Soal Dan Tanggapan Ujian Selesai Semester Genap Tafsir Ilmu Tafsir Kelas Xii Ma (Copy)

Contoh Soal dan Jawaban Ujian Akhir Semester Genap Tafsir Ilmu Tafsir Kelas XII MA
Pilihlah dan lingkari balasan yang paling benar!

1. وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ   Arti yang sesuai dengan ayat diatas adalah....
a. Engkau cabut kerajaan dari orang yang engkau kehendaki.
b. Engkau berikan kerajaan dari orang yang engkau kehendaki.
c. Engkau muliakan orang yang engkau kehendaki.
d. Engkau kehendaki orang yang berkuasa.
e. Engkau Maha kuasa atas segalanya.

2. Ayat yang menjelaskan wacana kepemimpinan adalah....
a. QS. Al-Imran: 26.
b. QS. At-Taubah : 85.
c. QS. An-Nisa’ : 26.
d. QS. Al-Baqarah: 173.
e. QS. An-Nahl : 69.

3. Makna paling bersahabat dengan lafaz  تُؤَدُّوا....
a. Menerima.
b. Menyuruh.
c. Menyampaikan.
d. Menetapkan.
e. Menunaikan.

4. Kandungan surat An-Nisa’ ayat 58 yaitu keharusan seorang pemimpin mempunyai ....
a. Kesehatan jasmani dan adil.
b. Kekayaan dan amanah.
c. Sifat amanah dan adil.
d. Keberanian dan adil.
e. Kekuatan dan amanah.

5. Terjemahan yang sempurna dari QS. Ali ‘Imran: 190 di bawah ini adalah.....

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

a. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal 
b. Sesungguhnya dalam penciptaan nirwana dan neraka , dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal 
c. Sesungguhnya dalam penciptaan bumi dan bulan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal 
d. Sesungguhnya dalam penciptaan insan dan hewan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal 
e. Sesungguhnya dalam penciptaan planet-planet,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal

6. Tujuan penciptaan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam berdasarkan QS. Ali ‘Imran: 190. Adalah....

a. Membuktikan bahwa Allah Swt itu Maha Adil dan perkasa
b. Membuktikan wacana tauhid,keesaan dan kekuasaan Allah SWT 
c. Membuktikan wacana kekutan Allah dan manusia
d. Mencontohkan orang orang yang soleh
e. Memberikan wangsit untuk masuk agama islam ٰ

7. لِأُولِي الْأَلْبَابِ yang dimaksudkan dengan kata “ulul albab” dalam surah. Ali ‘Imran: 190 adalah......
a. Orang-orang yang suka bersabar
b. Orang-orang yang berakal 
c. Orang-orang yang taat beribadah
d. Orang-orang yang yang beriman dan bertaqwa
e. Orang-orang yang suka bersedekah

8. Dalam QS. al-Isra’: 36 terdapat kata Al-Fu’ad berasal dari kata f a d, yang bermakna .
a. Lihat,atau menaruh dalam gerak
b. Gerak,atau menaruh dalam melihat
c. Melihat,atau menaruh kegelapan
d. Gerak,atau menaruh dalam gerak 
e. Merasa sepi di ketika suasana ramai

9. Bacalah dengan seksama ayat al-Qur’an berikut ini

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا ۚ أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

Ayat tersebut di atas merupakan potongan dari ayat-ayat al-Qur’an surah.....
a. QS. Ali ‘Imran: 193
b. QS. al-A’raf: 179 
c. QS. Ali ‘Imrân: 191
d. QS. ar-Rahman: 1-4
e. QS. al-Isra’: 36

10. فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ Potongan ayat yang menunjuk sifat mulia Rasulullah Saw, yaitu…
a. Lemah lembut 
b. Memaafkan
c. Ramah
d. Penuh kasih
e. Memberi

12. وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ Kalimat yang bergaris bawah menunjukkan…
a. Bersikap keras lagi kasar 
b. Bersikap keras dan berani
c. Bersikap tegas kepada kawan
d. Bersikap tegas dan keras
e. Bersikap tegas kepada lawan

13. Kandungan dalam surat Ali ‘Imran ayat 159 memperlihatkan bahwa …
Pemimpin hendaknya bersifat lemah lembut 
Pemimpin boleh bersifat kasar
Pemimpin tidak perlu lemah lembut
Pemimpin boleh memarahi
Semua balasan benar

14. فَاعْفُ عَنْهُمْ adalah memberi maaf dalam arti…
a. Memaafkan segala kesalahan 
b. Menghapus semua kesalahan
c. Menganggap tidak pernah bersalah
d. Tidak mengingat lagi kesalahanya
e. Semua balasan benar

