Buah Kurma Dan Manfaatnya



Buah Kurma - "Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian lainnya ihwal rasanya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat gejala (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir." (ar-Ra'd [13]: 4)



Buah Kurma, buah-buahan yang disebut dalam surah Maryam, pohonnya berkembang di padang gersang bersuhu panas dan banyak manfaatnya. Allah mengindentifikasikan khasiat penyembuhan dari buah ini dengan menceritakan pada Maryam, yang sedang menghadapi persalinan, biar makan daging buah kurma,

"Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: 'Janganlah kau bersedih hati, sebenarnya Tuhanmu sudah membuat anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, tentu pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang matang kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah...." (Maryam [19]: 24-26) 

Allah mempunyai maksud tertentu dengan menyeru kita untuk memperhatikan buah kurma. Dengan meneliti isi kandungan buah ini akan menghasilkan kita lebih paham ihwal maksud Ilahi itu. Kurma, dengan kandungan 50% gula, sungguh sungguh bergizi sebab daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gusar serta menampilkan rasa kondusif pada kejiwaan. Sudah tentu tiap persalinan senantiasa mengeluarkan banyak darah, yang dengan sendirinya jumlah gula darah yang tertumpah balasannya cukup banyak. Karena gula yang lenyap itu mesti diganti, keterlibatan kurma, seumpama pada persalinan Maryam, kasatmata benar keuntungannya selaku tambahan. Kurma juga meminimalisir tekanan darah. Meskipun daging sungguh besar manfaatnya, tetapi tidaklah seimbang dengan lebih besarnya faedah kurma segar dalam segala hal. Mengonsumsi terlampau banyak daging, yang tak terbantahkan mengandung banyak protein, tidaklah tidak mungkin pada dikala yang sama sanggup membuat keracunan. Jadi, makanan-makanan ringan seumpama sayur-sayuran, buah-buahan, yang tentunya mudah dicerna, hendaknya lebih menjadi pilihan.

Dalam cahaya ayat tadi, kita menyaksikan kurma, khususnya, sungguh berharga bagi perempuan hamil dan ibu-ibu yang menyusui secara alami. Daging buah kurma mengembangkan kesehatan janin di dalam perut ibu, menghambat ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu bergizi tinggi.

Di dikala yang sama, kurma segar menampilkan faedah besar terhadap otak. Buah Kurma, dengan kandungan 2.2% protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2. Protein-protein ini melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, menunjang sel-sel tubuh memperbaharui diri, dan menyeimbangkan cairan-cairan tubuh. Vitamin A mengembangkan kesanggupan persepsi mata dan kekuatan badan, juga kekuatan tulang dan gigi. Vitamin B1 memfasilitasi jaringan saraf berfungsi sehat sempurna, menunjang tubuh merubah karbohidrat menjadi energi, menertibkan selera makan dan pencernaan, serta mempekerjakan metabolisme berasal dari protein dan lemak. Vitamin B2 memfasilitasi pembakaran protein-protein yang disebutkan tadi, karbohidrat, dan lemak yang diinginkan untuk penyedian energi dan pembaharuan sel.

Di samping semua ini, kurma juga mengandung banyak mineral yang esensial bagi tubuh (seperti potassium, sodium, kalsium, besi, mangan, dan tembaga). Bila potassium dan sodium melakukan pekerjaan bersamaan, mereka bertindak selaku pengatur ritme detak jantung. Dengan menfasillitasi pengalihan oksigen ke otak, potassium sanggup mempekerjakan asumsi jernih. Lebih jauh lagi, ia menawarkan kandungan alkali seperlunya pda cairan tubuh, merangsang ginjal mengeluarkan sampah-sampah racun metabolis, menolong menurunkan tekanan darah tinggi, dan menunjang pembentukan kulit sehat.

Menarik juga untuk dicatat, bahwa daging buah kurma secara khusus berharga bagi mereka yang hidup dalam wilayah di mana kebun-kebun pepohonan ini berkembang merata. Protein dan gula dari buah kurma ialah sumber gizi yang paling utama bagi penduduk gurun pasir.

Sumber :https://ceritateladanmuslim.blogspot.com//search?q=buah-kurma

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel