8 Manfaat Mempelajari Peradaban Islam Di Dunia

Yusuf Qardhawi mendefenisik perdaban ialah sekumpulan dari bentuk-bentuk kemajuan, baik yang berupa kemajuan bendawi, ilmu pengetahuan, seni, sastra maupun sosial yang terdapat pada suatu masyarakat atau pada masyarakat yang serupa.

Islam merupakan agama yang diwahyukan Allah Swt. kepada para Rasulnya mulai dari Nabi Adam As sampai Nabi Muhammad Saw yang isinya perihal peraturan-peraturan semoga dijadikan sebagai panduan dan anutan insan dalam menggapai kebahagia dunia dan akhirat.

Di dalam agama Islam mengatur bagaimana kita sebagai insan berafiliasi dengan yang kuasa Nya, sesama manusia, diri sendiri dan dengan lingkungan sekitarnya. Makna peradaban Islam mencakup kemajuan dan kesuksesan umat Islam sebagai hasil penggunaan segala potensi yang dimilki dan semua nikmat yang diberikan Allah Swt dalam suatu periode kekuasaan.

Berikut beberapa manfaat mempelajari peradaban Islam di dunia :

1. Memberikan motivasi untuk melestarikan hasil karya seni dan peradaban untuk dijadikan wangsit untuk masa yang akan datang.

2. Melalui perkembangan peradaban umat di banyak sekali penjuru dunia, kita mempunyai saudara seiman yang banyak. Sehingga menjadikan semangat dan bangga dengan mempunyai saudara yang banyak.

3. Dengan cinta ilmu dan gemar membaca akan berdampak pada perkembangan dan kemajuan suatu negara.

4. Memberikan citra bahwa Islam ialah sebagai agama yang fitrah, sanggup berkembag denga pesat ke penjuru dunia, tanpa melalui kekerasan dan peperangan.

5. Perkembangan Islam yang sangant pesat tersebut, menjadi pendorong kaum muslimin untuk meningkatkan kualitas langsung dan umat Islam, semoga bisa berperan dalam perkembangan ilmu dan teknologi di dunia ini.

6. Memberikan citra bahwa agama Islam ialah agama yang cinta tenang dan tidak ada kekerasan dalam memberikan dakwah.

7. Kecerdasan pemimpin mengakibatkan kemajuan dan rakyatnya pun makmur.

8. Semakin meyakini kebenaran agama Islam. Dengan bukti tidak satu pun agama di zaman modern ini yang perkembangannya sangat cepat kecuali Islam, walaupun dengan banyak tudingan miring terhadap Islam

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal manfaat mempelajari peradaban Islam di Dunia peradaban Islam di dunia. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel