Subhanallah, Inilah Mukjizat Alquran Tentang Buah Anggur



Anggur

  ''Dia menumbuhkan bagi kau dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala jenis buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu betul-betul ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.'' ( QS: An Nahl: ayat 11)

Aneka ragam buah-buahan segar diciptakan Sang Khalik untuk umat manusia. Di antara sekian banyak buah-buahan itu, salah satu yang disebutkan Allah SWT dalam Quran dalah anggur. Buah yang rasanya yummy itu, disebutkan dalam Quran sebanyak 14 kali.

"Ini mengobrol bahwa betapa banyak lezat yang Allah berikan dan sediakan untuk hamba-Nya, baik saat masih di dunia maupun kelak nanti di kehidupan abadi, yakni nirwana bagi orang-orang yang bertakwa,"  ujar Hisham Tahlbah dalam karyanya bertajuk Al-I'jaz Al Ilmi fi Quran wa al sunnah  (Ensiklopedia Mukzijat Quran dan Hadis).

Anggur merupakan salah satu tumbuhan yang dimengerti umat insan sejak lama.  Menurut Thlbah, anggur sudah dimengerti sejak masa Nabi Nuh AS. Tanaman yang berbuah bagus dan yummy itu berkembang merambat ke atas, bertentangan arah dengan ujung kuncupnya, dan searah dengan penopang anggur.

"Anggur juga sudah dimengerti oleh orang-orang antik selaku tumbuhan berharga tinggi dan memiliki kegunaan sungguh banyak. Kesimpulannya, anggur merupakan salah satu buah yang paling banyak manfaatnya," tutur Tahlbah.

Buah anggur ini, sungguh bagus untuk dimakan, baik saat masih segar ataupun sudah kering. Anggur merupakan buah yang mudah dicerna, sanggup menggemukan, dan mampu menyuplai gizi yang yang cukup. Anggur hijau maupun merah memiliki khasiat yang sama, keduanya sanggup dimanfaatkan untuk menjadi buah, makanan, minuman, maupun selaku obat.

Hal senada juga dituturkan Ibnu Qayyim. Menurutnya, anggur merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. "Anggur merupakan salah satu buah dari sekian banyak buah, salah satu kuliner bergizi dari sekian banyak kuliner bergizi, salah satu obat dari sekian banyak obat, atau salah satu minuman dari sekian banyak minuman," ungkap Ibnu Qayyim.

Sebagai obat, anggur memiliki kandungan gizi yang sungguh tinggi. Tahlbah mengungkapkan, anggur diyakini sanggup mengobati batuk, memurnikan darah, membersihkan usus, pencernaan, bahkan berharga untuk orang-orang yang terkena penyakit lambung. Tak cuma itu, anggur juga sanggup dimanfaatkan bagi siapa pun yang henda melakukan pembatasan makanan (mengatur contoh makanan).

Thalbah menerangkan dalam buku-buku pengobatan pernafasan, anggur  juga memiliki kegunaan selaku obat untuk mendukung pengobatan pernafasan. Untuk mendukung pengobatan tersebut, anggur dimasak menjadi minuman yang berupa jus anggur. "Perasan air anggur juga berharga menurunkan panas tubuh, menghentikan batuk, dan menghasilkan perut merasa nyaman," papar Tahlbah.

Jus anggur, menurut dia, sanggup menolong penyembuhan dari penyakit hemaroid (wasir), gangguan pencernaan, kerikil ginjal dan gangguan kantong empedu. Untuk itu, para peneliti mengusulkan untuk meminum segelas jus anggur, sebelum sarapan dan sebelum makan malam.

Bahkan meminum segelas anggur sebelum tidur juga sanggup menolong anda untuk tidur nyenyak tanpa insomnia yang mengganggu. Jus anggur juga baik untuk orang-orang yang keracunan, keletihan atau dalam masa penyembuhan atau terkena kerikil ginjal (kencing batu).

Menurut para peneliti, jus anggur mesti secepatnya diminum sehabis pembuatannya, alasannya merupakan apabila didiamkan terlalu usang akan bermetamorfosis arak yang memabukkan. "Dari buah kurma dan anggur, kau menghasilkan minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu betul-betul terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti," (QS Al-Nahl (16) ayat 67).

Anggur juga sanggup digunakan selaku cairan pelembab kulit tampang dan untuk materi kosmetika. Abu Muhammad Abdallah Ibn Ahmad Ibn al-Baitar Dhiya al-Din al-Malaqi atau bersahabat disapa Ibnu al-Baitar (1197 M – 1248 M) menuturkan bahwa anggur yang bagus merupakan anggur yang berskala besar, berkulit tipis, berbiji jarang, dan berwarna agak kemerah-merahan. Menurutnya anggur merupakan buah yang paling diminati.

"Ia juga mencakup paling baik dibandingkan buah-buahan lainnya, alasannya merupakan mengandung banyak lemak. Ia sanggup menggemukan orang yang kurus, membersihkan darah, dan memperlancar jalan masuk pencernaan. Anggur juga berharga untuk mengembangkan libido, memulihkan orang yang sakit, dan menguatkan jantung," terang Ibnu Baithar, hebat botani Muslim ternama di era kejayaan Islam di Andalusia.

Anggur muda atau anggur yang masih segar, lanjut Tahlbah, memiliki kegunaan sanggup memampatkan darah yang terus menerus mengalir keluar (pendarahan), menguatkan lambung, memperlancar jalan masuk pencernaan, dan menangani urusan usus besar.

"Dari beberapa observasi diperoleh kesimpulan bahwa anggur merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Anggur sungguh efektif dalam membangun, memperbaiki, dan memperkuat sel-sel tubuh. Ia juga sanggup mengobati sejumlah penyakit. Selain mengobati anggur juga berfungsi untuk melindingi insan dari serangan penyakit," tandas Tahlbah.

Fakta ini mengobrol betapa buah-buahan yang disebutkan Sang Khalik dalam Quran memiliki khasiat dan kegunaan yang luar biasa. Inilah salah satu bukti kemukjizatan ayat-ayat suci Alquran.

Sumber :REPUBLIKA.CO.ID,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel