Pengertian Majlis Syura Dan Pesan Yang Tersirat Adanya Majlis Syura

Majlis Syura berdasarkan bahasa artinya daerah musyawarah, sedangkan berdasarkan istilah ialah forum permusyawaratan rakyat. Atau dengan pengertian forum permusyawaratan atau tubuh yang ditugasi untuk memperjuangkan kepentingan rakyat melalui musyawarah. Dengan demikian majlis syura ialah suatu tubuh negara yang bertugas memusyawarahkan kepentingan rakyat. Di negara kita dikenal dengan dewan perwakilan rakyat atau MPR.

Pada mula berdirinya, yakni pada zaman Rasulullah Saw dan Khulafaur Rasyidin, musyawarah dilakukan di mesjid atau di daerah yang mereka kehendaki untuk bermusyawarah, tidak dalam bangunan tertentu, forum tertentu, dan tata tertib tertentu pula. Berbeda dengan zaman sekarang, insan semakin banyak jumlahnya, mempunyai harapan politik yang beragam, sehingga memerlukan suatu forum resmi, daerah yang resmi dan tata tertib musyawarah atau sidang.

Adapun pesan yang tersirat adanya majlis syura sebagai berikut,

1. Melaksanakan perintah Allah Swt dan mencontoh perbuatan Rasulullah Saw wacana musyawarah untuk menuntaskan duduk kasus hidup dan kehidupan umat Islam.

2. Melahirkan tanggungjawab bersama terhadap keputusan yang ditetapkan alasannya yaitu keputusan tersebut ditetapkan oleh wakil-wakil rakyat yang dipilih sesuai dengan kemampuan dan tanggungjawabnya.

3. Melahirkan keputusan dan ketetapan yang baik dan bijaksana alasannya yaitu keputusan tersebut ditetapkan oleh banyak pihak.

4. Menghindari perselisihan antar golongan yang sanggup menjadikan kehancuran dan kerugian negara.

5. Memilih pimpinan yang terbaik dan disetujui semua pihak alasannya yaitu itu kualitasnya akan lebih sanggup dipertanggungjawabkan.

6. Mengurangi bahkan menghilangkan keluh kesah yang menjadikan penyelewengan sebagai jawaban dari keputusan yang tidak atau kurang representatif.

7. Menjalin kekerabatan yang serasi antara insan dengan Tuhannya dan kekerabatan sesama umat manusia, khususnya umat Islam.

8. Menciptakan persatuan dan kesatuan alasannya yaitu hasil musyawarah biasanya merupakan jalan tengah yang mempunyai daya tarik semua pihak. Kaprikornus kesudahannya sanggup mengikat semua pihak.

9. Mewujudkan keadilan alasannya yaitu hasil musyawarah telah disetujui oleh semua pihak maka kesudahannya bersifat adil untuk semua pihak.

10. Menciptakan kerukunan dan ketahanan umat sehingga sanggup menangkal banyak sekali rongrongan dan bahaya terhadap negara dan pemerintah.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan wacana pengertian majlis syura pesan yang tersirat adanya majlis syura. Sumber buku Siswa Kelas XII MA Fiqih Kementerian Agama Republik Indonesia, 2013. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel