini pada malam hari dimana siapa pun sedang tertidur lelap. Shalat Tahajud juga yakni shalat sunah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW sepanjang hidupnya. Mengingat kelebihan yang sungguh besar dalam shalat malam ini dan disarankan oleh Allah dalam Alqur'an :

”Wa minal laili fatahajjad bihi naafilatan laka `asaa an yab`atsaka rabbuka maqaaman mahmuudan” (QS : Al-Isro’ : 79)


Artinya: "Dan pada sebagian malam, sembahyang tahajudlah kau selaku sebuah ibadah embel-embel bagimu, semoga Tuhanmu mengangkat kau ke tempat yang terpuji"


Kalau sudah dikenali waktu melaksanakan ibadah ini dari waktu isya' hingga waktu subuh, sedang, sepanjang malam ini ada momentum utama, lebih utama dan paling utama, maka waktu malam yang panjang itu sanggup kita bagi menjadi tiga penggalan :

    Sepertiga pertama, kira-kira mulai dari jam 19.00 hingga jam 22.00, ini di saat utama
    Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 hingga dengan jam 01.00, ini di saat yang lebih utama
    Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 hingga dengan masuknya waktu subuh, ini di saat yang paling utama


Ups, maaf kepotong lagi. Cerita tumpuan muslim juga pingin sharing mengenai Keutamaan Shalat Tahajud, ini ia :

Keutamaan Shalat Tahajud:

Allah Ta'ala berfirman:
"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kau selaku sebuah ibadah embel-embel bagimu; semoga Tuhan-mu mengangkat kau ke tempat yang terpuji." ( QS Al-Isra' (17) : 79)
Shalat Malam Menyembuhkan Hati Yang Lalai
Sifat Lalai yakni penyakit berbahaya dan menyimpang. Penyakit ini akan menimpa hati yang senantiasa karam dalam hal mubah ,bermalasan-malasan dalam ketaatan , dan hanyut dalam segala kenikmatan. Fokuslah untuk bemunajat terhadap Allah , sedangkan di saat itu obat yang ampuh akan tiba dengan izin Allah, yakni "shalat malam".

Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa melaksanakan shalat malam dengan membaca sepuluh ayat Qur'an, ia tidak dituliskan tergolong orang-orang yang lalai. Barangsiapa melaksanakan shalat malam dengan membaca 100 ayat Qur'an , ia akan dituliskan tergolong dalam orang yang Qunut. Dan barangsiapa melaksanakan shalat malam dengan membaca 1000 ayat Qur'an dituliskan dalam selaku orang yang kaya" (HR. Abu Daud, Ibnu Khuzaimah dan Ibn Hibban, dihasankan oleh Al Albani dalam SHahih Al-Targib wa Al-Tarhib no.635)
Nikmat nya Shalat Malam
Seseorang tidak akan bisa mencicipi nikmatnya shalat, indahnya bermunajat dan asyiknya bermesraan dengan Allah, apabila shalat belum menempati tempat utama di dalam hatinya. Dia tidak akan mencicipi apa-apa apabila ia belum hingga pada derajat memicu shalat selaku penyejuk hati, penggembira jiwa, pelapang dada, penyembuh sakit, penghilang rasa gundah, dan pelepas kesempitan.

Rasulullah SAW sebuah hari bersabda :
“Barang siapa melaksanakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan menampilkan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Adapun lima kelebihan didunia itu, yakni :

    Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala jenis bencana.
    Tanda ketaatannya akan terlihat kelihatan dimukanya.
    Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua insan Lidahnya akan bisa mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
    Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pengertian dalam agama.

Sedangkan yang empat kelebihan diakhirat, ialah :

    Wajahnya berseri di saat berdiri dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
    Akan memperoleh dispensasi di saat di hisab.
    Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sungguh cepat, menyerupai halilintar yang menyambar.
    Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.


Nah, Masih Mau Lanjut Sahabat Cerita tumpuan muslim bacanya Oke kalau MAsih mau lanjut kita teruskan bacaannya !

Tata Cara Shalat Tahajud :

    Berniat untuk melaksanakan shalat tahajud
Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.
  Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat sebab Allah"
 
Raka'at pertama membaca surah Al Fatihah, sehabis itu di lanjut dengan
Bacaan/surah lain yang anda kira sudah hafal
    Pada raka'at kedua/selanjutnya lakukan menyerupai raka'at pertama
    Salam

Note: Jumlah rakaat pada shalat tahajud tidak terbatas, mulai dari dua rakaat, empat rakaat, dst.....

Bacaan Do'a Setelah Shalat Tahajud :
Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah saw. apabila bangun dari tidur di tengah malam, terus bertahajjud dan membaca doa selaku berikut:

Artinya:
""Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-Mulah  segala puji. Engkau raja penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah yang hak, Pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah yang hak, dan janji-Mu yakni benar, dan perjumpaan-Mu itu yakni hak, dan firman-Mu yakni benar, dan nirwana yakni hak, dan neraka yakni hak, dan nabi-nabi itu hak benar, dan Nabi Muhammad saw. yakni benar, dan di saat hari final zaman itu benar. Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakkal) terhadap Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan terhadap Engkaulah kami berhukum.
Ampunilah kami atas kesalahan yang kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan melainkan Engkau Rabbul-'alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah"

Sesudah membaca doa itu perbanyaklah membaca istighfar. Adapun istighfar yang lazim merupakan :
Astaghfirullaahal-azhiim wa atuubu ilaiih.


Ada baiknya membaca Do'a keamanan Dunia Dan Akhirat :
رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di alam abadi dan peliharalah kami dari siksa neraka".(QS, 2:201)

Dan jangan lupa perbanyaklah mebaca Istigfar, usahakan sebanyak-banyaknya. :)

Sekian, supaya artikel/ postingan ini "Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud" berfaedah bagi kita semua ! :D

WassalamualaikumWr. Wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel