Pengakuan Bubuk Sufyan Bin Harb Terhadap Sang Istri

Suatu hari Abu Sufyan bin Harb dan Hindun binti Utbah, istrinya, berlangsung menuju tanah lapang. Anak Abu Sufyan yang masih bocah berjulukan Muawiyah berlangsung di depan mereka sambil menunggang keledainya.

Tiba-tiba mereka mendengar kedatangan Rasulullah saw, lalu Abu Sufyan secepatnya memerintahkan anaknya untuk turun dari keledai tunggangannya sambil berkata, "Turunlah, hai Muawiyah, biar Muhammad dapat menaiki kendaraanmu!"

Kemudian Rasulullah saw menaiki keledai yang dipersiapkan Abu Sufyan. Beliau pun berlangsung di depan mereka.

Hanya selang beberapa waktu, Rasulullah saw menoleh ke belakang dan berkata terhadap keluarga Abu Sufyan, "Wahai Abu Sufyan bin Harab dan Hindun binti 'Utbah! Demi Allah, kalian niscaya akan mati dan akan dibangkitkan. Yang berbuat kebajikan niscaya akan masuk surga dan yang berbuat kejelekan niscaya masuk neraka. Aku berkata terhadap kalian dengan benar dan kalian merupakan orang pertama yang saya beri peringatan!" Dibacakanlah Surat Fushshilat [41]: 1-11 terhadap keduanya.

Selesai menyimak perkataan Rasulullah, Abu Sufyan berkata, "Apakah engkau telah selesai, wahai Muhammad?"

Rasulullah menjawab, "Ya!"

Kemudian ia turun dari keledai tunggangannya. Muawiyah pun naik kembali ke keledainya dan dibantu ibunya, Hindun. Sambil mengoptimalkan Muawiyah ke atas keledainya, Hindun mengajukan pertanyaan terhadap Abu Sufyan, "Apakah sebab tukang sihir ini kamu turunkan anakku dari atas keledainya?"

Abu Sufyan menukasnya, "Tidak! Demi Allah, dia bukan tukang sihir dan bukan pembohong!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel