Soal Latihan Pai Ayat Wacana Iptek (Ilmu Pengetahuan Teknologi) Kelas Xii Sma/Smk Terbaru
Thursday, April 30, 2020
Edit
Contoh Soal Latihan PAI Kelas 12 SMK/SMA Ayat Tentang Iptek (Ilmu Pengetahuan Teknologi)
I. Pilihlah tanggapan yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X)!
1. قُلِ انْظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
Dalam penggalan ayat tersebut di atas terdapat bacaan mad tabi'i sejumlah . . . .
a. tiga b. empat c. lima d. enam e. tujuh
2. Islam ialah agama ilmu pengetahuan. Hal ini terlihat dari perintah Allah Swt. kepada seluruh umat Islam untuk selalu memerhatikan alam semesta. Dalam ayat 101 Surah ke-10, perintah untuk memerhatikan alam semesta memakai kalimat perintah . . . .
a. انْظُرُوا d. وَمَا تُغْنِي
b. السَّمَاوَاتِ e. وَالنُّذُرُ
c. قُلِ
3. Ilmu pengetahuan telah menciptakan asumsi bahwa alam semesta mempunyai lebar penampang . . . miliar tahun cahaya.
a. 20 b. 35 c. 25 d. 40 e. 30
4. Kita diperintah untuk memperhatikan langit dan bumi. Objek paling penting ketika kita memperhatikan bumi ialah . . . .
a. struktur bumi d. Manusia
b. vegetasi bumi e. tumbuhan dan hewan
c. materi penyusun bumi
5. Perhatian pada kehidupan bermasyarakat memperlihatkan kesempatan kepada insan untuk menyusun ilmu . . . .
a. ontologi b. zoologi c. oceanologi d. sosiologi e. herbalogi
6. Alam semesta ialah bukti keagungan Allah Swt. Untuk sanggup memahami hal ini, seseorang harus memenuhi satu syarat penting, yaitu . . . .
a. mempunyai kapasitas keilmuan yang cukup
b. mempunyai daya penalaran
c. beriman kepada Allah Swt.
d. sanggup mengakses akomodasi ilmu pengetahuan
e. mempunyai guru yang tepat untuk memperlihatkan pelajaran
7. Allah Swt. menggelar alam semesta berikut makhluk spesial-Nya yang disebut insan biar Allah Swt. . . . .
a. dikenal
b. dikagumi
c. disembah
d. disebut pencipta
e. dianggap sebagai Yang Mahakuasa
8. Pada Surah al-Baqarah ayat 164 kita menemukan . . . tanda kekuasaan Allah Swt.
a. tiga b. enam c. empat d. tujuh e. lima
9. Mempelajari alam semesta kekuasaan Allah mempunyai dua tujuan utama, yaitu untuk memperbaiki kualitas hidup insan sebagai khalifah Allah Swt. di bumi dan . . . .
a. menyadarkan insan untuk beriman kepada Allah Swt.
b. memperlihatkan jalan menuju pencapaian insan sebagai khalifah Allah
c. memudahkan insan memakai karunia Allah di bumi
d. menjadi tanda bahwa insan ialah makhluk berakal
e. menyediakan isu untuk memanfaatkan kepercayaan Allah Swt.
10. Muatan Surah Yunus ayat 101 dan al-Baqarah ayat 164 mempunyai perbedaan sudut pandang. Surah Yunus ayat 101 lebih menyoroti alam semesta dari sisi . . . .
a. kandungan filosofinya
b. apa yang terdapat di langit dan di bumi
c. pelajaran yang sanggup diambil
d. manfaat bagi kehidupan manusia
e. kesamaan antara insan dengan alam semesta sebagai makhluk Allah Swt
11. Penciptaan alam semesta merupakan karya Zat Yang Mahaagung. Hal ini dibuktikan dengan . . . .
a. keteraturan alam semesta
b. kesenjangan yang ada di alam semesta
c. kekuasaan Allah Swt Yang Maha mampu
d. iradah Allah Swt atas makhluk-Nya
e. takdir Allah Swt yang menyelimuti alam semesta
12. Pada masa keemasan Islam, kaum muslimin melihat alam dan mengembangkannya sebagai bentuk . . . .
a. ketundukan pada alam
b. ketaatan pada petunjuk Rasulullah
c. penerapan ilmu Al-Qur’an
d. pelaksanaan kiprah selaku khalifah
e. ibadah kepada Allah Swt.
13. Ayat-ayat Allah Swt di alam semesta menyediakan tantangan yang berlebih bagi budi manusia. Manusia menjadi subjek bagi pengelolaan bumi dengan karunia yang membedakannya dengan makhluk yang lain. Karunia tersebut berupa . . . .
a. tubuh yang sempurna
b. budi pikiran
c. wawasan yang luas
d. kesempatan untuk menghuni bumi
e. kemampuan untuk menguasai alam semesta
14. Kehidupan di muka bumi ini berjalan dengan niscaya sesuai dengan aturan Allah Swt. Hukum yang niscaya di alam semesta dalam Islam biasa dikenal sebagai . . . .
a. hukum alam
b. nature gesture
c. sunatullah
d. annatijah al-insaniyah
e. al-‘alam al-akbar
15. Penerapan teknologi dalam rangka melakukan perintah Allah Swt. menjadi kewajiban setiap muslim. OIeh alasannya itu, berguru menjadi kiprah yang menempel kepada setiap orang atau berstatus aturan . . . .
a. makruh tanzih b. halal c. makruh d. fardu kifayah e. fardu ain
II. Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!
1. Peringatan Allah Swt. tidak akan berkhasiat bagi orang yang tidak beriman. Bagaimana hal tersebut terjadi?
2. Secara tidak pribadi Allah Swt mewajibkan setiap muslim untuk menguasai ilmu pengetahuan. Meskipun begitu, Allah Swt. tidak memaksa setiap hamba-Nya untuk menguasai setiap ilmu pengetahuan. Mengapa demikian?
3. Pengamalan dari perintah yang terdapat dalam Surah Yunus ayat 101 sanggup dilakukan oleh setiap muslim bagaimanapun kapasitas dirinya. Pengamalan tersebut sanggup kita lakukan dengan menguasai salah satu cabang ilmu pengetahuan atau teknologi. Mengapa demikian?
4. Mengapa Allah Swt. menyatakan bahwa semua keadaan di bumi ini merupakan tanda kekuasaan Allah Swt. bagi orang-orang yang mengerti?
5. Bagaimanakah perilaku kita selaku umat Islam dalam rangka menyikapi Surah al-Baqarah ayat 164?
6. Mengapa pada Surah Yunus ayat 101 Allah Swt. memerintahkan kita untuk memperhatikan langit dan bumi?
7. Apakah maksud dari perintah memperhatikan isi langit dan bumi dengan pengembangan ilmu pengetahuan?
8. Apakah kiprah kaum muslimin dalam pengembangan ilmu pengetahuan bagi dunia?
9. Bagaimanakah pengamatan alam semesta sanggup meningkatkan keimanan seseorang?
10. Apakah pesan yang tersirat di balik pergantian siang dan malam?
I. Pilihlah tanggapan yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X)!
1. قُلِ انْظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
Dalam penggalan ayat tersebut di atas terdapat bacaan mad tabi'i sejumlah . . . .
a. tiga b. empat c. lima d. enam e. tujuh
2. Islam ialah agama ilmu pengetahuan. Hal ini terlihat dari perintah Allah Swt. kepada seluruh umat Islam untuk selalu memerhatikan alam semesta. Dalam ayat 101 Surah ke-10, perintah untuk memerhatikan alam semesta memakai kalimat perintah . . . .
a. انْظُرُوا d. وَمَا تُغْنِي
b. السَّمَاوَاتِ e. وَالنُّذُرُ
c. قُلِ
3. Ilmu pengetahuan telah menciptakan asumsi bahwa alam semesta mempunyai lebar penampang . . . miliar tahun cahaya.
a. 20 b. 35 c. 25 d. 40 e. 30
4. Kita diperintah untuk memperhatikan langit dan bumi. Objek paling penting ketika kita memperhatikan bumi ialah . . . .
a. struktur bumi d. Manusia
b. vegetasi bumi e. tumbuhan dan hewan
c. materi penyusun bumi
5. Perhatian pada kehidupan bermasyarakat memperlihatkan kesempatan kepada insan untuk menyusun ilmu . . . .
a. ontologi b. zoologi c. oceanologi d. sosiologi e. herbalogi
6. Alam semesta ialah bukti keagungan Allah Swt. Untuk sanggup memahami hal ini, seseorang harus memenuhi satu syarat penting, yaitu . . . .
a. mempunyai kapasitas keilmuan yang cukup
b. mempunyai daya penalaran
c. beriman kepada Allah Swt.
d. sanggup mengakses akomodasi ilmu pengetahuan
e. mempunyai guru yang tepat untuk memperlihatkan pelajaran
7. Allah Swt. menggelar alam semesta berikut makhluk spesial-Nya yang disebut insan biar Allah Swt. . . . .
a. dikenal
b. dikagumi
c. disembah
d. disebut pencipta
e. dianggap sebagai Yang Mahakuasa
8. Pada Surah al-Baqarah ayat 164 kita menemukan . . . tanda kekuasaan Allah Swt.
a. tiga b. enam c. empat d. tujuh e. lima
9. Mempelajari alam semesta kekuasaan Allah mempunyai dua tujuan utama, yaitu untuk memperbaiki kualitas hidup insan sebagai khalifah Allah Swt. di bumi dan . . . .
a. menyadarkan insan untuk beriman kepada Allah Swt.
b. memperlihatkan jalan menuju pencapaian insan sebagai khalifah Allah
c. memudahkan insan memakai karunia Allah di bumi
d. menjadi tanda bahwa insan ialah makhluk berakal
e. menyediakan isu untuk memanfaatkan kepercayaan Allah Swt.
10. Muatan Surah Yunus ayat 101 dan al-Baqarah ayat 164 mempunyai perbedaan sudut pandang. Surah Yunus ayat 101 lebih menyoroti alam semesta dari sisi . . . .
a. kandungan filosofinya
b. apa yang terdapat di langit dan di bumi
c. pelajaran yang sanggup diambil
d. manfaat bagi kehidupan manusia
e. kesamaan antara insan dengan alam semesta sebagai makhluk Allah Swt
11. Penciptaan alam semesta merupakan karya Zat Yang Mahaagung. Hal ini dibuktikan dengan . . . .
a. keteraturan alam semesta
b. kesenjangan yang ada di alam semesta
c. kekuasaan Allah Swt Yang Maha mampu
d. iradah Allah Swt atas makhluk-Nya
e. takdir Allah Swt yang menyelimuti alam semesta
12. Pada masa keemasan Islam, kaum muslimin melihat alam dan mengembangkannya sebagai bentuk . . . .
a. ketundukan pada alam
b. ketaatan pada petunjuk Rasulullah
c. penerapan ilmu Al-Qur’an
d. pelaksanaan kiprah selaku khalifah
e. ibadah kepada Allah Swt.
13. Ayat-ayat Allah Swt di alam semesta menyediakan tantangan yang berlebih bagi budi manusia. Manusia menjadi subjek bagi pengelolaan bumi dengan karunia yang membedakannya dengan makhluk yang lain. Karunia tersebut berupa . . . .
a. tubuh yang sempurna
b. budi pikiran
c. wawasan yang luas
d. kesempatan untuk menghuni bumi
e. kemampuan untuk menguasai alam semesta
14. Kehidupan di muka bumi ini berjalan dengan niscaya sesuai dengan aturan Allah Swt. Hukum yang niscaya di alam semesta dalam Islam biasa dikenal sebagai . . . .
a. hukum alam
b. nature gesture
c. sunatullah
d. annatijah al-insaniyah
e. al-‘alam al-akbar
15. Penerapan teknologi dalam rangka melakukan perintah Allah Swt. menjadi kewajiban setiap muslim. OIeh alasannya itu, berguru menjadi kiprah yang menempel kepada setiap orang atau berstatus aturan . . . .
a. makruh tanzih b. halal c. makruh d. fardu kifayah e. fardu ain
II. Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!
1. Peringatan Allah Swt. tidak akan berkhasiat bagi orang yang tidak beriman. Bagaimana hal tersebut terjadi?
2. Secara tidak pribadi Allah Swt mewajibkan setiap muslim untuk menguasai ilmu pengetahuan. Meskipun begitu, Allah Swt. tidak memaksa setiap hamba-Nya untuk menguasai setiap ilmu pengetahuan. Mengapa demikian?
3. Pengamalan dari perintah yang terdapat dalam Surah Yunus ayat 101 sanggup dilakukan oleh setiap muslim bagaimanapun kapasitas dirinya. Pengamalan tersebut sanggup kita lakukan dengan menguasai salah satu cabang ilmu pengetahuan atau teknologi. Mengapa demikian?
4. Mengapa Allah Swt. menyatakan bahwa semua keadaan di bumi ini merupakan tanda kekuasaan Allah Swt. bagi orang-orang yang mengerti?
5. Bagaimanakah perilaku kita selaku umat Islam dalam rangka menyikapi Surah al-Baqarah ayat 164?
6. Mengapa pada Surah Yunus ayat 101 Allah Swt. memerintahkan kita untuk memperhatikan langit dan bumi?
7. Apakah maksud dari perintah memperhatikan isi langit dan bumi dengan pengembangan ilmu pengetahuan?
8. Apakah kiprah kaum muslimin dalam pengembangan ilmu pengetahuan bagi dunia?
9. Bagaimanakah pengamatan alam semesta sanggup meningkatkan keimanan seseorang?
10. Apakah pesan yang tersirat di balik pergantian siang dan malam?
Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.