15. Pengertian “Azm” adalah…
a. Bercita-cita
b. Membulatkan tekad 
c. Mewujudkan tujuan
d. Berkeinginan kuat
e. Bersungguh Sungguh

16.(فَاسْعَوْا ) terambil dari kata سىع yang berarti....
a. Berjalan cepat 
b. Berjalan lambat
c. Berjalan pada malam hari
d. Berjalan pada siang hari
e. Berlari

17. (ذِكْرِ اللَّهِ ) arti potongan ayat di samping ....
a. Menyembah Allah
b. Menyekutukan Allah
c. Memuji Allah
d. Mangingat Allah 
e. Melupakan Allah

18. Al-Qur’an melarang orang mukmin mukallaf melaksanakan transaksi jual beli pada ketika muadzin telah mengumandangkan adzan untuk shalat jumat terdapat pada ayat….
a. QS. Al-Jumu’ah ayat 9 
b. QS. Al-Jumu’ah ayat 10
c. QS. Ali Imrân: 59
d. QS. Al-Qashash 77
e. QS. Al-Muzammil: 2

19. لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ potongan ayat ini menginformasikan bahwa orang beriman sehabis melaksanakan shalat jumat, kemudian mempunyai etos kerja yang tinggi akan memperoleh….
a. Keberuntungan 
b. Keberkahan
c. Rizki melimpah
d. Pahala yang besar
e. Kemuliaan hidup

20. Perintah bertebaran di bumi untuk mencari karunia Allah Swt sehabis selesai menunaikan shalat Jum’at yaitu ....
a. Wajib
b. Sunnah
c. Mubah
d. Haram
e. Makruh

21. Setelah bermusyawarah dan menyepakati keputusan bersama, maka Allah Swt memerintahkan untuk….
a. Menjaga kesepakatan
b. Mentaati hasil musyawarah
c. Melakukan sujud syukur
d. Bertawakal kepada Allah 
e. Memohon ampun kepada Allah

22. Pemberiaan maaf pada tingkatan tertinggi adalah…
a. Melupakan kesalahan
b. Menganggap tidak pernah bersalah
c. Memaafkan dan berbuat baik kepada yang bersalah 
d. Menghilangkan kesalahan
e. Semua balasan benar

23. Kata إقسط Pengertianya yaitu mengarah pada perilaku ..
a. Tidak memihak 
b. Satu arah
c. Jawaban a dan b benar
d. Biasa saja
e. Serasi

24. QS. Al-Hujurat ayat 13 yaitu menjelaskan tentang….
a. Kemajemukan 
b. Perselisihan
c. Perdamaian
d. Kesatuan
e. Persahabatan

25. Kata “ta’arafu ” dalam QS. Al-Hujurat ayat 13 bermakna…
a. Saling mempekenalkan
b. Saling menghormati
c. Saling berwasiat
d. Saling mengenal 
e. Saling menyapa

26. Bacalah dengan seksama ayat al-Qur’an berikut ini.

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ

Terjemahan yang sempurna untuk potongan ayat diatas adalah...........
a. Dan bergotong-royong kami jadikan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari Jin dan Malaikat
b. Dan bergotong-royong kami jadikan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari Manusia dan Malaikat
c. Dan bergotong-royong kami jadikan untuk (isi Surga) kebanyakan dari Malaikat dan Manusia
d. Dan bergotong-royong kami jadikan untuk (isi Rumah) kebanyakan Manusia yang sholeh
e. Dan bergotong-royong kami jadikan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari Jin dan Manusia

27. Perhatikan potongan ayat berikut ini

إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Arti yang sempurna untuk kalimat yang bergaris bawah pada potongan ayat diatas adalah.....
a. Hati dan pikiran
b. Pendengaran
c. Akal pikiran
d. Pengelihatan
e. Pertanggung jawaban

28. Perumpamaan orang yang tidak memanfaatkan potensi yang diberikan Allah, berdasarkan potongan ayat berikut ini ialah....

أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

a. Seperti orang-orang yang kehilangan akal
b. Seperti seekor keledai yang dungu
c. Seperti binatang ternak 
d. Seperti orang-orang yang mabuk
e. Seperti orang-orang yang kehilangan ingatan

29. “Mereka mempunyai indera pendengaran (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat ayat Allah)” Potongan ayat yang sempurna untuk terjemahan ini adalah....
a. إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ
b. وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا
c. لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا
d. وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا
e. أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

30. Arti yang sempurna untuk kalimat (عَلَّمَ) adalah....
a. Mengajarkan 
b. Mendengar
c. Memikirkan
d. Mendidik
e. Mempelajari

31. Manakah yang termasuk kesimpulan dari dari surat Al-Imran : 26 ....
a. Larangan keras Allah untuk menentukan orang kafir sebagai pemimpin.
b. Amanah merupakan landasan etika dan moral dalam bermuamalah.
c. Pengetahuan dan kekuasaan Allah yaitu mutlak.
d. Islam mengajarkan supaya keadilan sanggup diwujudkan dalam setiap waktu dan kesempatan.
e. Amanah merupakan hak bagi mukallaf.

32. Arti lafadz yang paling sempurna dari أَوْلِيَاءَ adalah....
a. Pelindung atau Penolong.
b. Pemberi.
c. Pemaaf.
d. Pemotifasi.
e. Penyelamat.

33. “Berlaku adillah, lantaran adil itu…” Lanjutan terjemah QS Al-Ma’idah: 8 yaitu ....
a. Lebih bersahabat kepada takwa.
b. Lebih bersahabat dengan iman.
c. Lebih menentramkan jiwa.
d. Menegakkan kebenaran.
e. Membawa keberkahan.

35. Pemimpin mempunyai kedudukan sangat penting lantaran sebagai penentu kebijakan yang terkait dengan hajat hidup orang banyak. Pernyataan di atas termasuk kesimpulan dari....
a. QS.Al-Maidah :56-57
b. QS-An-Nisa’ : 144.
c. QS.Al-Baqarah : 144.
d. QS.Al-Imran : 26.
e. QS.An-Nisa’ : 58.

36. Nama saudagar yang membawa barang dagangan dari Syam yang terdapat dalam asbabun nuzul Q.S. Al Jumu’ah : 11 yaitu ....
a. Dihyat ibn Khalifah Al-Kalbi 
b. As Sa’labah
c. Ubay bin Ka’ab
d. Zubair Ibn Awwam
e. Al Mughirah Bin Su’bah

37. Islam mengajarkan umatnya untuk ....
a. Mementingkan urusan akherat dan meninggalkan urusan duniawi
b. Melakukan acara duniawi dan melaksanakan aktifitas ukhrawi seperlunya.
c. Melakukan acara untuk ukhrawi dan tidak meninggalkan acara duniawi. 
d. Meninggalkan aktifitas duniawi dan ukhrawi.
e. Lebih mementingkan urusan duniawi daripada urusan ukhrawi.

38. Larangan untuk tidak melaksanakan transaksi jual beli terdapat dalam surah....
a. Q.S. al-Jumu’ah : 19
b. Q.S. al-Jumu’ah : 9 
c. Q.S. al-Qashash : 77
d. Q.S. at-Taubah : 38
e. Q.S. an-Nisâ’:58

39. Kata ( خَيْرٌ )artinya....
a. Lebih utama
b. Lebih terpuji
c. Lebih menyenangkan
d. Lebih baik 
e. Lebih dermawan

40. ( آتَاكَ ) Penggalan ayat di samping berarti ....
a. Yang telah dianugerahkan kepadamu.
b. Yang telah diberikan kepadamu.
c. Yang telah dilimpahkan Allah kepadamu.
d. Yang telah dianugerahkan Allah kepadamu. 
e. Yang telah diberkahi Allah kepadamu.

B. Jawablah Pertanyaan Berikut dengan Benar.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar. 

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Ulul albab” sebagaimana digambarkan dalam QS. Ali Imran: 190-191!
2. Uraikan dengan terang apa isi kandungan dari Al-Qur’an surah Al-Isra’: 36!
3. Jelaskan “Asbabun Nuzul” atau latar belakang diturunkannya Al-Qur’an surah ArRahman: 1-4.!
4. Diantara taktik menuntaskan perselisihan berdasarkan ananda yang baik adalah?
5. Sebutkan satu cara yang sanggup dilakukan untuk menjaga kerukunan antara sesama manusia?
6. Uraikan isi kandungan dari QS. al-Hujurat ayat 13.!
7. Sebutkan beberapa perintah Allah yang terkandung dalam QS. Al-Jumu’ah: 9-11
8. Uraikanlah isi kandungan yang terdapat dalam QS. Al-Qashash: 77
9. Jelaskan ciri-ciri mukmin yang mempunyai etos kerja sebagaimana tertuang dalam QS. Al-Jumu’ah: 9-11
10. Jelaskan dua macam kebahagiaan yang harus diraih sebagaimana di jelaskan dalam QS. Al-Qashash: 77

Jawaban Essay

1. Ulul Albab yaitu orang-orang yang mempunyai nalar yang murni, yang tidak diselubungi oleh kulit, yakni kabut ide, yang sanggup melahirkan kerancuan dalam berpikir. Yang merenungkan wacana fenomena alam raya akan sanggup hingga kepada bukti yang sangat aktual wacana keesaan dan kekuasaan Allah SWT

2. Al-Maraghi dalam tafsirnya menjelaskan bahwa ayat ini memberi tuntunan bahwa tidak boleh mengikuti sesuatu yang tidak ada pengetahuan wacana hal itu, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Bahkan al-Qatadah menegaskan, janganlah seseorang menyampaikan mendengar padahal ia belum mendengarnya, jangan menyatakan melihat padahal ia sendiri belum melihatnya dan jangan pula menyatakan mengetahui sesuatu padahal ia sendiri belum mengetahuinya. Karena itulah Rasu Saw. “meminta umatnya untuk menjauhi perilaku menduga-duga (dzan) atau berprasangka lantaran hal itu termasuk perbuatan dosa”.

3. Al-Maraghi menjelaskan bahwa asbabun nuzul surah Ar-Rahman adalahorangorang Kafir Mekah menuduh bahwa Nabi Muhammad diajari oleh seseorang wacana Al-Quran. Ini diungkap dalam ayat: Innama yu’allimuhu basyarun. Surat ArRahman menjawab bahwa Allah Yang Maha Rahman yang mengajari Al-Qu’ran kepada Nabi Muhammad SAW.

4. taktik menuntaskan perselisihan yaitu saling memaafkan, dan memusyawarahkan hal yang menjadi perselisihan.

Setelah mencapai hasil musyawarah maka untuk mencapai yang terbaik dari hasil suatu musyawarah, korelasi dengan Tuhan pun harus harmonis, itu sebabnya hal ketiga yang harus mengiringi musyawarah yaitu permohonan magfirah dan ampunan Ilahi, sebagaimana ditegaskan oleh pesan QS. Ali-‘Imran: 159

Kendatipun hasil musyawarah untuk menuntaskan perselisihan itu sudah dicapai, hendaklah tetap menyandarkan diri dengan bertawakkal kepada Allah supaya keputusan yang telah diambil bersama itu tidak menyalahi ketentuanNya dan dimudahkan jalannya oleh Allah dalam melaksanaan hasil keputusan musyawarah tersebut.

5. Harus saling menghargai satu dengan yang lain tanpa membedakan warna kulit, budaya, bahasa dan suku bangsa.

6. Isi kandungan dari QS. al-Hujurat ayat 13 yaitu menjelaskan wacana prinsip dasar korelasi antara manusia. bahwa insan diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling berta’aruf (mengenal). Mengenal (ta’aruf) secara baik antar individu satu dengan individu lainnya, akan berimplikasi pada pola korelasi yang saling menghargai dan menghormati antar sesama sehingga mengakibatkan kehidupan yang dialogis dan harmonis. Kesamaan status kemanusiaan, mendorong insan untuk berusahalah untuk meningkatkan ketaqwaan supaya menjadi yang termulia di sisi Allah.

7. a. Menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kau kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.
b. Setelah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kau di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kau beruntung

8. a. Allah memerintahkan insan bekerja dan berusaha untuk kepentingan urusan duniawi dan ukhrawi secara seimbang. Tidak boleh orang mengejar duniawinya saja, dan melupakan akhiratnya. Begitu juga sebaliknya. Keduanya hendaknya berjalan dan diperhatikan secara seimbang.

b. Memerintahkan insan supaya berbuat baik terhadap sesamanya, sebagaimana Allah berbuat baik kepada manusia.

c. Melarang insan menciptakan kerusakan, baik kerusakan untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungan. Manusia harus merawat dan menjaga bumi, tidak boleh dirusak.

9. Ciri-ciri mukmin yang memilki etos kerja yaitu selalu melaksanakan ibadah shalat kepada Allah apabila azan sudah dikumandangkan(menghentikan aktifitas). selanjtnya selalu bekerja keras dan selalu mengingat Allah Swt.

10. Adapun dua kebahagian yang harus diraih yaitu kebahagian dunia dan akhirat. Allah memerintahkan insan bekerja dan berusaha untuk kepentingan urusan duniawi dan ukhrawi secara seimbang. Tidak boleh orang mengejar duniawinya saja, dan melupakan akhiratnya. Begitu juga sebaliknya. Keduanya hendaknya berjalan dan diperhatikan secara seimbang.

Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel