Otak Atik Gadget - 6 Cara Memperbaiki Sd Card Tidak Terbaca Di Android

Cara memperbaiki sd card tidak terbaca di Android sanggup kau coba dengan mengikuti beberap langkah ini. Terasa sangat kesal, ketika banyak file dan dokumen penting yang tersimpan di memory card tiba-tiba tidak sanggup ditampilkan atau diakses. Padahal sebelumnya kartu memori tersebut baik-baik saja. Meskipun kita sudah memasangkannya kedalam slot di Smartphone, biasanya akan muncul keterangan “Please insert SD Card” atau “Silahkan masukkan kartu SD”.

Beberapa waktu kemudian saya telah menciptakan artikel 5 penyebab sd card tidak terbaca di Android yang mungkin salah satunya terjadi terhadap MicroSD kau ketika ini. Pada artikel tersebut saya hanya menjelaskan beberapa diantaranya saja tetapi belum memperlihatkan solusi bagaimana cara mengatasi sd card tidak terbaca di Android. Simak penjelasnnya berikut ini.

Cara memperbaiki sd card tidak terbaca di Android Otak Atik Gadget -  6 Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca di Android

Memperbaiki SD Card Yang Tiba-tiba Tidak Terbaca di Android

  1. Lepaskan kartu SD dari slot.
    Lihat apakah dibagian logam kuning terdapat kotoran berwarna hitam atau minyak. Bersihkan memakai tisu atau kain yang halus secara perlahan kemudian pasangkan kembali.
  2. Periksa baterai Smartphone.
    Khusus untuk SD card yang tidak terbaca di Android dan lokasi slot berada dibawah baterai, coba kau lepaskan baterai kemudian lihat apakah baterai tersebut sudah menggelembung? Ada kemungkinan SD card terlalu tertekan.
  3. Lepaskan baterai, kartu memori dan kartu SIM.
    Hapus cache Android terlebih dahulu memakai aplikasi cleaner kemudian matikan smartphone. Lepaskan baterai, kartu SIM serta kartu SD dan biarkan selama beberapa detik kemudian pasangkan kembali.
  4. Pasang aplikasi SDFix dari Google Play.
    Untuk memori tidak terbaca di android KitKat atau alasannya ialah sehabis melaksanakan root, install SDFix yang akan mengubah file pada konfigurasi smartphone. Namun berhati-hatilah ketika memakai aplikasi ini alasannya ialah ia akan kuat terhadap stock ROM Android.
  5. Format SD Card.
    Dengan melaksanakan ini, semua file yang ada didalam MicroSD akan terhapus. Kamu sanggup melakukannya dengan dua cara yang berbeda yakni dengan memakai fitur bawaan dan aplikasi tool. Ikuti tutorialnya di 2 Cara Format SD Card Di Android.
  6. Factory Reset (Tidak direkomendasikan).
    Jika semua cara memperbaiki sd card dari no 1-5 sudah dilakukan namun tetap tidak berhasil, maka kau harus meragukan ada yang salah dengan smartphone itu sendiri. Caranya ialah dengan melaksanakan factory reset namun saya tidak menyarankannya alasannya ialah semua data dan file yang tersimpan di internal memori akan terhapus. Untuk mengetahui apakah smartphone kau bermasalah atau tidaknya, coba pasangkan sd card ke smartphone lain apakah terbaca atau tidak sama sekali.

Sebagai pengguna, kau harus sanggup membedakan antara Sd card yang rusak dan sd card yang tidak terbaca. Jika kartu memori sudah rusak menyerupai tergores atau patah pada serpihan logam kuning, maka harus diganti. Sementara untuk memperbaiki sd card tidak terbaca di Android, kau sanggup mencoba cara diatas tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel