Soal Ujian Selesai Semester Genap (Uas) Kelas X Aliyah Tafsir Ilmu Tafsir K13 Terbaru
Friday, April 24, 2020
Edit
Contoh Soal Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Tafsir Ilmu Tafsir Kelas 10 MA K13
Kembali Ke No 1 Sampai 25
26. Yang tidak termasuk dalam tafsir bil ra’yi ialah . . . . .
A. Tafsir Al-Baidawi
B. Tafsir Al-Jalalain
C. Tafsir Abu Su’ud
D. Tafsir Al-Bagawy
F. Tafsir Al-Khatib
27. Tafsir Al Alusy adalah. . . . . .
A. Ruhul-Ma’nawi
B. Ruhul-Ma’mali
C. Ruhul-Ma’ani
D. Ruhul-Talili
E. Ruhul-Ma’rifati
28. Tafsir yang dinisbahkan kepada Ibn ‘Abbas ialah ....
A. Tafsir Tanwir al-Miqbas min tafsir Ibn ‘Abbas
B. Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz
C. Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz
D. Tafsir Al Dur Mansur fi Tafsir bil Ma’sur
29. Definisi tafsir bir ra’yi ialah ....
A. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui pemahaman yang ditunjukkan oleh banyak sekali info yang dimiliki spesialis tafsir seperti
bahasa dan banyak sekali peristiwa
B. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui kemampuan mena’wilkan yang dimiliki spesialis tafsir
C. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui kemampuan filsafat dan ilmu-ilmu sosial yang dimiliki spesialis tafsir
D. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui kemampuan berbahasa abnormal yang dimiliki spesialis tafsir
E. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui kemampuan menerjemah yang dimiliki spesialis tafsir
30. Madarikut Tanzil wa Haqa’iqut Ta’wil ialah kitab tafsir bir ra’yi karangan ....
A. An Nasafy
B. Abu Hayyan al-Andalusi al-Garnati
C. Az-Zamakhsyari
D. Al-Alusi
E. Al-Baidawi
31. Suatu cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai pemahaman yang benar ihwal apa yang dimaksudkan Allah Swt di dalam ayat-ayat al-Qur`an atau lafal-lafal yang musykil yang diturunkan-Nya kepada Nabi Muhammad Saw. ialah definisi....
A. Menafsirkan al-Qur`an
B. Tafsir al-Qur`an
C. Metode tafsir al-Qur`an
D. Tafsir tahlili
E. Tafsir maudu’i
32. Di bawah ini yang termasuk kategori metode tafsir tahlili, kecuali....
A. Membahas mengenai asbabun nuzul
B. Arti kosa kata.
C. Penjelasan mengenai arti ijmali ayat.
D. Korelasi antar ayat.
E. Melihat ayat dari seluruh seginya.
33. Mengandung banyak aspek pengetahuan, mencakup hukum, sejarah, sains, dan lainlain, merupakan….
A. Kelemahan Tafsir Tahliliy
B. Kelebihan Tafsir Maudu’i
C. Kelebihan Tafsir Ijmaliy
D. Kelebihan Tafsir Maudu’i
E. Kelebihan Tafsir Tahliliy
34. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Terkesan adanya penafsiran berulang-ulang, terutama terhadap ayat-ayat yang memiliki tema yang sama.
2. Studi terhadap ayat-ayat terkumpul dalam satu topik tertentu juga merupakan jalan terbaik dalam mencicipi fasahah dan balaghah al-Qur`an.
3. Tidak menafsirkan segala aspek yang dikandung satu ayat, tetapi hanya salah satu aspek yang menjadi topik pembahasan saja.
4. Memungkinkan untuk sanggup memperlihatkan penafsiran pada semua ayat, meskipun inti penafsiran ayat yang satu merupakan pengulangan dari ayat yang lain, bila ayat-ayat yang ditafsirkan sama atau hampir sama.
5. Mungkin melibatkan pikiran dalam penafsiran terlalu dalam.
Yang merupakan kelebihan dan kekurangan tafsir tahlili adalah….
A. 1 dan 3
B. 2, 3, dan 5
C. 1, 3, dan 4
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4
35. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Praktis mengetahui relevansi/munasabah antara suatu surat atau ayat dengan surat atau ayat lainnya.
2. Kemungkinan untuk mengetahui satu permasalahan secara lebih mendalam dan lebih terbuka.
3. Mengandung banyak aspek pengetahuan, mencakup hukum, sejarah, sains, dan lainlain
4. Dapat mengetahui dengan gampang tafsir suatu surat atau ayat, lantaran susunan tertib ayat atau surat mengikuti susunan sebagaimana terdapat dalam mushaf.
5. Studi terhadap ayat-ayat terkumpul dalam satu topik tertentu juga merupakan jalan terbaik dalam mencicipi fasahah dan balaghah al-Qur`an.
Yang merupakan kelebihan tafsir tahlili adalah….
A. 2, 3, dan 4
B. 3, 4, dan 5
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 1, 3, dan 4
36. Menghimpun ayat-ayat al-Qur`an yang memiliki maksud yang sama, dalam arti, sama-sama membicarakan satu topik duduk kasus dan menyusunnya berdasar kronologi serta alasannya ialah turunnya ayat-ayat tersebut merupakan definisi....
A. Tafsir al-Qur`an
B. Tafsir Maudu’i
C. Tafsir Tahlili
D. Tafsir Muqarin
E. Tafsir Ijmali
37. Perhatikan kitab-kitab tafsir di bawah ini!
1. Tafsir al-Jalalain karya Jalaluddin Suyuthi dan Jalaluddin Mahalli.
2. Al-Qur`an karya Abul A’la al Maududi.
3. Tafsir al-Munir karya Syaikh Nawawiy Bantaniy.
4. Durrah at-Tanzil wa Ghurrah at Tanwil karya al-Iskafi
5. Al-Mar’ah fi al-Qur`an karya Abbas Mahmud Aqqad.
Yang merupakan kitab tafsir Maudu’iy adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 5
C. 2 dan 4
D. 2, 3 dan 4
E. 4 dan 5
38. Perhatikan kitab-kitab tafsir di bawah ini!
1. Tafsir al-Jalālain karya Jalaluddin Suyuthi dan Jalaluddin Mahalli.
2. Al-Qur`an karya Abul A’la al Maududi.
3. Tafsir al-Munir karya Syaikh Nawawiy Bantaniy.
4. Wawasan al-Qur`an karya M. Quraish Shihab
5. Al-Mar’ah fi al-Qur`an karya Abbas Mahmud Aqqad.
Yang merupakan kitab tafsir tahliliy adalah....
A. 1 dan 3
B. 3, 4, dan 5
C. 2, 4, dan 5
D. 2 dan 3
E. 4 dan 5
39. Yang merupakan metode dalam menyusun Tafsir Maudu’i adalah….
A. Menyusun tema bahasan di dalam kerangka yang pas, sistematis, tepat dan utuh
B. Tidak melengkapi pembahasan dan uraian dengan hadis, bila dipandang perlu.
C. Tidak melengkapi hubungan (munasabah) ayat-ayat tersebut di dalam masingmasing suratnya.
D. Membandingkan dan menganalisis kontradiksi yang dijumpai di dalam tafsir Maudu’i
E. Membandingkan pendapat para ulama tafsir dalam menafsirkan Tafsir Maudu’i.
40. Pengertian tafsir muqaran ialah ....
A. Cara menafsirkan al-Qur`an dengan mengurai dan menganalisa ayat-ayat al-Qur`an secara berurutan, sesuai tertib mushaf dengan membahas segala makna dan aspek yang terkandung di dalamnya.
B. Menghimpun ayat-ayat al-Qur`an yang memiliki maksud yang sama, dalam arti, sama-sama membicarakan satu topik duduk kasus dan menyusunnya berdasar kronologi serta alasannya ialah turunnya ayat-ayat tersebut.
C. Menjelaskan ayat-ayat al-Qur`an secara ringkas. Sistematika penulisannya menuruti susunan ayat-ayat di dalam mushaf.
D. Upaya membandingkan ayat-ayat al-Qur`an antara sebagian dengan sebagian lainnya.
E. Menjelaskan ayat-ayat al-Qur`an dengan cara merangkum ayat-ayatnya.
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apakah perbedaan pengertian tafsir tahlili, maudu’i, ijmali dan muqaran?
2. Bagaimanakah langkah-langkah menyusun tafsir maudu’i?
3. Bagaimanakah ciri-ciri Metode tafsir ijmali?
4. Apakah pengertian tafsir bil ma’sur secara bahasa ? Jelaskan perbedaan pengertian secara istilah!
5. Apakah pengertian tafsir bi al-ra’yi secara bahasa dan istilah?
6. Apa sajakah syarat diterimanya tafsir bir-ra’yi?
7. Tuliskan dan Jelaskan pembagian imam qira’at secara kuantitas!
8. Apakah yang dimaksud dengan mudraj dalam ilmu qira’at? Jelaskan!
9. Apakah pengertian nasikh secara bahasa dan secara istilah? Jelaskan!
10. Ada berapakah macam-macam naskh? Tuliskan dan Jelaskan!
Kembali Ke No 1 Sampai 25
26. Yang tidak termasuk dalam tafsir bil ra’yi ialah . . . . .
A. Tafsir Al-Baidawi
B. Tafsir Al-Jalalain
C. Tafsir Abu Su’ud
D. Tafsir Al-Bagawy
F. Tafsir Al-Khatib
27. Tafsir Al Alusy adalah. . . . . .
A. Ruhul-Ma’nawi
B. Ruhul-Ma’mali
C. Ruhul-Ma’ani
D. Ruhul-Talili
E. Ruhul-Ma’rifati
28. Tafsir yang dinisbahkan kepada Ibn ‘Abbas ialah ....
A. Tafsir Tanwir al-Miqbas min tafsir Ibn ‘Abbas
B. Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz
C. Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz
D. Tafsir Al Dur Mansur fi Tafsir bil Ma’sur
29. Definisi tafsir bir ra’yi ialah ....
A. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui pemahaman yang ditunjukkan oleh banyak sekali info yang dimiliki spesialis tafsir seperti
bahasa dan banyak sekali peristiwa
B. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui kemampuan mena’wilkan yang dimiliki spesialis tafsir
C. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui kemampuan filsafat dan ilmu-ilmu sosial yang dimiliki spesialis tafsir
D. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui kemampuan berbahasa abnormal yang dimiliki spesialis tafsir
E. Tafsir dengan cara memahami banyak sekali kalimat al-Qur`an melalui kemampuan menerjemah yang dimiliki spesialis tafsir
30. Madarikut Tanzil wa Haqa’iqut Ta’wil ialah kitab tafsir bir ra’yi karangan ....
A. An Nasafy
B. Abu Hayyan al-Andalusi al-Garnati
C. Az-Zamakhsyari
D. Al-Alusi
E. Al-Baidawi
31. Suatu cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai pemahaman yang benar ihwal apa yang dimaksudkan Allah Swt di dalam ayat-ayat al-Qur`an atau lafal-lafal yang musykil yang diturunkan-Nya kepada Nabi Muhammad Saw. ialah definisi....
A. Menafsirkan al-Qur`an
B. Tafsir al-Qur`an
C. Metode tafsir al-Qur`an
D. Tafsir tahlili
E. Tafsir maudu’i
32. Di bawah ini yang termasuk kategori metode tafsir tahlili, kecuali....
A. Membahas mengenai asbabun nuzul
B. Arti kosa kata.
C. Penjelasan mengenai arti ijmali ayat.
D. Korelasi antar ayat.
E. Melihat ayat dari seluruh seginya.
33. Mengandung banyak aspek pengetahuan, mencakup hukum, sejarah, sains, dan lainlain, merupakan….
A. Kelemahan Tafsir Tahliliy
B. Kelebihan Tafsir Maudu’i
C. Kelebihan Tafsir Ijmaliy
D. Kelebihan Tafsir Maudu’i
E. Kelebihan Tafsir Tahliliy
34. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Terkesan adanya penafsiran berulang-ulang, terutama terhadap ayat-ayat yang memiliki tema yang sama.
2. Studi terhadap ayat-ayat terkumpul dalam satu topik tertentu juga merupakan jalan terbaik dalam mencicipi fasahah dan balaghah al-Qur`an.
3. Tidak menafsirkan segala aspek yang dikandung satu ayat, tetapi hanya salah satu aspek yang menjadi topik pembahasan saja.
4. Memungkinkan untuk sanggup memperlihatkan penafsiran pada semua ayat, meskipun inti penafsiran ayat yang satu merupakan pengulangan dari ayat yang lain, bila ayat-ayat yang ditafsirkan sama atau hampir sama.
5. Mungkin melibatkan pikiran dalam penafsiran terlalu dalam.
Yang merupakan kelebihan dan kekurangan tafsir tahlili adalah….
A. 1 dan 3
B. 2, 3, dan 5
C. 1, 3, dan 4
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4
35. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Praktis mengetahui relevansi/munasabah antara suatu surat atau ayat dengan surat atau ayat lainnya.
2. Kemungkinan untuk mengetahui satu permasalahan secara lebih mendalam dan lebih terbuka.
3. Mengandung banyak aspek pengetahuan, mencakup hukum, sejarah, sains, dan lainlain
4. Dapat mengetahui dengan gampang tafsir suatu surat atau ayat, lantaran susunan tertib ayat atau surat mengikuti susunan sebagaimana terdapat dalam mushaf.
5. Studi terhadap ayat-ayat terkumpul dalam satu topik tertentu juga merupakan jalan terbaik dalam mencicipi fasahah dan balaghah al-Qur`an.
Yang merupakan kelebihan tafsir tahlili adalah….
A. 2, 3, dan 4
B. 3, 4, dan 5
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 1, 3, dan 4
36. Menghimpun ayat-ayat al-Qur`an yang memiliki maksud yang sama, dalam arti, sama-sama membicarakan satu topik duduk kasus dan menyusunnya berdasar kronologi serta alasannya ialah turunnya ayat-ayat tersebut merupakan definisi....
A. Tafsir al-Qur`an
B. Tafsir Maudu’i
C. Tafsir Tahlili
D. Tafsir Muqarin
E. Tafsir Ijmali
37. Perhatikan kitab-kitab tafsir di bawah ini!
1. Tafsir al-Jalalain karya Jalaluddin Suyuthi dan Jalaluddin Mahalli.
2. Al-Qur`an karya Abul A’la al Maududi.
3. Tafsir al-Munir karya Syaikh Nawawiy Bantaniy.
4. Durrah at-Tanzil wa Ghurrah at Tanwil karya al-Iskafi
5. Al-Mar’ah fi al-Qur`an karya Abbas Mahmud Aqqad.
Yang merupakan kitab tafsir Maudu’iy adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 5
C. 2 dan 4
D. 2, 3 dan 4
E. 4 dan 5
38. Perhatikan kitab-kitab tafsir di bawah ini!
1. Tafsir al-Jalālain karya Jalaluddin Suyuthi dan Jalaluddin Mahalli.
2. Al-Qur`an karya Abul A’la al Maududi.
3. Tafsir al-Munir karya Syaikh Nawawiy Bantaniy.
4. Wawasan al-Qur`an karya M. Quraish Shihab
5. Al-Mar’ah fi al-Qur`an karya Abbas Mahmud Aqqad.
Yang merupakan kitab tafsir tahliliy adalah....
A. 1 dan 3
B. 3, 4, dan 5
C. 2, 4, dan 5
D. 2 dan 3
E. 4 dan 5
39. Yang merupakan metode dalam menyusun Tafsir Maudu’i adalah….
A. Menyusun tema bahasan di dalam kerangka yang pas, sistematis, tepat dan utuh
B. Tidak melengkapi pembahasan dan uraian dengan hadis, bila dipandang perlu.
C. Tidak melengkapi hubungan (munasabah) ayat-ayat tersebut di dalam masingmasing suratnya.
D. Membandingkan dan menganalisis kontradiksi yang dijumpai di dalam tafsir Maudu’i
E. Membandingkan pendapat para ulama tafsir dalam menafsirkan Tafsir Maudu’i.
40. Pengertian tafsir muqaran ialah ....
A. Cara menafsirkan al-Qur`an dengan mengurai dan menganalisa ayat-ayat al-Qur`an secara berurutan, sesuai tertib mushaf dengan membahas segala makna dan aspek yang terkandung di dalamnya.
B. Menghimpun ayat-ayat al-Qur`an yang memiliki maksud yang sama, dalam arti, sama-sama membicarakan satu topik duduk kasus dan menyusunnya berdasar kronologi serta alasannya ialah turunnya ayat-ayat tersebut.
C. Menjelaskan ayat-ayat al-Qur`an secara ringkas. Sistematika penulisannya menuruti susunan ayat-ayat di dalam mushaf.
D. Upaya membandingkan ayat-ayat al-Qur`an antara sebagian dengan sebagian lainnya.
E. Menjelaskan ayat-ayat al-Qur`an dengan cara merangkum ayat-ayatnya.
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apakah perbedaan pengertian tafsir tahlili, maudu’i, ijmali dan muqaran?
2. Bagaimanakah langkah-langkah menyusun tafsir maudu’i?
3. Bagaimanakah ciri-ciri Metode tafsir ijmali?
4. Apakah pengertian tafsir bil ma’sur secara bahasa ? Jelaskan perbedaan pengertian secara istilah!
5. Apakah pengertian tafsir bi al-ra’yi secara bahasa dan istilah?
6. Apa sajakah syarat diterimanya tafsir bir-ra’yi?
7. Tuliskan dan Jelaskan pembagian imam qira’at secara kuantitas!
8. Apakah yang dimaksud dengan mudraj dalam ilmu qira’at? Jelaskan!
9. Apakah pengertian nasikh secara bahasa dan secara istilah? Jelaskan!
10. Ada berapakah macam-macam naskh? Tuliskan dan Jelaskan!
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.