Ide - Wangsit Pedoman Pembaharuan Al Tahtawi (Rifa`Ah Badawi Al-Tahtawi)
Thursday, April 30, 2020
Edit
Al-Tahtawi nama lengkapnya ialah Rafa`ah Bey Badawi Al-Tahtawi, lahir di kota Tahta (di dataran tinggi Mesir) pada masa pemerintahan Muhammad Ali, yaitu pada tahun 1802 M. Orang tuanya dari kaum bangsawan, tetapi sedikit pengalaman. Namun keluarganya yang tradisi keagamaannya besar lengan berkuasa itu menyebabkan al-Tahtawi tekun mempelajari Al-Qur’an semenjak kecil.
Ketika remaja (16 tahun) ia berangkat ke Kairo untuk berguru di Al-Azhar, dibawah pengawasan atau bimbingan syekh Hassan Al-Attar. Al-Tahtawi ialah murid kesayangnya. Setelah limaia menerima menuntaskan studinya (1822 M) Hasan Al-Attar banyak relasi dengan para ilmuwan Perancis yang dating dengan Napoleon ke Mesir.
Ide - pandangan gres Pembaharuan Al Tahtawi.
1. Bidang Pendidikan.
Al Tahtawi semasa hidupnya banyak waktu yang dihabiskan untuk mengajar, dan mengatur pendidikan; Dia menemukan ide-ide mengenai pendidikan dalam buku yang ditulisnya. Dia menyatakan, bahwa pendidikan itu harus ada kaitannya dengan masalah-masalah masyarakat dan lingkungannya.
Pemikiran Al Tahtawi mengenai pendidikan ada dua pokok yang di nilai penting :
Pertama pendidikan yang bersifat universal dan emansipasi wanita. Pendidikan hendakmya bersifat universal dan sama bentuknya bagi semua golongan, selain itu bahwa masyarakat yang terdidik akan lebih gampang dibina dan sekaligus sanggup menghindari masing-masing dari dampak negatif. Pemikiran ini dinilai sebagai rintisan bagi pemikiran pendidikan yang bersifat demokratis.
Kedua mengenai pendidikan bangsa. Menurutnya bahwa pendidikan bukan hanya terbatas pada acara untuk mengajarkan pengetahuan, melainkan juga untuk membentuk kepribadian dan menenamkan patriotisme. Tanah air ialah kawasan tinggal, tanah kelahiran yang dinikmati setiap warganya.
Untuk melengkapi pemikiran pendidikan Al Tahtawi dilengkapi juga pandangan gres pendidikannya dengan kurikulum yang dihubungkan kepentingan agama dan Negara. Kurikulum yang dirumuskan oleh Al Tahtawi ialah sebagai berikut :
Pertama kurikulum untuk tingkat pendidikan dasar terdiri atas mata pelajaran membaca, menulis yang sumbernya ialah Al-Qur’an, nahwu dan dasar-dasar berhitung.
Kedua untuk tingkat menengah (tajhizi) terdiri atas : pendidikan jasmani dan cabang-cabangnya, ilmu bumi. Sejarah, mantiq, biologi, fisika, kimia, manajemen, ilmu pertanian, mengarang, peradaban, sebagian bahasa gila yang bermanfaat bagi Negara.
Ketiga untuk menengah atas ( `aliyah ) mata pelajaran terdiri atas : mata pelajaran kejuruan. Mata pelajaran tersebut diberikan secara mendalam dan mencakup fiqh, kedokteran, ilmu bumi dan sejarah. Pemikiran perihal pendidikan yang diterapkan oleh Al Tahtawi di tulis pada buku al-Mursyid al-Amin fi Tarbiyah al-Banin (pedoman perihal pendidikan anak). Buku ini menandakan perihal ide-ide pendidikan yang mencakup :
1) Pembagian jenjang pendidikan atas tingkat permulaan, menengah, dan pendidikan tinggi akhir.
2) Pendidikan diperlukan, kerana pendidikan merupakan salah satu jalan untuk mencapai kesejahteraan.
3) Pendidikan mesti dilaksanakan dan diperuntukan bagi segala golongan. Maka tidak ada perbedaan antara pendidikan anak pria dan anak perempuan.
Pemikiran mengenai persamaan antara pria dan pendidikan anak perempuan ini dinilai sebagai mencontoh pandangan gres pemikiran Yunani.Anak anak perempuan harus memperoleh pendidikan yang sama dengan anak lelaki. Pendidikan terhadap perempuan merupakan suatu hal yang sangat penting alasannya dua alasan, yaitu :
1) Wanita sanggup menjadi istri yang baik dan sanggup menjadi kawan suami dalam kehidupan sosial dan intelektual.
2) Agar perempuan sebagai istri mempunyai keterampilan untuk bekerja dalam batas-batas kemampuan mereka sebagai wanita.
2. Bidang Ekonomi.
Menurut Al Tahtawi ekonomi Mesir, tergantung pada pertanian, ia memuji perjuangan di jalankan Muhammad Ali dalam lapangan ini. Juga ia menekankan pendapat hebat ekonomi Eropa menyampaikan bahwa Mesir mempunyai potensi besar dalam lapangan ekonomi. Memajukan ekonomi, sejahteraan dunia akan tercapai. Hal ini, ialah gres alasannya tradisi dalam Islam untuk mementingkan kehidupan dunia.
Al Tahtawi menekankan bahwa pembangunan perekonomian Mesir diawali dengan kepedulian seluruh bangsa Mesir, sedangkan kunci ialah pendidikan yang akan menghasilkan tenaga hebat terampil dalam masyarakat. Beberapa pandangan gres yang dikemukan Al Tahtawi mengenai bidang ekonomi, termuat dalam karya tulisannya “kitab Takhlish al Ibriz ila talkhis bariz”
3. Bidang Kesejahteraan.
Kemajuan suatu Negara, ditandai meratanya kesejahteraan rakyat dan juga meningkatkan jegiatan perekonomian, sehingga stabilitas Negara sanggup dicapai.Sebagaimana diungkapkan oleh Tahtawi, dalam bukunya ”Manahij” bahwa insan intinya mempunyai dua tujuan, yaitu menjalankan perintah Tuhan dan mencari kesejahteraan didunia, sebagaimana yang dicapai oleh bangsa Eropa modern. Oleh alasannya itu, kesejahteraan umat Islam harus diperoleh atas dasar melakasanakan aliran agama, berbudi pekerti baik dan ekonomi yang maju.
4. Bidang Pemerintahan.
Ide Al Tahtawi perihal Negara dan masyarakat, bukan hanya sekedar pandangan tradisional belaka, dan bukan pula hanya sebagai refleksi pengalaman dan pengetahuan yang telah didapatnya di Paris. Tetapi merupakan kopmbinasi dan persenyawaan dari keduanya. Dia mengemukakan contoh-contoh yang diteladani yaitu nabi Muhammad Saw. Dan para sobat dalam melaksanakan pemerintahan yang mempunyai hak kekuasaan mutlak, yang dalam pelaksanaan pemerintahannya harus dengan adil berdasarkan undang-undang. Untuk kelancaran pelaksanaan undang-undang itu harus ditangani oleh tiga tubuh yang terpisah yaitu Legislatif, Executif dan Judicatif (Trias Politica Montesque).
Menurut Al tahtawi, masyarakat suatu Negara, terdiri dari empat (empat) golongan; dua golongan yang memerintah, dua golongan yang lain diperintah. Dua golonan yang memerintah ialah raja dan para ulama (dua para ilmuan). Sedang dua golonan yang diperintah ialah tentara dan para produsen (termasuk semua rakyat).
Golongan yang diperintah (rakyat) ini, harus patuh dan setia kepada pemerintah . Meskipun sebenarnya, seorang raja hanya bertanggung jawab kepada Allah Swt saja. Raja dihentikan melupakan kepentingan rakyat. Raja harus senantiasa harus ingat kepada Allah Swt dan siksaan yang disediakan bagi orang yang dzalim. Rasa takut seorang raja kepada Allah Swt, akan menciptakan raja berlaku baik kepada rakyatnya.
5. Patrotisme Ala Al Tahtawi.
Al Tahtawi ialah orang Mesir yang pertama penganjur patriotisme. Paham bahwa seluruh dunia Islam ialah tanah air bagi setiap individu muslim, mulai di rubah penekannya. Al Tahtawi menekankan bahwa tanah air ialah tanah tumpah darah seseorang, bukan seluruh dunia Islam. Ia beropini bahwa selain adanya persaudaraan se-agama, juga ada persaudaraan setanah air. Dalam perkembangan dunia Islam selanjutnya persaudaraan tanah air ternyata lebih dominan.
Patriotisme ialah dasar yang besar lengan berkuasa untuk mendorong orang mendirikan suatu masyarakat yang mempunyai pradaban. Kata “Wathan” dan “Hubul Wathan” (patriotisme) kelihatannya selalu digunakan oleh Patriotisme ialah dasar yang besar lengan berkuasa untuk mendorong orang mendirikan suatu masyarakat yang mempunyai peradaban.
6. Ijtihad dan Sain Modern.
Memahami syari’at Islam berdasarkan Al-Tahtawi merupakan sangat penting dan mempunyai kesadaran bahwa syari’at niscaya senantiasa up to date, cocok untuk segala zaman dan tempat.orang yang mengerti serta memahami syari’at Islam, Al Tahtawi yakin akan pentingnya kesadaran bahwa syari’at niscaya senantiasa berlaku se[anjang masa, cocok untuk segala zaman dan tempat.
Sains dan pemikiran rasional pada dasarya tidak bertentangan dengan syari’at Islam. Karena itu, ijtihad harus dilakukan oleh ulama. Ulama harus sanggup merubah masyarakat yang berfikiran statis dan tradisional. Dalam bukunya “Al Qaul al Sadid fi al ijtihad wa al Taqlid” menguraikan pentingnya ijtihad dan syarat-syarat menjadi mujtahid, serta dalil dalil dan tingkatan para mujtahid.
Perkembangan sains dan teknologi disamping untuk neningkatkan upaya kualitas umat Islam dalam melaksanakan ijtihad, juga sanggup menunjang kesejahteraan kehidupan kaum muslimin di dunia sebagaimana telah dikembangkan di Eropa.Gagasan tersebut menjadi fokus penting dan pemikiran dan pembaharuan Al Tahtawi. Oleh alasannya itu, sebagian besar hidupnya disumbangkan untuk mendukung gagasannya dengan menerjemahkan buku buku biar umat Islam mengetahui budaya yang maju di Barat. Disamping sebagai penulis dan menjadi pimpinan dalarn beberapa pendidikan.
Al Tahtawi dalam hal Fatalisme ia mencela orang Paris alasannya mereka tidak percaya pada qadha’ dan qadar. Menurutnya, orang Islam harus percaya pada qadha’ dan qadar Tuhan, tetapi disamping itu harus berusaha. Manusia dihentikan mengembalikan segala-galanya pada qadha’ dan qadar. Karena pendirian serupa lilin, menunjukkan kelemahan. Tetapi berusaha semaksimal dulu, gres menyerah.
Ketika remaja (16 tahun) ia berangkat ke Kairo untuk berguru di Al-Azhar, dibawah pengawasan atau bimbingan syekh Hassan Al-Attar. Al-Tahtawi ialah murid kesayangnya. Setelah limaia menerima menuntaskan studinya (1822 M) Hasan Al-Attar banyak relasi dengan para ilmuwan Perancis yang dating dengan Napoleon ke Mesir.
Ide - pandangan gres Pembaharuan Al Tahtawi.
1. Bidang Pendidikan.
Al Tahtawi semasa hidupnya banyak waktu yang dihabiskan untuk mengajar, dan mengatur pendidikan; Dia menemukan ide-ide mengenai pendidikan dalam buku yang ditulisnya. Dia menyatakan, bahwa pendidikan itu harus ada kaitannya dengan masalah-masalah masyarakat dan lingkungannya.
Pemikiran Al Tahtawi mengenai pendidikan ada dua pokok yang di nilai penting :
Pertama pendidikan yang bersifat universal dan emansipasi wanita. Pendidikan hendakmya bersifat universal dan sama bentuknya bagi semua golongan, selain itu bahwa masyarakat yang terdidik akan lebih gampang dibina dan sekaligus sanggup menghindari masing-masing dari dampak negatif. Pemikiran ini dinilai sebagai rintisan bagi pemikiran pendidikan yang bersifat demokratis.
Kedua mengenai pendidikan bangsa. Menurutnya bahwa pendidikan bukan hanya terbatas pada acara untuk mengajarkan pengetahuan, melainkan juga untuk membentuk kepribadian dan menenamkan patriotisme. Tanah air ialah kawasan tinggal, tanah kelahiran yang dinikmati setiap warganya.
Untuk melengkapi pemikiran pendidikan Al Tahtawi dilengkapi juga pandangan gres pendidikannya dengan kurikulum yang dihubungkan kepentingan agama dan Negara. Kurikulum yang dirumuskan oleh Al Tahtawi ialah sebagai berikut :
Pertama kurikulum untuk tingkat pendidikan dasar terdiri atas mata pelajaran membaca, menulis yang sumbernya ialah Al-Qur’an, nahwu dan dasar-dasar berhitung.
Kedua untuk tingkat menengah (tajhizi) terdiri atas : pendidikan jasmani dan cabang-cabangnya, ilmu bumi. Sejarah, mantiq, biologi, fisika, kimia, manajemen, ilmu pertanian, mengarang, peradaban, sebagian bahasa gila yang bermanfaat bagi Negara.
Ketiga untuk menengah atas ( `aliyah ) mata pelajaran terdiri atas : mata pelajaran kejuruan. Mata pelajaran tersebut diberikan secara mendalam dan mencakup fiqh, kedokteran, ilmu bumi dan sejarah. Pemikiran perihal pendidikan yang diterapkan oleh Al Tahtawi di tulis pada buku al-Mursyid al-Amin fi Tarbiyah al-Banin (pedoman perihal pendidikan anak). Buku ini menandakan perihal ide-ide pendidikan yang mencakup :
1) Pembagian jenjang pendidikan atas tingkat permulaan, menengah, dan pendidikan tinggi akhir.
2) Pendidikan diperlukan, kerana pendidikan merupakan salah satu jalan untuk mencapai kesejahteraan.
3) Pendidikan mesti dilaksanakan dan diperuntukan bagi segala golongan. Maka tidak ada perbedaan antara pendidikan anak pria dan anak perempuan.
Pemikiran mengenai persamaan antara pria dan pendidikan anak perempuan ini dinilai sebagai mencontoh pandangan gres pemikiran Yunani.Anak anak perempuan harus memperoleh pendidikan yang sama dengan anak lelaki. Pendidikan terhadap perempuan merupakan suatu hal yang sangat penting alasannya dua alasan, yaitu :
1) Wanita sanggup menjadi istri yang baik dan sanggup menjadi kawan suami dalam kehidupan sosial dan intelektual.
2) Agar perempuan sebagai istri mempunyai keterampilan untuk bekerja dalam batas-batas kemampuan mereka sebagai wanita.
2. Bidang Ekonomi.
Menurut Al Tahtawi ekonomi Mesir, tergantung pada pertanian, ia memuji perjuangan di jalankan Muhammad Ali dalam lapangan ini. Juga ia menekankan pendapat hebat ekonomi Eropa menyampaikan bahwa Mesir mempunyai potensi besar dalam lapangan ekonomi. Memajukan ekonomi, sejahteraan dunia akan tercapai. Hal ini, ialah gres alasannya tradisi dalam Islam untuk mementingkan kehidupan dunia.
Al Tahtawi menekankan bahwa pembangunan perekonomian Mesir diawali dengan kepedulian seluruh bangsa Mesir, sedangkan kunci ialah pendidikan yang akan menghasilkan tenaga hebat terampil dalam masyarakat. Beberapa pandangan gres yang dikemukan Al Tahtawi mengenai bidang ekonomi, termuat dalam karya tulisannya “kitab Takhlish al Ibriz ila talkhis bariz”
3. Bidang Kesejahteraan.
Kemajuan suatu Negara, ditandai meratanya kesejahteraan rakyat dan juga meningkatkan jegiatan perekonomian, sehingga stabilitas Negara sanggup dicapai.Sebagaimana diungkapkan oleh Tahtawi, dalam bukunya ”Manahij” bahwa insan intinya mempunyai dua tujuan, yaitu menjalankan perintah Tuhan dan mencari kesejahteraan didunia, sebagaimana yang dicapai oleh bangsa Eropa modern. Oleh alasannya itu, kesejahteraan umat Islam harus diperoleh atas dasar melakasanakan aliran agama, berbudi pekerti baik dan ekonomi yang maju.
4. Bidang Pemerintahan.
Ide Al Tahtawi perihal Negara dan masyarakat, bukan hanya sekedar pandangan tradisional belaka, dan bukan pula hanya sebagai refleksi pengalaman dan pengetahuan yang telah didapatnya di Paris. Tetapi merupakan kopmbinasi dan persenyawaan dari keduanya. Dia mengemukakan contoh-contoh yang diteladani yaitu nabi Muhammad Saw. Dan para sobat dalam melaksanakan pemerintahan yang mempunyai hak kekuasaan mutlak, yang dalam pelaksanaan pemerintahannya harus dengan adil berdasarkan undang-undang. Untuk kelancaran pelaksanaan undang-undang itu harus ditangani oleh tiga tubuh yang terpisah yaitu Legislatif, Executif dan Judicatif (Trias Politica Montesque).
Menurut Al tahtawi, masyarakat suatu Negara, terdiri dari empat (empat) golongan; dua golongan yang memerintah, dua golongan yang lain diperintah. Dua golonan yang memerintah ialah raja dan para ulama (dua para ilmuan). Sedang dua golonan yang diperintah ialah tentara dan para produsen (termasuk semua rakyat).
Golongan yang diperintah (rakyat) ini, harus patuh dan setia kepada pemerintah . Meskipun sebenarnya, seorang raja hanya bertanggung jawab kepada Allah Swt saja. Raja dihentikan melupakan kepentingan rakyat. Raja harus senantiasa harus ingat kepada Allah Swt dan siksaan yang disediakan bagi orang yang dzalim. Rasa takut seorang raja kepada Allah Swt, akan menciptakan raja berlaku baik kepada rakyatnya.
5. Patrotisme Ala Al Tahtawi.
Al Tahtawi ialah orang Mesir yang pertama penganjur patriotisme. Paham bahwa seluruh dunia Islam ialah tanah air bagi setiap individu muslim, mulai di rubah penekannya. Al Tahtawi menekankan bahwa tanah air ialah tanah tumpah darah seseorang, bukan seluruh dunia Islam. Ia beropini bahwa selain adanya persaudaraan se-agama, juga ada persaudaraan setanah air. Dalam perkembangan dunia Islam selanjutnya persaudaraan tanah air ternyata lebih dominan.
Patriotisme ialah dasar yang besar lengan berkuasa untuk mendorong orang mendirikan suatu masyarakat yang mempunyai pradaban. Kata “Wathan” dan “Hubul Wathan” (patriotisme) kelihatannya selalu digunakan oleh Patriotisme ialah dasar yang besar lengan berkuasa untuk mendorong orang mendirikan suatu masyarakat yang mempunyai peradaban.
6. Ijtihad dan Sain Modern.
Memahami syari’at Islam berdasarkan Al-Tahtawi merupakan sangat penting dan mempunyai kesadaran bahwa syari’at niscaya senantiasa up to date, cocok untuk segala zaman dan tempat.orang yang mengerti serta memahami syari’at Islam, Al Tahtawi yakin akan pentingnya kesadaran bahwa syari’at niscaya senantiasa berlaku se[anjang masa, cocok untuk segala zaman dan tempat.
Sains dan pemikiran rasional pada dasarya tidak bertentangan dengan syari’at Islam. Karena itu, ijtihad harus dilakukan oleh ulama. Ulama harus sanggup merubah masyarakat yang berfikiran statis dan tradisional. Dalam bukunya “Al Qaul al Sadid fi al ijtihad wa al Taqlid” menguraikan pentingnya ijtihad dan syarat-syarat menjadi mujtahid, serta dalil dalil dan tingkatan para mujtahid.
Perkembangan sains dan teknologi disamping untuk neningkatkan upaya kualitas umat Islam dalam melaksanakan ijtihad, juga sanggup menunjang kesejahteraan kehidupan kaum muslimin di dunia sebagaimana telah dikembangkan di Eropa.Gagasan tersebut menjadi fokus penting dan pemikiran dan pembaharuan Al Tahtawi. Oleh alasannya itu, sebagian besar hidupnya disumbangkan untuk mendukung gagasannya dengan menerjemahkan buku buku biar umat Islam mengetahui budaya yang maju di Barat. Disamping sebagai penulis dan menjadi pimpinan dalarn beberapa pendidikan.
Al Tahtawi dalam hal Fatalisme ia mencela orang Paris alasannya mereka tidak percaya pada qadha’ dan qadar. Menurutnya, orang Islam harus percaya pada qadha’ dan qadar Tuhan, tetapi disamping itu harus berusaha. Manusia dihentikan mengembalikan segala-galanya pada qadha’ dan qadar. Karena pendirian serupa lilin, menunjukkan kelemahan. Tetapi berusaha semaksimal dulu, gres menyerah.
Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal pandangan gres - pandangan gres pemikiran pembaharuan Al Tahtawi (Rifa`ah Badawi Al-Tahtawi). Sumber buku Siswa SKI Kelas XI MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.