Otak Atik Gadget - 10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Hp Oppo

play store yang tidak ada sambungan sampai tidak berfungsi sama sekali.

Kita ketahui jikalau aplikasi google play store tidak dapat dibuka di HP Oppo, maka pengguna akan cukup kesulitan untuk memasang game maupun aplikasi yang dibutuhkan. Meskipun ada pilihan untuk memasangnya dari file APK tetapi pilihan yang paling kondusif ialah mendownloadnya dari play store. Lantas apa penyebab google play store tidak berfungsi di hp Oppo ini?
Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP Oppo Otak Atik Gadget -  10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

Banyak pengguna yang merasa nyaman menggunakan hp Opp. Pada dasarnya, semua smartphone Oppo yang bersistem operasi Android telah dibekali dengan skin atau launcher bawaan yakni ColorOS. Hal paling umum yang menjdi penyebab play store tidak terbuka di hp Oppo ialah lantaran koneksi internet yang lambat sehingga selalu muncul batas waktu koneksi habis. Disisi lain, adanya error yang terjadi akhir pengaturan dari pengguna maupun disebabkan oleh bugs. Akibatnya muncul pesan “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti
Berikut ialah beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi duduk kasus play store yang error tersebut.

1. Paksa Berhenti Aplikasi Play Store

Sebelum memperbaiki play store di hp Oppo dengan cara yang lebih sulit, lakukan terlebih dahulu trik gampang ini. Masuk ke "Settings » Apps » Tab All » cari aplikasi Google Play Store" kemudian tekan tombol “Force Stop”.

2. Bersihkan Data Aplikasi Play Store

Jika selalu muncul pesan di hp Oppo "Unfortunately, google play store has stopped”, bersihkanlah data aplikasi tersebut. Caranya tap "Settings » Apps » tab All » Google Play Store" tap  tombol “Clear Data”.

3. Perbarui Aplikasi Play Store

Pastikan Anda selalu memakai versi terbaru dari aplikasi google play store. Untuk itu, lakukan update semoga mendapat perbaikan bugs dan meningkatkan kinerjanya.

4. Hapus Pembaruan Aplikasi Play Store

Jika ternyata play store tidak terbuka di hp Oppo sehabis Anda mengupdatenya, kembalikan lagi aplikasi tersebut ke versi semula. Caranya "Settings » Apps » tab All » Google Play Store" tap  tombol “Uninstall Update”.

5. Update Aplikasi Google Play Service

Untuk smartphone Oppo model China, memang tidak dibekali dengan aplikasi Google Apps. Pastikan Anda memakai aplikasi play service versi terakhir jikalau smartphone tersebut sudah di flash melalui custom recovery.

6. Keluar Dari Akun Goolge

Trik selanjutnya yang juga dapat diterapkan ketika tidak dapat install aplikasi Android di HP Oppo lantaran error ialah dengan keluar dari akun google kemudian masuk kembali.

7. Perbarui Versi colorOS atau Android OS

Jika memang sudah tersedia, periksa kemudian update versi colorOS dan Android untuk menutup kemungkinan bugs dan error dari versi ketika ini.

8. Matikan Hp Oppo dan Restart

Matikan smartphone Anda kemudian lepaskan kartu memori eksternal micro SD Oppo dan SIM Car. Biarkan selama beberapa menit kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.

9. Wipe Cache Partition

Ini merupakan salah satu cara mengatasi play store tidak dapat dibuka di hp Oppo yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati yakni dengan  cara masuk ke Recovery Mode Oppo. Matikan smartphone kemudian tekan tombol “Volume Down + Power”. Saat hp bergetar, lepaskan kedua tombol tersebut sampai muncul logo OPPO. Selanjutnya pilih bahasa dan tap “Wipe data and cache”. Pilih hanya opsi “Wipe cache” kemudian tap “Yes”. Setelah selesai, tap “Reboot”.

10. Factory Reset Hp Oppo

Lakukan backup sebelum factory reset kemudian kembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Ini merupakan salah satu metode yang cukup berhasil untuk memperbaiki play store di hp Oppo.
Kesimpulan : Cara mengatasi play store tidak dapat dibuka dan tidak dapat download di smartphone OPPO ini dapat Anda terapkan ke seri Oppo Joy, Mirror 5, Oppo R7, Oppo F1, Oppo seri A dan seri lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel