Otak Atik Gadget - 5 Cara Mengatasi “Sayangnya Keyboard Android (Aosp) Telah Berhenti”

– Tips jitu cara mengatasi “Sayangnya keyboard Android (AOSP) telah berhenti” di Android sanggup dilakukan dengan langkah gampang ini. Setiap smartphone Android dibekali dengan aplikasi keyboard bawaan disetiap versinya yang terpasang. Keyboard ini dipakai untuk banyak sekali tasking menyerupai dikala mengetik pesan. Tapi terkadang, pengguna sering mengalami error yang menjadikan keyboard Android tidak sanggup dibuka.

Keyboard Android (AOSP) atau Android Open Source Project, tak hanya dipakai pada satu aplikasi saja. Pengguna sanggup mengatur dan menentukan default keyboard yang nantinya muncul dikala akan mengetik disetiap aplikasi yang terpasang dengan pilihan mode antara keyboard QWERTY atau ABC (3x4). Pada dikala keyboard Android ini error, biasanya akan muncul pemberitahuan “Unfortunately Android keyboard (AOSP) has stopped” atau “Force Close”. Kemudian ia akan menutup sendiri dan kita tidak sanggup mengetik atau menginput apapun. Lalu bagaimana cara mengatasi keyboard Android telah berhenti ini?

 di Android sanggup dilakukan dengan langkah gampang ini Otak Atik Gadget -  5 Cara Mengatasi “Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti”

Penyebab Keyboard Android Telah Berhenti

Jika kita membahas perihal penyabab dari problem tersebut, akan berbeda antara pengguna satu dengan yang lainnya. Termasuk dari sisi versi Android berapa yang terpasang dan brand yang digunakan. Misalnya smartphone Android dari Samsung Galaxy, Advan, Asus Zenfone, Vivo, Evercross, Oppo, Xiaomi, HTC, LG, Sony Experia dan Smartfren Andromax pun tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi. Tetapi secara umum, penyebab keyboard Android yang tidak muncul dikarnakan cache dan data yang menumpuk sampai problem penggunaan RAM.

Cara Mengatasi Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti

Tidak semua nama aplikasi keyboard bawaan dinamakan Keyboard AOSP. Misalnya pada smartphone samsung, aplikasi keyboard mereka dinamakan dengan Samsung Keyboard. Tetapi jikalau kita perhatikan lagi pada smartfren Andromax, nama keyboard yang diberikan memang Keyboard AOSP. Bukan suatu problem mengenai perbedaan ini alasannya yaitu solusi cara mengatasi keyboard Android telah berhenti yang akan saya tunjukkan ini tujuannya sama saja.

1. Periksa Nama Default Keyboard Android dan Bersihkan Cache Smartphone.
Periksa apa nama keyboard default yang dikala ini digunakan. Apakah berjulukan Keyboard AOSP atau nama brand smartphone menyerupai Samsung Keyboard. Caranya tap Settings » Language and input » kemudian lihat pada potongan Default. Jika nama keyboard sudah diketahui kini gunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan smartphone.

 di Android sanggup dilakukan dengan langkah gampang ini Otak Atik Gadget -  5 Cara Mengatasi “Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti”
2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Keyboard.
Aplikasi keyboard akan menyimpan cache dan data secara otomatis ketika ia dipakai disetiap aplikasi. Data ini sanggup menumpuk dan akan menjadi penyebab keyboard Android tidak sanggup dibuka. Sekarang bersihkan data keyboard Android dengan cara tap Settings » Application Manager » All. Selanjutnya cari nama aplikasi Android Keyboard (AOSP) yang sudah diperiksa dilangkah ke satu kemudian tap Force Stop dan Clear Data.
3. Matikan Smartphone dan Reboot.
Salah satu cara memperbaiki keyboard Android telah berhenti yaitu dengan mematikannya kemudian reboot. Tujuannya melaksanakan pemuatan ulang terhadap sistem Android. Matikan smartphone kemudian cabut baterai, MicroSD dan kartu SIM. Diamkan selama beberapa detik kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.
4. Gunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga.
Jika Anda sering mengalami keyboard error atau macet dikala mengetik, tidak ada salahnya untuk memakai aplikasi keyboard pihak ketiga. Salah satu yang terbaik yaitu Google keyboard. Pasang dari play store kemudian atur supaya menjadi keyboard default melalui Settings » Language and input.
5. Factory Reset.
Salah satu tujuan dari mengembalikan Android ke pengaturan pabrik yaitu untuk memperbaiki error atau sistem yang rusak. Termasuk untuk mengatasi keyboard Android yang telah berhenti. Tetapi sebelum melakukannya, pastikan Anda melaksanakan backup terlebih dahulu terhadap pengaturan dan akun google supaya nantinya sanggup di restore dengan mudah.

Kesimpulannya, cara mengatasi “Sayangnya keyboard Android (AOSP) telah berhenti” sanggup dilakukan dengan langkah diatas. Dengan begitu Anda akan memperbaiki Keyboard android yang tidak sanggup dibuka atau tidak muncul dikala akan mengetik. Jika Anda mempunyai hambatan lain, silahkan berkomentar.
Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel