Keistimewaan Dan Spesialisasi Sholat Tahajud

Pendekatan diri terhadap Allah sanggup dilaksanakan dengan banyak sekali cara, antara lain sholat tahajud sebagaimana yang terdapat dalam Surat Al-Isra" (17: 79) yang artinya, Dan pada sebagian malam hari maka bertahajudlah setbagai ibadah pemanis bagmu, semoga Tuhanmu mengangkat kau ke wilayah yang terpuji.

Pendekatan diri terhadap Allah sanggup dilaksanakan dengan banyak sekali cara Keistimewaan dan Keutamaan Sholat tahajud

Keutamaan Sholat tahajud

Tempat terpuji dalam ayat tersebut sanggup bermakna posisi, sanggup juga bermakna keadaan rohani dan jasmani. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah saw. bersabda, "Kerjakanlah shalat pada waktu tengah malam dengan terus-menerus. Karena shalat pada waktu tersebut merupakan kebiasaan orang-orang yang saleh sebelummu; ia sanggup mendekatkan diri terhadap Allah SWT menangkal dosa, meniadakan kejelekan, dan menangkal penyakit badaniah (HR Ahmad, Turmudzi, Hakim dan Baihaqi)."

Dengan demikian, tidak benar kalau dibilang shalat malam sanggup membuat tubuh kurus. Sebaliknya, Keutamaan Sholat tahajud menghasilkan tubuh dan jiwa menjadi sehat.

Shalat tahajud pada malam hari tersebut semestinya diteruskan dengan mengaji al-Qur'an, alasannya merupakan sungguh berharga khususnya untuk menenangkan hati sebagaimana yang Anda rasakan.

Imam al-Ghazali pun mengakuinya dalam lhya Ulum Aldin bahwa "membaca al-Qur'an sanggup menenangkan jiwa, dengan syarat membacanya dengan sikap sopan, baik lahir maupun batin.

Lebih jauh al-Ghazali memerinci kesopanan batin itu, antara lain mengerti isi kalimat, membesarkan firman Allah, khusyu (secara rohani) dan tadlarru (secara jasmani) saat membacanya dan kerja keras memperhalus perasaan. Dengan demikian, kandungan al-Qur'an yang dibaca dengan perantaraan lidah, sanggup bersemi dalam jiwa dan meresap ke dalam hati sanubari. Selanjutnya al-Ghazali menyebutkan sabda Nabi Saw,

"...sesungguhnya Allah itu bahagia apabila dimintai."


Hadits ini sejalan dengan firman Allah SWT. dalam alQur'an surat al-Baqarah (2): 45 dan 153, Mintalah dengan Kesabaran dan shalat sebenarnya shalat itu berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."

Di samping sholat tahajud dan mengaji dalam rangka pendekatan diri terhadap Allah SW1T, saat seseorang mempunyai hajat, direkomendasikan mengerjakan shalat hajat minimal dua rakaat.

Waktunya tidak terbatas, asalkan tidak berada di dalam salah satu dari waktu yang diharamkan, yakni sehabis shalat ashar, sehabis shalat subuh, saat matahari terbenam hingga dengan lebih kurang 3 m, dan saat matahari persis di tengah-tengah. Namun semestinya dilaksanakan pada malamhari.

Mengenai doa yang mesti dibaca saat tamat sholat tahajud, tidak ada ketentuan. Semua doa baik dan insya Allah manjur manakala dibarengi sikap dan sikap sungguh-sungguh, baik secara lahir (usaha nyata) maupun batin (dengan khusyuk dan dugaan baik terhadap Allah). Allah Maha Mengetahui segala bahasa hamba-Nya, jadi tidak mesti berbahasa Arab.


Walhasil, ada keseimbangan dalam berusaha, baik secara lahir maupun batin. Keseimbangan itu akan sanggup merealisasikan Kesejahteraan dan ketenangan hidup, baik secara lahiriah maupun batiniah. Dengan demikian, dengan sholat tahajud tercapai pula kesehatan jasmani dan rohani. Semoga

Sumber : Keutamaan Sholat tahajud


Sholat Tahajud, Sholat Tahajud jam 3, doa Sholat Tahajud, tata cara Sholat Tahajud, rakaat Sholat Tahajud, bacaan Sholat Tahajud, manfaat Sholat Tahajud, keutamaan Sholat Tahajud,


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel