Contoh Soal Uambn Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Kelas Ix Mts 2018

Contoh Soal UAMBN Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 9 Tsanawiyah 2018

I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada abjad A, B, C, D dan E!

1. Pengertian sejarah berdasarkan bahasa yakni suatu insiden dan insiden yang benar-benar terjadi pada masa ….
a. sekarang
b. yang akan datang
c. lampau atau asal-usul silsilah
d. raja-raja yang yang populer saja

2. Salah satu tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam bagi seorang muslim yakni ….
a. hanya sebagai materi diskusi
b. pemegang tongkat estafet kemajuan Islam
c. bentuk ketaatan terhadap para pendahulunya
d. merasa gembira dan menyayangi kebudayaan Islam

3. Kesesuaian antara  pola budaya Islami  dan cara melestarikannya yakni ….
a. berpakaian muslimah : membiasakan menutup aurat
b. bertutur kata yang sopan : membiasakan berpakaian ketat
c. berprilaku empati: menerapkan budaya kebarat-baratan
d. bekerja tekun: menghalalkan segala cara asal menghasilkan uang

4. Kondisi moralitas keseharian masyarakat Arab pra Islam yakni ….
a. taat beribadah
b. mengesakan Allah
c. menghormati wanita
d. pergaulan yang biadab

5. Terbentuknya sistem perdagangan yang mengedepankan nilai kejujuran dan keadilan menyebabkan masyarakat Mekkah dan Madinah mengalami peningkatan ….
a. pajak kendaraan
a. pajak bumi bangunan
b. kesejahteraan ekonomi
c. harga bahan-bahan pokok

6. Nabi Muhammad saw berhasil pertanda diri kepada dunia, bahwa selama  23 tahun dia sebagai pembawa rahmat bagi ….
a. keluarganya saja
b. lokal wilayahnya saja
c. masyarakat Arab saja
d. dunia pada umumnya

7. Banyaknya ancaman, hambatan, dan gangguan dijadikan oleh Nabi Muhammad saw sebagai tantangan dalam berdakwah di Mekkah.  Hal tersebut dia hadapi dengan ….
a. murka besar
b. kekuatan tandingan
c. sabar bahkan mendoakan
d. pembalasan yang serupa

8. Bentuk keteguhan sahabat Bilal bin Rabbah dalam menghadapi siksaan masyarakat Mekkah yakni ….
a. budak yang mempertahankan hartanya
b. kegigihan memegang kalimah tauhid
c. mempertahankan pendapatnya
d. budak yang menjaga dirinya

9. Di antara usaha dalam bidang perekonomian yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW yang sesuai dengan keadaan ketika itu yakni meningkatkan mutu pertanian dengan cara ….
a. memperluas lahan pertanian
b. membangun pasar rakyat
c. mengurangi beban pajak
d. menambah jenis usaha

10. Salah satu pola kegigihan dari usaha Nabi saw di Madinah yakni ….
a. gigih dan cerdas dalam menuntaskan masalah
b. sabar dan gigih dalam menjalin persaudaraan
c. tolong menolong sesama terhadap yang kaya
d. tekun dan sabar dalam menghadapi ujian

11. Prestasi yang pernah dicapai oleh khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq yakni ….
a. memperluas pembangunan masjid Nabawi
b. mengumpulkan hadits nabi yang disalin menjadi kitab
c. menghadapi orang fasik dan orang yan tidak membayar pajak
d. memerangi orang-orang yang menyatakan dirinya sebagai nabi

12. Bentuk keberhasilan yang pernah diraih oleh khalifah Umar bin Khattab yakni ….
a. membangun pemerintahan Islam
b. membangun baitul hikmah
c. menghadapi orang murtad
d. membukukan hadits

13. Diantara keberhasilan yang pernah diraih khalifah Ali bin Abi Thalib yakni ….
a. menentukan gubernur dari kalangan keluarganya
b. mengangkat pegawai yang cerdas dan cakep
c. memerangi orang yang engan shadaqah
d. menumpas bandel kekhalifahan

14. Pelajaran yang sanggup kita ambil dari prestasi yang diraih oleh khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq yakni ….
a. cinta kepada keluarga
b. pentingnya menuntut ilmu
c. kewajiban membayar pajak
d. semangat dalam berdakwah

15. Hikmah yang sanggup kita ambil dari keberhasilan yang dicapai oleh khalifah Ali bin Abi Thalib yakni ….
a. rajin dalam menuntut ilmu
b. setia mitra maupun lawan
c. menjadi orang kaya yang dermawan
d. memperluas wilayah dengan perang

16. Khalifah Utsman bin Affan merupakan orang yang kaya dan  terpandang sehingga mewarnai gaya kepemimpinannya menjadi ....
a. sederhana
b. social care
c. zuhud
d. tegas

17. Berdirinya Dinasti Bani Umaiyah  berawal dari peristiwa  ‘Amul Jamaah di Maskin akrab Madain, Kuffah pada tahun 41 H/ 661 M. Peristiwa itu ditandai dengan prosesi….
a. voting bunyi terbanyak
b. pemaparan visi dan misi
c. pengambilan keputusan secara mufakat
d. penyerahan kekuasaan dari Hasan bin Ali ke Muawiyah

18. Dinasti Bani Umaiyah terdiri dari 14 kekhalifahan. Khalifah dinasti Bani Umaiyah yang menerima predikat bapak raja-raja yakni ….
a. Mu’awiyah bin Abi Sofyan
b. Abdul Malik bin Marwan
c. Al Walid bin Abdul Malik
d. Umar bin Abdul Aziz

19. Pada masa Bani Umayyah telah dibuat Departemen-departemen yang merupakan perubahan dari sistem pemerintahan khulafaurrasyidin. Diantara organisasi politik pemerintahan itu adalah....
a. Al-Nidzam al-Haidary
b. Al-Nidzam al-Quraisy
c. Al-Nidzam al-Siyasi
d. Al-Nidzam al-Nafsi

20. Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam bidang Ilmu pengetahuan dan seni pada masa Al Walid bin Abdul Malik yakni menyebabkan seni Islam sebanding  ….
a. seni kaligrafi di Mesir
b. seni bangunan di Persia
c. seni rupa Andalusia di Spanyol
d. seni bangunan Yunani di Konstantinopel

21. Ketegasan dan kesederhanaan khalifah Umar bin Abdul Aziz mempengaruhi perkembangan di bidang pemerintahannya. Dalam hal ini sebagai buktinya yakni ....
a. hidup penuh dengan kemewahan
b. berdakwah dengan pertumpahan darah
c. pembebasan pajak bagi Mawali dan Arab
d. pengangkatan pegawai jujur, cakap sesuai keahliannya

22. Ilmuwan muslim dalam bidang hadits pada masa Dinasti Umaiyah yakni ….
a. Abu Bakar Muhammad bin Muslim
b. Abdullah bin Syihab
c. Abdullah bin Abbas
d. Nafi’ bin Nu’aim

23. Ibrah atau pelajaran yang sanggup dipetik dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Mu’awiyah bin Abu Sofyan yakni ….
a. tercapainya cita-cita hanya dengan kekerasan
b. menghalalkan segala cara asal tujuan tercapai
c. kemenangan hendaknya diawali peperangan
d. pantang frustasi dalam meraih kesuksesan

24. Sifat yang menonjol pada diri khalifah Umar bin Abdul Aziz yakni ….
a. menjauhkan diri dari kehidupan dunia
b. mengutamakan kehidupan akhirat
c. berpola hidup sederhana
d. bergaya hidup mewah

25. Propaganda yang dilakukan oleh para pendiri Dinasti Bani Abbasiyah dalam mencari  simpati atau dukungan yakni mengatasnamakan keturunan ….
a. bani Umaiyah
b. bani Hasyim
c. orang Arab
d. orang Persia

26. Filsuf besar pertama dalam Islam yang dikenal cerdik pengetahuan luas dan mendalam serta mempunyai 200 karya ilmiah  yakni ....
a. Ar Rozi
b. Al Kindi
c. Ibnu Sina
d. Al Ghazali

27. Ibrah atau pelajaran yang sanggup kita ambil dari kekhalifahan Abu Jakfar Al Mansur yakni ....
a. pelan dan santai dalam bersikap
b. cepat dan tegas dalam bertindak
c. reaktif dalam menghadapi lawan
d.  senantiasa memprioritaskan keluarganya

28. Bentuk keterkaitan dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa kepemimpinan Harun Arrasyid dengan kini yakni ….
a. positif thingking terhadap lawan
b. berpikiran ke depan dan berprestasi
c. negatif thinking terhadap budaya barat
d. merasa gembira dengan potensi orang lain

29. Diantara usaha yang dilakukan oleh khalifah Abdullah Al Makmun dalam memajukan Daulah Bani Abbasiyah yakni ....
a. mengangkat eksekutif handal
b. membangun banyak pertokoan
c. menertibkan pemerintahan
d. menggali harta qorun

30. Pendiri sekaligus penguasa yang populer pada dinasti  al-Ayyubiyah yakni ….
a. Nuruddin Zanki                               
b. Asaduddin Syirkuh
c. Najmuddin Al Ayyubi 
d. Shalahuddin al Ayyubi

31. Bentuk perkembangan kebudayaan/peradaban Islam dibidang sosial pada masa Shalahuddin Al Ayyubi yakni ….
a. mengganti pegawai-pegawai yang korup
b. menciptakan benteng keamanan
c. membentuk majelis dzikir
d. mendirikan dinas sosial

32. Di antara ilmuwan muslim bidang ilmu Al Qur’an dan Hadits  yang mempunyai tugas penting dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah yakni ….
a. Abu Abdullah Muhammad
b. Abu Abdullah Al Quda’i
c. Abdul Latif Al Bagdadi
d. Syansuddin Khallikan

33. Ibrah atau pelajaran yang sanggup dipetik dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Al Kamil yakni …..
a. pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan
b. mempertahankan keutuhan keluarga
c. meningkatkan perekonomian pribadi
d. melindungi akomodasi negara

34. Bentuk kesungguhan  Shalahuddin Yusuf Al Ayyubi dalam dunia pendidikan yakni mendirikan ….
a. sarana rekreatif bagi anak
b. pendidikan anak usia dini
c. sentra kajian keislaman
d. madrasah-madrasah

35. Diantara bentuk ketegasan  Shalahuddin Al Ayyubi dalam mewujudkan pemerintahan yang higienis yakni membangun ….
a. sarana rekreatif keluarga
b. mentalitas para pejabat
c. forum pendidikan agama
d. sentra kajian budaya Islam

36. Bukti masuknya Islam di Nusantara era ke 13 yakni ….
a. terbentuknya kerajaan Islam di Kalimantan
b. berdirinya kerajaan Islam di Sulawesi
c. adanya kerajaan Islam di Jawa
d. catatan perjalanan marcopolo

37. Penyebab gampang diterima dan cepat berkembangnya Islam di Indonesia yakni ….
a. kegigihan ulama’ dalam membangun pesantren
b. seringnya pementasan para seniman
c. Islam agama sederhana dan damai
d. adanya dukungan  pemerintah

38. Di bawah ini termasuk pendiri kerajaan Samudera Pasai yakni ….
a. Meurah Doulima
b. Meurah Mouda
c. Meurah Khair
d. Mourah Noer

39. Pendiri kerajaan Demak dan termasuk raja terkenal  yakni ….
a. Sultan Alauddin
b. Raden Rahmat
c. Raden Patah
d. Raden Paku

40. Persamaan tugas antara Abdurrauf Singkili dengan Muhammad Arsyad Al Banjari yakni ….
a. ulama  yang tegas terhadap kekuarganya
b. ilmuwan yang kaya dan dermawan
c. ulama yang kreatif dan produktif
d. berdakwah ke Asia Tenggara

41. Keteladanan yang sanggup diambil dari Abdurrauf Singkili bagi generasi Islam di masa kini yakni ….
a. menguasai aneka macam disiplin ilmu
b. mensyiarkan Islam melalui kesenian
c. memprakarsai berdirinya ormas Islam
d. menempuh pendidikan di timur-barat

42. Keteladanan yang sanggup dipetik dari Muhammad Arsyad Al Banjari bagi  seorang pelajar yakni ….
a. berguru dari kesuksesan orang lain
b. mensyiarkan Islam lewat internet
c. semangat dalam menuntut ilmu
d. suka membeli dan membaca buku

43. Kesesuaian antara asal tradisi dengan pola kesenian dan adat istiadatnya yakni ….
a. Sunda: tari pergaulan
b. Madura: menata konde
c. Jawa: wayang
d. Bugis: sekaten

44. Contoh adat dan tradisi Islam di Madura yang sanggup dijadikan sebagai media dakwah yakni ….
a. wayang
b. Qosidah
c. tari pergaulan
d. menata busana

45. Kesesuaian antara nama walisongo  dengan kesenian dan adat istiadat yang di ciptakan  yakni ….
a. Sunan Gunung Jati: nasyid kontemporer
b. Sunan Bonang: qosidah modern
c. Sunan Giri: tari pergaulan
d. Sunan Kalijaga: wayang

46. Diantara tugas Sunan Ampel dalam mengembangkan Islam di Jawa yakni ....
a. menyebabkan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar
b. membina masyarakat pedesaan dan nelayan
c. mendirikan pesantren Ampel Denta
d. memperluas area pertanian

47. Dibawah ini termasuk  tugas Maulana Malik Ibrahim  dalam mengembangkan Islam di Jawa yakni ....
a. mengajarkan cara bernelayan
b. memperluas area perikanan
c. melatih beladiri
d. menjadi tabib

48. Istilah "Mo Limo" dikenalkan oleh Raden Rahmat dalam dakwahnya (moh main, moh ngombe, moh maling, moh madat, moh madon). Maksud dari moh main yakni …
a. tidak memakai narkotik
b. tidak mencuri
c. tidak berzina
d. tidak berjudi

49. Persamaan antara seni qosidah dengan Javin yakni ....
a.  rebana sebagai pengiringnya
b.  gitar jadi peralatan utamanya
c.  seni yang berasal dari Jawa
d.  seni yang bukan religius

50. Cerita pewayangan yang dikemas oleh para wali songo sehingga menjadi seni yang bernafaskan Islam yakni ….
a. wahyu purbaningtyas
b. kalimah sahadatain
c. tebang bantalan kedaton
d. jamus kalimosodo

Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel