Tata Cara Masbuk


Assalamualaikum Wr. Wb

Pernah gak Sobat Cerita tumpuan muslim tiba ke musholla atau masjid waktu sholat jamaahnya sudah mulai? nah, sayang kan kalo kita sholat sendiri aja, padahal sholat jamaah itu pahalanya sama dengan 27 Derajat sholat sendiri. Trus gimana kita sanggup ikutan sholat Jamaah yang sudah berjalan ??? Ini disebut makmum masbuk atau makmum yang ketinggalan. yang mesti kita lakukan merupakan :

  • Jika sholat gres di rakaat pertama, dan imam belum rukuk, maka kita sanggup eksklusif mengikuti imam sehabis takbiratulihrom,sampai selesai tanpa memperbesar apapun.


  • Jika imam sudah melalui rukuk pada rakaat pertama, maka kita juga sanggup eksklusif mengikuti gerakan imam sehabis takbiratul ihrom, tetapi mesti memperbesar 1 rakaat lagi sehabis imam salam.


  • Jika imam sudah melalui rukuk pada rakaat kedua, maka kita juga sanggup eksklusif mengikuti gerakan imam sehabis takbiratul ihrom, tetapi mesti memperbesar 2 rakaat lagi sehabis imam salam. 2 rakaat terakhir ya..


  • Jika imam sudah melalui rukuk pada rakaat ke tiga, maka kita juga sanggup eksklusif mengikuti gerakan imam sehabis takbiratul ihrom, tetapi mesti memperbesar 3 rakaat lagi sehabis imam salam, hitung rakaat terakhir saja.

Contoh : kalo imam sholat ashar sudah selesai rukuk rakaat ke tiga, kita gres ikut jamaah, maka kita takbiratul ihrom, kemudian eksklusif mengikuti gerakan imam, sehabis sholat jamaah selesai (imam mengucap salam) kita berdiri untuk melanjutkan
sholat dengan memperbesar 3 rakaat lagi, yakni rakaat ke 2, kemudian ke 3 dan rakaat terakhir. Walaupun jamaah tadi sudah selesai, kita masih mendapat kebaikan sholat jamaah sama seumpama mereka.

Penjelasan Tambahan!!!

Apabila seorang makmum telat (masbuk) maka kewajibannya merupakan menyempurnakan sholatnya dengan memperbesar raka’at yang kurang. Karena Nabi shollallahu alaihi wa sallam bersabda, “Dan apa yang kalian luput maka sempurnakanlah.”
 (Hadits Abu Hurairah riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

Sabda dia “sempurnakanlah” artinya lengkapi apa yang kurang dengan memperbesar kekurangannya, bukan dengan cara mengawali dari permulaan raka’at.

Misal masbuk pada shalat isya (4 rakaat) dan tertinggal 3 rakaat. Setelah imam salam, kita berdiri dan pastinya melengkapi 3 rakaat lagi. Urutannya  adalah :

– Rakaat pertama : mengerjakan tasyahud awal
– Rakaat kedua : tidak ada tasyahud
– Rakaat ketiga : tasyahud tamat dan duduk tawarruk
Demikianlah Sobat Cerita tumpuan muslim Tata Cara Masbuk, Semoga sanggup berharga bagi kita Semua Wassalamualaikum Wr. Wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel