8 Nama Pintu Nirwana Dan Orang-Orang Penghuninya Berdasarkan Al-Qur'an

Pengertian Surga ialah daerah kehidupan di darul abadi yang penuh dengan kenikmatan yang hakiki dan infinit sebagai akhir bagi orang yang bertakwa, beriman dan bersedekah saleh, yang telah dijanjikan oleh Allah Swt. Surga itu sesuatu yang belum pernah dialami selama di dunia oleh siapapun dan tidak dibayangkan keadaannya oleh pikiran dan citra dalam hati. Sebagaimana disebutkan dalam hadis qudsi sebagai berikut :

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a Rasulullah Saw. bersabda : Allah Ta’ala berfirman “ Aku telah menyediakan untuk hambaku yang saleh sesuatu yang belum pernah dilihat mata dan belum pernah didengar indera pendengaran serta belum pernah tergoreskan dalam hati manusia." (HR.Bukhari Muslim).

Surga itu daerah yang telah dijanjikan Allah Swt untuk orang-orang yang bertakwa, sebagaimana firmannya dalam al-Qur’an:

1. QS. Ar-Ra’du:35

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا ۚ تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَوْا ۖ وَعُقْبَى الْكَافِرِينَ النَّارُ

"Perumpamaan nirwana yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah daerah kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang daerah kesudahan bagi orangorang kafir ialah neraka." (QS. Ar-Ra’du:35)

2. QS. Ali Imran ; 133;

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

”dan bersegeralah kau kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada nirwana yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orangorang yang bertakwa“, (QS. Ali Imran ; 133)

Pintu pintu nirwana tersebut jumlahnya delapan buah tergantung dengan jenis amalannya (QS. Az Zumar (39):73). Karena pada setiap pintu tersebut hanya sanggup dimasuki oleh orang orang yang mempunyai amalan tertentu. Maka andal shalat akan dipanggil dari pintu shalat. Dan andal sadaqah akan dipanggil dari pintu sadaqah, dan andal jihad akan dipanggil dari pintu jihad, dan andal puasa akan dipanggil dari pintu yang berjulukan Rayyan.

3. QS. Az Zumar (39):73

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

“ dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam syurga berombong-rombongan (pula). sehingga apabila mereka hingga ke syurga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya:”Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah syurga ini, sedang kau kekal di dalamnya”.(QS. Az Zumar :73)

Diantara nama-nama nirwana berdasarkan al-Qur’an ialah :

a. Surga /Jannah al ‘And.
Surga ‘Adn disediakan antara lain:

1) Orang yang bertakwa kepada Allah Swt.

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ لَهُمْ فِيهَا مَا يَشَاءُونَ ۚ كَذَٰلِكَ يَجْزِي اللَّهُ الْمُتَّقِينَ . الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“(Yaitu) nirwana Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam nirwana itu mereka menerima segala apa yang mereka kehendaki.Demikianlah Allah memberi akhir kepada orang-orang yang bertakwa.(Yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan menyampaikan (kepada mereka), ‘Salaamun`alaikum, masuklah kau ke dalam nirwana itu disebabkan apa yang telah kau kerjakan.’” (QS. An-Nahl: 31-32)

2) Orang yang benar-benar beriman dan bersedekah saleh.

وَمَنْ يَأْتِهِ مُؤْمِنًا قَدْ عَمِلَ الصَّالِحَاتِ فَأُولَٰئِكَ لَهُمُ الدَّرَجَاتُ الْعُلَىٰ . جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ جَزَاءُ مَنْ تَزَكَّىٰ

“Dan barangsiapa tiba kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah bersedekah saleh, mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia).(Yaitu) nirwana Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya.Dan itu ialah akhir bagi orang yang higienis (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (QS. Thaahaa: 75-76)

3. Orang yang banyak berbuat baik.

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ . جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤًا ۖ وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ

“Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, kemudian di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih cepat berbuat kebaikan dengan izin Allah.Yang demikian itu ialah karunia yang amat besar.(Bagi mereka) nirwana Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi embel-embel dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya ialah sutera.” (QS. Fathir :32-33)

4) Orang yang sabar, menginfakkan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan.

وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ
جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۖ وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ

“Dan orang-orang yang sabar lantaran mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terangterangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang menerima daerah kesudahan (yang baik).(Yaitu) nirwana Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempattempat mereka dari semua pintu.” (QS. Ar Ra’d: 22-23)

b. Surga/Jannah al Na’im.
Surga Na’im disediakan bagi orang-orang yang benar-benar bertakwa dan bersedekah saleh.Sebagaimana firman Allah Swt. berikut ini.

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتِ النَّعِيمِ

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surgasurga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.” (QS. al-Qalam : 34)

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalamal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” (QS. Luqman : 8)

الْمُلْكُ يَوْمَئِذٍ لِلَّهِ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ ۚ فَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ

“Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka.Maka orang-orang yang beriman dan bersedekah saleh ialah di dalam nirwana yang penuh kenikmatan.” (QS. al-Hajj : 56)

c. Surga /Jannah al Ma’wa.

Surga Ma’wa disediakan bagi :

1) Orang-orang yang benar-benar beriman dan bersedekah saleh.

أَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ جَنَّاتُ الْمَأْوَىٰ نُزُلًا بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, Maka bagi mereka jannah daerah kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan." (QS. As-Sajdah : 19)

2) Orang-orang yang takut pada kebesaran Allah Swt. dan menahan diri dari hawa nafsu buruk.

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ . فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari harapan hawa nafsunya. Maka bahu-membahu nirwana daerah tinggal(nya).” (QS. An-Naazi‘aat : 40-41)

d. Surga /Jannah al Firdaus.

Surga Firdaus disediakan bagi orang-orang yang beriman dan bersedekah shaleh Firman-Nya,

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan bersedekah saleh, bagi mereka ialah nirwana Firdaus menjadi daerah tinggal," (QS. Al Kahfi : 107)

e. Dar al Salam.

Surga Darussalam disediakan bagi orang-orang yang berpengaruh doktrin dan Islamnya, mengamalkannya ayat-ayat al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, serta mengerjakan amal saleh lainnya lantaran Allah Swt. Firman-Nya,

لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“bagi mereka (disediakan) darussalam (syurga) pada sisi Tuhannya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al An’am : 127)

f. Dar al Muqomah.

Surga Darul Muqamah diciptakan oleh Allah Swt. dari permata putih.Calon penghuninya ialah orang-orang yang melaksanakan banyak kebaikan. Firman-Nya;

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

“yang menempatkan Kami dalam daerah yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya Kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”. (QS. Al Fatir : 35)

g. Maqam al Amin.

Surga MaqaamulAl Amin disediakan bagi orang-orang yang sangat beriman (muttaqien), yaitu yang benar-benar bertakwa kepada Allah Swt. sebagaimana firman Allah Swt. Firman-Nya;

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam daerah yang aman,” (QS. Ad Dukhan : 51)

h. Darul Khuld.

Surga Khuldi disediakan bagi orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangan-Nya. Firman-Nya,

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا

“Katakanlah, ‘Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau nirwana yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?Dia menjadi akhir dan daerah kembali bagi mereka.’” (QS. al-Furqan : 15)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal 8 nama pintu nirwana dan orang-orang penghuninya Menurut Al-Qur'an. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel